Nonton Anime Sambil Belajar Bahasa Jepang? Bisakah? Anime Keren

Bahasa Jepang Mar 18, 2022 No Comments

Apakah kamu gemar menonton anime? Anime adalah animasi khas Jepang yang populer di Indonesia hingga saat ini. Di samping tujuannya sebagai tayangan untuk menghibur penonton, ternyata bagi sebagian orang menyatakan bahwa menonton anime bisa menjadi sarana mereka untuk belajar bahasa Jepang. Apakah benar?

Bagi seorang pemula pasti akan mencari cara bagaimana belajar bahasa Jepang dengan cepat dan mudah. Karena pada dasarnya mempelajari bahasa Jepang secara lisan maupun tulisan cukup sulit. Apalagi dalam bahasa Jepang terdapat tiga jenis huruf, seperti Kanji, Hiragana, dan Katakana, sehingga kita perlu berlatih lebih maksimal.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Berdasarkan hal tersebut, bagaimana cara belajar bahasa Jepang bagi pemula? Apakah bisa belajar hanya dengan menonton anime? Faktanya belajar bahasa asing dari film, drama, musik, maupun anime merupakan media pembelajaran yang menyenangkan.

Jadi, apa saja manfaat menonton anime jepang untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang?

Manfaat anime untuk kuasai bahasa Jepang

belajar anime bahasa jepang

1. Memperbanyak kosakata

Mendengar percakapan pada anime merupakan sarana untuk menambah kosakata baru bahasa Jepang. Mempelajari kosakata bahasa Jepang dari anime merupakan metode pembelajaran yang seru melalui audio visual sehingga otak kita akan lebih mudah mengingatnya.

2. Mudah memahami tata bahasa

Seperti bahasa asing pada umumnya, bahasa Jepang memiliki tata bahasanya sendiri. Dengan mendengarkan dialog dan alur cerita pada anime pasti lebih memudahkan kamu memahami tata bahasa yang sering mereka gunakan dalam percakapan bahasa Jepang sehari-hari.

3. Mengerti penempatan bahasa untuk situasi tertentu

Secara visual, anime akan mempraktikkan bagaimana mereka berbicara sesuai dengan kondisi atau situasi tertentu. Nah dari sini kita bisa mengetahui cara menggunakan bahasa yang sopan dan cara berinteraksi dengan teman sebaya.

4. Melatih listening

Poin penting belajar melalui audio visual yaitu bisa melatih kemampuan listening bahasa Jepang. Cara belajar ini pun sangat cocok diterapkan jika kamu memiliki target untuk mendapatkan skor tinggi di bagian listening pada test bahasa Jepang JLPT.

Cara belajar bahasa Jepang dari anime

foto anime jepang

1. Gunakan subtitle dan hilangkan subtitle

Agar tidak bingung dengan Bahasa Jepang yang sering muncul di anime, dan mengetahui apa arti dari setiap percakapan yang terkandung dalam anime, kamu bisa menggunakan subtitle di awal. Perhatikan kosakatanya dan ingat baik-baik.

Setelah itu kamu dapat kembali menonton anime dengan menghilangkan subtitlenya. Jika kamu lupa dengan arti dari kosakata tersebut, kamu bisa menggunakan subtitlenya kembali dan hilangkan lagi jika sudah ingat.

2. Contoh anime dengen cerita yang ringan

Pasalnya, banyak sekali film anime yang dapat kita temukan. Namun untuk belajar bahasa Jepang, kamu hanya memerlukan genre anime yang ringan.

Rekomendasi anime yang bisa kamu tonton untuk belajar bahasa Jepang di antaranya adalah Shirokuma Café, My Neighbor Totoro, Kiki’s Delivery Service, Kimi no Na Wa, dan K-On!

3. Praktikkan sendiri cara mengucapkannya

Setelah melakukan dua metode di atas, cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan sesekali mempraktikkan cara mengucapkan setiap kosakatanya. Dengan begitu cara ini akan membantu kamu untuk mengingatnya dengan cepat.

Nah sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara belajar bahasa Jepang sambil menonton anime. Jadi bisa disimpulkan bahwa menonton anime merupakan sarana pembelajaran yang seru karena bisa memudahkan kita belajar bahasa asing dengan media audio visual.

Selamat mencoba!

 

Referensi:

https://bahasajepangasik(dot)com/

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published.