Mari Belajar Musim & Cuaca dalam Bahasa Jepang

Bahasa Jepang Nov 17, 2023 No Comments

Daftar Isi

Bagaimana cuaca hari ini? cerah, berawan atau hujan? Berbicara tentang cuaca, ada banyak sekali jenis musim dan cuaca yang ada pada dunia ini. Terdapat cuaca hujan hingga cerah serta musim semi hingga musim dingin di benua Eropa, Amerika, dan sebagian Benua Asia. Kali ini, ayo kita menjelajahi nama-nama cuaca dan musim dalam bahasa Jepang yang dapat kamu gunakan dalam percakapan sehari-harimu. Simak artikel berikut ini ya!

Musim dalam Bahasa Jepang

春 (Haru) – Musim Semi

festival bunga sakura

Musim semi dimulai dengan perlahan-lahan melelehnya salju yang menutupi tanah selama musim dingin. Ini menandai awal tanda-tanda musim semi. Salah satu ciri paling ikonik dari musim semi adalah mekarnya bunga-bunga dan tunas-tunas hijau yang muncul di pepohonan dan taman. Di banyak tempat bunga sakura mekar dengan indah, khususnya di seluruh Jepang. musim semi diperingati dengan festival dan tradisi khusus. Di Jepang, sakura hanami adalah tradisi festival yang dinikmati banyak orang.

夏 (Natsu) – Musim Panas

musim panas

Musim ini biasanya terjadi setelah musim semi dan sebelum musim gugur. Musim panas dicirikan oleh ciri-ciri cuaca yang khas, seperti suhu yang lebih tinggi, lebih banyak sinar matahari, dan hari-hari yang lebih panjang. Musim panas membawa cuaca panas dan cerah. Ini adalah waktu yang tepat untuk pergi berenang di pantai atau menikmati es krim.

Baca juga: Cara mengekspresikan cuaca dalam bahasa Inggris

秋 (Aki) – Musim Gugur

musim gugur

Musim gugur adalah waktu yang indah ketika daun-daun berubah warna. Musim gugur adalah waktu panen bagi para petani. Selama musim gugur, hari-hari menjadi semakin pendek dan malam semakin panjang karena matahari mulai terbenam lebih awal. Pohon-pohon berubah warna dan pemandangan alam sangat indah. Di Jepang, masyarakat merayakan musim gugur dengan festival Tsukimi atau festival menyaksikan bulan purnama.

冬 (Fuyu) – Musim Dingin

musim dingin

Musim dingin seringkali ditandai dengan suhu udara yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan musim lainnya. Suhu dapat turun di bawah titik beku, terutama di daerah yang mengalami cuaca dingin ekstrem. Musim dingin adalah saat bersalju dan suhu dingin. Musim dingin menjadi waktu yang cocok untuk berbagai aktivitas seperti bermain ski, snowboard, atau bahkan bermain salju, dan menikmati hidangan seperti nabemono (makanan rebusan) seta berendam air panas di onsen.

Baca: Budaya Jepang yang terkenal di dunia

Cuaca dalam Bahasa Jepang

晴れ (Hare) – Cerah

Ketika cuaca cerah, langit biru terbentang tanpa awan. Ini adalah waktu yang bagus untuk piknik dan kegiatan luar ruangan.

雨 (Ame) – Hujan

Hujan adalah saat tetes-tetes air turun dari langit. Pastikan Kamu membawa payung ya!

曇り (Kumori) – Mendung

Cuaca mendung adalah saat awan menutupi matahari, sehingga tidak terlalu cerah.

雪 (Yuki) – Salju

Salju adalah butiran es yang jatuh dari langit dan membuat dunia putih bersih. Anak-anak sering bermain salju dan membuat manusia salju.

台風 (Taifū) – Topan

Tahukah kamu? saat musim panas dan musim gugur,  Negara Jepang kadang-kadang mengalami topan yang kuat. Ini dapat membawa hujan deras dan angin kencang.

Selanjutnya, untuk berbicara tentang perubahan musim dan keadaan cuaca, kamu bisa mengatakan kalimat di bawah ini:
“今日は晴れています” (Kyou wa hareteimasu)
“Hari ini cerah”

“明日は雨が降るかもしれません” (Ashita wa ame ga furu kamoshiremasen),
“Besok mungkin akan hujan”

Nah, bagaimana? Mudah kan belajar mengenai nama-nama musim dan cuaca dalam bahasa jepang. Jangan ragu untuk menggabungkan kata-kata ini dalam percakapan sehari-hari mu! Jika kamu masih kurang mengerti kamu bisa bertanya pada orang yang lebih ahli supaya kamu tidak keliru. Ingat, malu bertanya sesat di jalan. Selamat belajar!

 

頑張りました!
ganbarimashita!
Semangat!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *