Categories
Bahasa Rusia Belajar Bahasa

Mari Perkenalkan Dirimu dengan Bahasa Rusia

Daftar Isi

Saat belajar bahasa Rusia, kamu kebingungan ingin mulai dari mana, dari huruf kiril atau dari bagian mananya? Ada banyak hal dasar yang harus kamu pelajari dalam bahasa Rusia. Salah satunya adalah cara memperkenalkan diri dalam bahasa Rusia. Nah, supaya kamu tidak kesulitan untuk melangkah jauh dalam mempelajari bahasa ini, yuk kita mulai cara sederhana untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Rusia dengan percaya diri.  Simak artikel ini sampai habis ya!

Apa Kabar? (Как дела?)

Mari kita mulai dengan cara sederhana untuk bertanya tentang kabar seseorang. Kata Как дела?” (Kak dela?) berarti “Apa kabar?” dalam bahasa Rusia. Untuk pengucapannya, “Как” (Kak) diucapkan seperti “kak,” dan “дела” (dela) diucapkan seperti “dye-la,” dengan aksen di “de.” Jika ada seseorang yang menanyakan kabar kamu juga bisa menjawab dengan Хорошо (Khorosho),  yang berarti “baik” dalam bahasa Indonesia.

Ketika bertanya kembali mengenai kabar lawan bicaramu kamu dapat menggunakan frase “Как у вас дела?” (Kak u vas dela?) untuk berbicara secara formal atauКак у тебя дела?” (Kak u tebya dela?) untuk berbicara dengan seseorang dalam situasi yang lebih akrab. Di sini, “Как” (Kak) berarti “bagaimana,” “у” (u) berarti “di” atau “milik,” “вас” (vas) atau “тебя” (tebya) berarti “anda” atau “kamu,” dan “дела” (dela) berarti “kabar” atau “keadaan.”
Berikut adalah contoh percakapannya:

Anna: Как дела?” (Kak dela?)  = Apa kabar?
Elsa: Хорошо (Khorosho) = Baik
Anna: Как у вас дела?” (Kak u vas dela?)  =  Bagaimana Kabarmu?
Elsa:  Отлично (Otlichno)  = Luar biasa.

Nama Saya… (Меня зовут…)

Sekarang, mari kita lanjutkan dengan cara mengenalkan diri mu. Kamu bisa mengatakan “Меня зовут…” (Menya zovut…), yang berarti “Nama saya…” dalam bahasa Indonesia. “Меня” (Menya) diucapkan seperti “me-nya,” dan “зовут” (zovut) diucapkan seperti “zo-voot,” dengan aksen di “zo”.

Lalu, untuk bertanya “Siapa namamu?” dalam bahasa Rusia, kamu dapat menggunakan kalimat “Как вас зовут?” (Kak vas zovut?) untuk berbicara secara formal atau “Как тебя зовут?” (Kak tebya zovut?) untuk berbicara dengan seseorang dalam situasi yang lebih akrab. Di sini, “Как” (Kak) berarti “bagaimana,” “вас” (vas) atau “тебя” (tebya) berarti “anda” atau “kamu,” dan “зовут” (zovut) berarti “nama.” Contohnya adalah:

Anna: “Меня зовут Анна” (Menya zovut Anna) = Nama aku adalah Anna
Anna: “Как вас зовут?” (Kak vas zovut?)  = Siapa Namamu?
Elsa: “Меня зовут Эльза” (Menya zovut Elsa) = Nama aku Elsa.”

Asal Saya dari… (Я из…)

Ketiga kamu juga dapat menyebutkan asal mu. Misalnya, kamu berasal dari Indonesia, kamu bisa mengatakan “Я из Индонезии” (Ya iz Indonezii), yang berarti “Saya dari Indonesia.” “Я” (Ya) diucapkan seperti “ya,” “из” (iz) diucapkan seperti “iz,” dan “Индонезии” (Indonezii) diucapkan seperti “In-doh-ne-zii.”

Senang Bertemu mu! (Приятно познакомиться!)

Akhirnya, untuk mengakhiri perkenalan mu, kamu bisa mengucapkan “Приятно познакомиться!” (Priyatno poznakomitsya!), yang berarti “Senang bertemu Anda!” Pengucapannya sedikit panjang, agar tidak bingung mari kita pelajari:

“Приятно” (Priyatno) diucapkan seperti “pri-yat-no”.
“познакомиться” (poznakomitsya) diucapkan seperti “poz-na-ko-mit-sya”.

Nah selesai sudah pelajaran mengenai cara memperkenalkan diri dalam bahasa Rusia. Sekarang kamu telah berhasil memperkenalkan diri dalam bahasa Rusia dengan memukau! Jangan ragu untuk berlatih dan merasakan keindahan bahasa Rusia. Yuk ajak teman atau keluargamu berlatih memperkenalkan diri dalam bahasa Rusia.  Счастливого обучения! (Schastlivogo obucheniya!) = Selamat belajar!

By Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version