Tips Mempelajari Bahasa Latin Sendiri Di Rumah

Belajar Bahasa Aug 14, 2018 No Comments

Daftar Isi

Bahasa Latin disebut sebagai ibu dari bahasa-bahasa lainnya. Bahasa ini banyak terdapat di literatur, dan hampir setiap bahasa juga menyerap bahasa ini dalam kebahasaannya. Jika kamu mengikuti les bahasa inggris, pasti banyak kata dalam bahasa tersebut yang diambil dari bahasa latin.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mempelajari Bahasa Latin

Menguasai bahasa ini sama saja menguatkan diri sebagai orang terpelajar. Banyak literatur ilmiah yang menggunakan bahasa latin ini.

Ada hal yang perlu diperhatikan oleh pelajar. Bahasa ini kastanya memang tinggi. Setidaknya berada di bawah Bahasa Sansekerta. Yaitu bahasa yang sama-sama menjadi induk dari bahasa-bahasa lainnya.
Pada kasus Bahasa Latin, susunan kalimatnya tidaklah terlalu rumit. Pemahaman menjadi modal paling penting saat belajar bahasa ini. Contohnya memahami kalimat yang dihubungkan dengan suatu tindakan.

Hal ini tidak mengacu pada aturan Subyek + Verba + Object (SVO). Biasanya, kalimat tersebut dikenali dari akhir sebuah kalimat.

Contohnya Puer amat puellam dan puellam amat puer. Kedua kalimat ini memiliki makna yang sama. Yaitu seorang laki-laki mencintai seorang perempuan.

Cara Mempelajari Bahasa Latin

Jika tidak ada aturan tersebut, lalu bagaimana cara kamu mempelajari Bahasa Latin tersebut? Meskipun terlihat rumit, namun kenyataannya kamu bisa memahami bahasa tersebut sendiri. Mau tau caranya? Yuk lihat penjelasannya berikut ini:

Manfaatkan perangkat lunak tentang bahasa

Modal awal yang perlu kamu punyai adalah menyediakan perangkat lunak. Perangkat lunak ini digunakan untuk memahami bahasa tersebut. Contohnya adalah Rosetta Stone.

Perangkat ini menyediakan Bahasa Latin dan terjemahannya secara gratis. Bahkan, kosakata yang ditawarkan terbilang untuk harian sehingga memudahkan untuk memulai pembelajaran sendiri.

Bacalah buku berbahasa Latin

Temukan buku bacaan yang ditulis dengan Bahasa Latin tersebut. Kamu bisa menemukannya di perpustakaan, toko buku dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memperkaya wawasan dengan mencari audio di berbagai sumber terpercaya.

Bacalah buku yang didapatkan dengan suara yang lantang. Cara ini digunakan untuk membiasakan mulut untuk mengucapkan. Kebiasaan inilah yang akan membuat kamu otomatis dapat berbicara dengan bahasa tersebut.

Sediakan waktu khusus untuk belajar Bahasa Latin

Terakhir adalah menyediakan waktu khusus untuk belajar bahasa. Ini bisa dilakukan di rumah, misalnya pada pukul 7 malam. Yang terpenting, kamu rutin mempelajarinya.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Caranya bisa dimulai dengan membuka perangkat lunak untuk mempelajari kosakata penting. Baru ketika dirasa sudah menguasai beberapa kosakata, aplikasikan dalam membaca literature.

Kosakata Bahasa Latin Dan Artinya

Bagi yang ingin memiliki pengetahuan luas, buku bacaan berbahasa Latin akan sangat membantu. Untuk memahaminya, kamu perlu menguasai beberapa kosakata penting. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Bahasa LatinArtinya
UnaSatu
ZiaKemegahan
VelutineHalus
OdoraHarum
ModestoRendah hati
DulceManis
ClemenceBerbelas kasih
BenignoBaik hati
BiagioGugup
AlpinCantik
VeritasKebenaran
Magnum opusKarya terbaik
Bona fideBisa dipercaya
De factoPada kenyataannya
Et ceteraDan lain-lain
Mea culpaSalah saya
VetoHak menolak
Vice versaBegitupun sebaliknya
Victoria concordia crescitKemenangan dengan keharmonisan
CaritaYang dicintai
ErasmusMencintai
NemoBukan siapa-siapa
YeneyerMenghormati
PaulSi kecil
Amor caecus estCinta itu buta
Status quoMempertahankan status terkini
Persona non grataOrang yang tidak diinginkan
Ora et laboraBerdoa dan bekerja
Mens sana in corpora sanoDi dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat

Meskipun kenyataannya Bahasa Latin ini tidak digunakan mayoritas, namun hampir buku-buku literature kuno dituliskan dalam bahasa tersebut. Makanya, tidak heran jika kaum terpelajar akan tertarik untuk menguasai bahasa ini sebagai jembatan untuk memahami literature kuno.

Beruntung Jika Kamu Suka Bola

sepak bola

Kamu suka nonton bola? Ada cara yang menyenangkan untuk belajar Bahasa latin. Kamu bisa buka youtube dan mencari pertandingan bola di mana komentatornya menggunakan Bahasa latin. Akan lebih baik jika kamu memilih pertandingan klub yang kamu sukai. Setidaknya yang kamu lihat adalah hal yang kamu suka sehingga memperhatikan pertandingan sembari mendengarkan komentar dari komentator tidak akan terasa cukup berat atau bosan.

Mungkin awalnya kamu tidak paham semua kalimat yang diucapkan oleh komentator. Awalnya, kamu hanya bisa mendengarkan beberapa kata yang bisa kamu pahami maknanya. Itupun disebabkan ada bantuan visual, yaitu pertandingan bola. Namun, lambat laun, kamu akan memahami lebih banyak kalimat yang diucapkan oleh komentator.

Akan tetapi, bagaimanapun juga, belajar bahasa akan lebih mudah jika kamu bisa secara langsung berinteraksi. Sementara itu, mendengarkan komentator berbicara saat pertandingan bola itu bukan interaksi.

Mungkin kamu bisa merencanakan untuk pergi liburan ke salah satu negara yang masyarakatnya berbicara bahasa latin. Contohnya saja mengunjungi Negara yang memiliki klub sepakbola yang kamu sukai. Jadi, ada alasan yang kuat yang mendorong kamu untuk benar-benar ingin menguasai Bahasa Latin. Jadi, sudah siap untuk belajar Bahasa Latin?

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *