Yuk, Mengenal Uniknya Baju Tradisional Negara Spanyol

Bahasa Spanyol , Belajar Bahasa Aug 07, 2023 No Comments

Ketika membayangkan tentang Spanyol, mungkin hal pertama yang terlintas di benak kamu adalah tarian flamenco yang energik, makanannya yang enak, dan pemandangannya yang indah. Namun, salah satu aspek budaya Spanyol yang tak kalah menarik untuk dipelajari adalah pakaian tradisionalnya. Pakaian tradisional Spanyol mencerminkan kekayaan sejarah dan keragaman budaya negara itu. Yuk, jalan-jalan santai untuk belajar lebih dalam tentang sejarah dan makna pakaian tradisional Spanyol!  

Sejarah Pakaian Tradisional Spanyol

baju tradisional spanyol

Pakaian tradisional Spanyol telah berkembang jauh sejak zaman kuno. Perpaduan berbagai pengaruh budaya yang berbeda telah menciptakan gaya berbusana yang berbeda dan unik untuk setiap wilayah di Spanyol. Pakaian adat ini tidak hanya digunakan untuk acara-acara khusus tetapi juga merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari masyarakat adat di masa lalu.

Salah satu kostum tradisional Spanyol yang paling dikenal adalah “traje de flamenca”. Sejak abad ke-19, kostum ini menjadi simbol tarian flamenco. Pakaian ini biasanya terdiri dari rok panjang dengan ruffle ruffle, blus dengan lengan berkibar, dan mantel pendek yang cantik. Warna-warna cerah dan pola yang menarik menjadi ciri traje de flamenca, yang mencerminkan semangat dan kegembiraan budaya Spanyol. 

Makna Pakaian Tradisional Spanyol

baju tradisional laki-laki spanyol

Kostum tradisional Spanyol bukan hanya kostum tetapi juga mengandung makna yang dalam. Dahulu, pakaian ini mencerminkan status sosial, usia, bahkan peristiwa penting dalam hidup. Misalnya pada hari pernikahan, wanita Spanyol akan mengenakan pakaian adat khusus dengan dekorasi yang indah sebagai simbol kekayaan dan kebahagiaan. Selama ini, pria sering memakai “traje corto”, jubah tradisional dengan celana pendek mirip seragam pemburu.

Demikian pula, setiap daerah Spanyol memiliki kostum tradisional yang berbeda. Misalnya, “traje de sevillana” adalah pakaian tradisional khas Seville, yang ditandai dengan rok yang lebih panjang dan cetakan yang rumit. Di sisi lain, “traje de Fallera” adalah pakaian tradisional yang dikenakan selama perayaan Las Fallas di Valencia dan dikenal dengan lengan baju yang melambai dan hiasan kepala yang mewah. 

Jenis Pakaian tradisional Spanyol

flamenco dress

  • Flamenco Dress (Traje de Flamenca)
    Tidak ada yang lebih ikonik dalam pakaian tradisional Spanyol selain pakaian flamenco. Kostum ini sering dikenakan di flamenco, tarian nasional Spanyol. Gaun flamenco menampilkan rok panjang yang mengalir, yang dikenal sebagai “bata de cola”, dihiasi dengan renda, pita, dan ikat pinggang yang indah. Gaun flamenco sering dikenakan oleh penari yang menari dengan gaya memesona, berapi-api, dan penuh gairah.
  • Traje de Sevillana
    Traje de Sevillana adalah jenis pakaian tradisional lainnya yang dikenakan pada festival dan acara khusus di Andalusia, wilayah selatan Spanyol. Panjang dan trimnya mirip dengan rok flamenco, tetapi lebih ringan dan nyaman dipakai di cuaca Andalusia yang panas. Para pria juga mengenakan pakaian adat seperti “Traje de Corto” yang terdiri dari celana pendek dan jaket.
  • Mantilla dan Peineta
    Mantilla adalah jenis kerudung yang dikenakan oleh wanita Spanyol pada acara-acara khusus, seperti pernikahan dan upacara keagamaan. Biasanya pieneta dipadukan dengan sisir besar, yaitu sisir besar yang digunakan untuk menahan pieneta pada tempatnya. Penggunaan mantilla dan mancheta ini mencerminkan kuatnya pengaruh budaya Spanyol dan selalu memberikan pesona elegan bagi yang memakainya.
  • Corrida Costume (Traje de Luces)
    Bagi penikmat olahraga dan budaya Spanyol, tidak ada yang lebih ikonik dari pakaian matador atau “Traje de Luces”. Pakaian matador ini mengesankan dengan setelan warna-warni, celana pendek, dan topi gladiator ikoniknya. Meski kontroversial karena hubungannya dengan acara adu banteng (corrida), garmen tersebut telah menjadi simbol penting warisan budaya Spanyol.

Pakaian Tradisional Spanyol Saat Ini

baju matador

Meski pakaian tradisional Spanyol masih sering dikenakan pada acara dan festival khusus, seiring berjalannya waktu, tren mode modern juga mempengaruhi gaya berbusana di Spanyol. Pengaruh mode global telah membawa perubahan gaya dan desain pakaian tradisional. Namun, orang Spanyol bangga mempertahankan dan mempromosikan pakaian tradisional mereka sebagai bagian dari identitas budaya yang unik.

Setiap kostum tradisional menceritakan kisah dan makna yang berbeda, dan memberi kita gambaran sekilas tentang kehidupan dan perayaan masyarakat Spanyol di masa lalu. Meski zaman berubah, rasa bangga dan cinta terhadap warisan budaya mereka terus mengalir di hati orang-orang Spanyol, dan itu adalah sesuatu yang harus dinikmati dan dilestarikan. Jadi, jika kamu mendapat kesempatan, cobalah menghadiri festival Spanyol dan nikmati keindahan kostum tradisional yang spektakuler ini!

Jangan lupa untuk praktikkan Bahasa Spanyol yang sudah kamu pelajari sebelumnya agar semakin fasih berbicara ala native.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *