Rahasia Kilat Belajar Bahasa Rusia Sehari-hari

Bahasa Rusia , Belajar Bahasa Feb 09, 2022 No Comments

Mempelajari bahasa Rusia bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu baru saja ingin memulainya. Kenapa bahasa Rusia susah?

Bahasa Rusia adalah bahasa yang termasuk dalam kategori bahasa paling sulit dikuasai. Hal ini karena bentuk dari alfabet bahasa Rusia yang begitu banyak akan membuat pusing bagi para pemula. Pada dasarnya terdapat 33 huruf bahasa Rusia yang disebut sebagai alfabet Kiril.

Bunyi atau intonasi dalam bahasa Rusia pun juga banyak yang berbeda karena kerap diucapkan secara berbeda dari tulisannya. Misalnya adalah хорошо (bagus) yang dibaca khorosho. Dalam penulisan hurufnya pun sering membuat keliru, seperti ш (sha) dan щ (scha).

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Selain aturan fonetik bahasa Rusia, kita juga perlu memahami tata bahasa, kata kerja, dan kata kerja gerak dalam bahasa Rusia. Aga kamu lebih mudah menghafalkannya, berikut rahasia kilat belajar bahasa Rusia sehari-hari yang bisa diikuti.

1. Kenali alfabet Kiril

kamus rusia

Langkah pertama belajar bahasa Rusia yaitu mengenal bentuk alfabet Kiril. Mulai dari 10 huruf vokal, mengenal 21 konsonan, 1 tanda keras, dan 1 tanda lunak.

Huruf dan cara bacanya pun berbeda dengan bahasa Indonesia atau bahasa asing lainnya. Hal yang perlu kamu lakukan agar cepat menghafalkannya ialah dengan mencatat semua alfabet, huruf latinnya, dan cara membacanya.

Belajar bahasa Rusia dari alfabet Kiril ini mudah kok. Bahkan kamu bisa menghafalkannya dalam 1 hari dengan fokus.

2. Berlatih membuat kalimat dalam bahasa Rusia

belajar bahasa rusia

Setelah mengenali dan menghafalkan alfabet Kril, kini waktunya untuk menerapkannya dalam sebuah kata dan kalimat. Hal tersulit dalam belajar bahasa Rusia ialah strukturnya. Namun, akan lebih mudah jika penggunaan huruf sudah kamu kuasai dengan benar.

Saat berlatih membuat kalimat dalam bahasa Rusia, pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana membedakan kata benda yang termasuk masculine dan feminine. Cara mudah membedakannya ialah dengan melihat huruf terakhir pada kata tersebut, seperti:

Й untuk kata benda masculine
a atau я untuk kata benda feminine
o atau e untuk kata benda yang neuter
ь bisa feminine atau masculine (tergantung strukturnya)

3. Tonton film dengan bahasa Rusia

film netflix

Langkah berikutnya ialah dengan mempelajarinya secara otodidak. Cara yang paling asyik memahami bahasa asing yaitu melalui tayangan film favorit dengan bahasa yang ingin kita pelajari. Apalagi jika kamu sudah mengetahui struktur kalimat dan cara pengucapannya maka akan lebih mudah meningkatkan perbendaharaan kosakata melalui film.

4. Pelajari melalui lagu bahasa Rusia

belajar bahasa rusia 1

Selain dari film, kamu juga bisa belajar bahasa Rusia sehari-hari sambil mendengarkan lagu berbahasa Rusia. Tentunya jangan hanya didengarkan saja, kamu bisa berlatih cara pengucapan bahasa Rusia sambil menghafalkan lirik lagunya. Asyik kan?

5. Latihan berbicara dengan orang Rusia

orang rusia

Ini adalah rahasia kilat belajar bahasa Rusia sehari-hari. Karena dengan melakukan interaksi dalam pembelajaran akan meningkatkan motivasi serta tantangan tersendiri untuk membiasakan berbahasa Rusia dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin saja dari latihan berbicara bahasa Rusia bisa menjadi jalan kamu mendapatkan jodoh orang Rusia 😀

Selain dengan lima cara di atas, kamu juga bisa belajar bahasa Rusia sehari-hari menggunakan berbagai aplikasi seperti Duolingo, Memrise, busuu, dan yang lainnya.

Pastikan juga untuk memotivasi diri dan kuatkan niat agar teknik belajarmu tidak berhenti di tengah jalan ya… Selamat mencoba! 😉

Referensi:
https://id(dot)rbth(dot)com
https://lister(dot)co(dot)id
https://superprof(dot)co(dot)id

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published.