Kata Siapa Bahasa Thailand Itu Sulit? Yuk Kuasai Frasa Dasar Ini!

Bahasa Thailand May 27, 2022 No Comments

Punya rencana pergi ke Thailand, tetapi belum menguasai bahasanya? Jangan khawatir! Kini kamu bisa belajar bahasa Thailand secara cepat dan mudah hanya dengan menguasai frasa berikut ini.

Frasa Dasar Bahasa Thailand

Apakah kamu tahu apa bahasa Thailandnya Hai dan apa arti dari Khap yang sering kita dengar? Supaya tidak bingung lagi, berikut ini adalah daftar frasa dasar bahasa Thailand yang dapat kamu pelajari untuk menambah perbendaharaan kosakata bahasa.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Simak dan praktikkan tata bahasanya sampai tuntas ya! 😉

maya bay

1. สวัสดี (Săwătdee)

Frasa dasar ini wajib untuk kamu pelajari cara pelafalannya. Săwătdee artinya adalah Halo/Hi. Namun jika kamu berada di situasi yang lebih formal maka ada baiknya mengucapkan Săwătdee krāp / kà.

2. ขอบคุณ (Kăwpkoon)

Dalam bahasa Thailand kamu bisa mengucapkan Kăwpkoon atau Kăwpkoon màak krāp / kà yang artinya adalah “terima kasih banyak”.

Untuk menjawabnya, kamu dapat mengucapkan Yindee yang artinya adalah “sama-sama”.

3. ขอ โทษ (Káw tò—ht)

Supaya lebih sopan, ketika berjalan melewat orang yang lebih tua atau menginterupsi seseorang maka kamu dapat mengatakan Káw tò—ht yang artinya adalah “maaf, permisi”.

4. ใช่ (Chài)

Jika dalam bahasa Inggris kita kerap menyebutkan kata “ya” dengan yes, maka dalam bahas Thailand kamu dapat mengucapkan Chài. Fras aini dapat digunakan dalam konteks formal maupun informal.

5. ไม่ ใช่ (Mài chài)

Cara mengatakan kata tidak dalam bahasa Thailand pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengucapkan frasa Mài chài yang artinya adalah “tidak”.

6. ตกลง (Dtŏh·klohng)

Salah satu cara mengekspresikan persetujuan kepada seseorang salah satunya dengan mengucapkan “oke, baiklah!”. Dalam bahasa Thailand kamu dapat mengucapkannya dengan Dtŏh·klohng.

7. บาท (Băat)

Sudah tahu mata uang Thailand? Yup! Mata uang Thailand adalah Baht. Jadi, jika kamu ditanyakan tentang uang, maka kamu dapat menyebutkan Băat.

8. ยินดี ด้วย! (Yindee dùay!)

Cara mengucapkan kata selamat kepada seseorang yaitu dengan menyebutkan Yindee dùay! (selamat) atau Yindee dtàwnrāp! (selamat datang), Săwătdee dtawn chāao (selamat pagi), dan Raatree săwăt (selamat tidur).

9. คุณ สบายดี ไหม? (Koon săbaaidee mái?)

Untuk menanyakan kabar dapat kamu ucapkan dengan Koon săbaaidee mái? yang artinya adalah “apa kabar?” dan dapat dijawab dengan Chán săbaaidee jika keadaanmu baik.

10. ฉัน ชื่อ … (Chán chèuu …)

Oh iya, jangan lupa untuk perkenalan diri juga, ya! Caranya yaitu dengan mengatakan Chán chèuu dan sebutkan namamu.

Untuk memulai percakapan dengan orang asing dapat ditanyakan balik menggunakan kalimat Koon chèuu ărai? yang artinya adalah “siapa namamu?”. Kemudian tutup dengan Yindee tèe dài rūujăk yang berarti “senang berkenalan denganmu”.

11. ฉัน เข้าใจ (Chán kàojai)

Apakah kamu sudah mengerti beberapa pemaparan frasa dasar di atas? Jika iya, kamu dapat mengatakan Chán kàojai yang artinya adalah “saya mengerti”. Jika tidak, kamu bisa mengatakan Chán mài kàojai yang artinya “saya tidak mengerti”.

12. ช่วย ด้วย! (Chùay dùay!)

Untuk meminta tolong dalam bahasa Thailand, kamu dapat mengucapkan Chùay dùay!

13. ยุ่ง (Yòong)

Ada kalanya waktu kita tidak bisa menanggapi atau merespons orang lain karena sedang sibuk. Oleh karena itu, supaya mereka mengerti kondisimu saat itu maka kamu dapat menggunakan kata Yòong yang artinya adalah “sibuk”.

14. ลา ก่อน (Laa găwn)

Apakah kamu sudah ingin pergi? Jangan lupa untuk mengucapkan Laa găwn, ya! Karena frasa Laa găwn artinya adalah “sampai jumpa”.

Bagaimana? Belajar bahasa Thailand itu mudah kan? Sebelum kita belajar lebih banyak lagi frasa dasar lainnya, kamu dapat menghafalkan frasa dasar di atas sebagai permulaan.

Selamat mencoba! 😉

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published.