Categories
Bahasa Korea Belajar Bahasa

Liburan ke Korea? Jangan Ucapkan Kata Ini!

Jika kamu berencana untuk liburan ke Korea, pastikan kamu tahu tentang beberapa kata yang sebaiknya tidak diucapkan saat berada di sana. Meskipun bahasa Korea bisa menjadi tantangan, menghindari kata-kata yang mungkin dianggap tidak sopan atau tidak pantas adalah cara yang baik untuk menghormati budaya dan menghindari kesalahpahaman. Jadi, simpan beberapa kata ini di saku dan pastikan untuk tidak mengucapkannya saat berada di Korea.

  1. “Aniyo” (아니요): Ini adalah kata “tidak” dalam bahasa Korea. Meskipun dalam konteks tertentu kata ini bisa digunakan, sebaiknya hindari mengucapkannya secara langsung saat berinteraksi dengan orang yang lebih tua atau dalam situasi formal. Gunakan ungkapan yang lebih sopan seperti “Ani” (아니) atau “Geureohke” (그렇게) untuk mengekspresikan penolakan.
  2. Ppalli” (빨리): Kata ini berarti “cepat” dalam bahasa Korea. Namun, penggunaannya harus hati-hati karena jika diucapkan dengan intonasi yang salah atau dalam konteks yang tidak pantas, kata ini dapat dianggap kasar atau menyerang. Sebaiknya gunakan ungkapan yang lebih sopan seperti “Jaljayo” (잘자요) yang berarti “silakan” atau “silahkan pergi”.
  3. “Mworago” (뭐라고): Ini adalah kata yang digunakan untuk mengekspresikan kebingungan atau ketidakpahaman. Namun, dalam situasi formal, kata ini bisa dianggap tidak sopan atau kurang menghormati. Lebih baik gunakan ungkapan yang lebih sopan seperti “Mwohanda” (뭐하는데) atau “Joesonghamnida” (죄송합니다) untuk mengekspresikan ketidakpahaman atau minta maaf.
  4. “Annyeonghaseyo” (안녕하세요): Tunggu dulu, bukankah ini adalah salam yang umum digunakan di Korea? Benar, tapi ada baiknya diingat bahwa penggunaan kata ini tergantung pada situasi. Ketika kalian bertemu dengan teman atau orang sebaya, kata ini cocok. Namun, jika kalian berbicara dengan orang yang lebih tua atau dalam situasi yang lebih formal, lebih baik menggunakan “Annyeonghaseyo” dengan sopan dan mengucapkan “Annyeonghaseyo” dengan sedikit kepolosan bisa terlihat tidak sopan.
  5. “Oppa/Unnie/Ajussi/Ajumma” (오빠/언니/아저씨/아줌마): Ini adalah kata-kata yang digunakan untuk merujuk pada orang tua atau kakak berdasarkan hierarki sosial. Penting untuk menggunakan kata ini dengan hati-hati dan hanya untuk orang yang memang benar-benar dikenal. Menggunakan kata ini untuk orang asing atau orang yang tidak akrab bisa terasa tidak sopan.
  6. “Aigoo” (아이구): Kata ini digunakan untuk mengekspresikan kejutan atau kekecewaan. Meskipun kata ini terdengar lucu, penggunaannya terbatas dalam konteks informal atau antara teman dekat. Menggunakan kata ini secara berlebihan atau dalam situasi yang tidak tepat bisa terlihat tidak sopan atau menghina.
  7. “Jondaemal” (존댓말): Ini adalah bahasa formal yang digunakan saat berbicara dengan orang yang lebih tua, atasan, atau orang yang dihormati. Sebaiknya hindari menggunakan bahasa ini dengan orang sebaya atau teman dekat. Menggunakan bahasa formal secara berlebihan bisa menciptakan jarak antara kamu dan orang lain dalam percakapan.
  8. “Gwenchanayo?” (괜찮아요?): Kata ini berarti “apakah kamu baik-baik saja?” dan sering digunakan untuk menunjukkan perhatian atau kepedulian. Namun, jika digunakan secara berlebihan atau dalam situasi yang tidak pantas, ini bisa terlihat seperti kamu meragukan kemampuan atau kesiapan orang lain. Gunakan kata ini dengan bijaksana dan sesuai dengan konteks.

Dalam liburan ke Korea, penting untuk menghormati adat dan budaya setempat. Menghindari penggunaan kata-kata yang tidak tepat akan membantu menciptakan hubungan yang baik dengan penduduk lokal dan menunjukkan rasa hormat. Jangan khawatir, orang-orang Korea sangat ramah dan akan menghargai upaya kamu untuk berkomunikasi dengan sopan.

Ingatlah bahwa konteks dan cara pengucapan sangat penting dalam bahasa Korea. Jika kamu tidak yakin tentang penggunaan kata tertentu, lebih baik menghindarinya dan bertanya kepada penutur asli sebelum menggunakannya. Dengan menghormati budaya dan menghindari kata-kata yang bisa dianggap tidak pantas, kamu akan menciptakan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan dan mengesankan di Korea. Selamat liburan!

By Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version