Ikut Lomba Debat Bahasa Inggris? Yuk Ikuti 5 Tips Speaking Berikut Ini!

Bahasa Inggris Mar 21, 2022 No Comments

Apakah saat ini kamu sedang mempersiapkan lomba debat bahasa Inggris? Sudah sejauh mana persiapanmu?

Debat bahasa Inggris memerlukan keahlian bahasa yang baik. Debat bahasa Inggris juga akan mengasah kemampuan kamu apabila nantinya kamu tertarik dengan bidang pekerjaan Public Speaking. Apabila cara kamu berbicara bahasa Inggris kurang maksimal, maka lawan atau juri akan kesulitan memahaminya. Selain itu terdapat beberapa kalimat yang harus kamu tahu dan taklukkan supaya bisa memenangkan lomba debat bahasa Inggris.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Jika saat ini kamu masih bingung ingin memulainya dari mana, artikel ini akan memberimu speaking tips yang bisa membuatmu tampil keren saat lomba debat bahasa Inggris. Let’s get right into it!

1. Dengarkan Banyak Percakapan Bahasa Inggris

public speaking

Kunci sukses lomba debat bahasa Inggris yaitu speaking skill yang baik. Dalam lomba bahasa inggris setiap orang membawa aksen yang berbeda. Oleh karena itu kamu juga perlu melatih listening supaya bisa merespons lawan.

Ketika listening sudah kamu kuasai maka secara tidak langsung kamu bisa berbicara bahasa Inggris secara otodidak berdasarkan percakapan yang sering kamu dengarkan. Cara ini terbukti berhasil untuk memahami bahasa Inggris dengan mudah dan cepat.

2. Perbanyak Diskusi Menggunakan Bahasa Inggris

diskusi bahasa inggris

Speaking tips yang kedua bisa kamu praktikkan dengan menciptakan lingkungan berbahasa Inggris. Apalagi jika kamu sedang mempersiapkan lomba debat bahasa Inggris, pastikan saat berdiskusi dengan tim harus menggunakan bahasa Inggris.

Dengan begitu kalian akan terbiasa menyatakan ragu, senang, suka atau menyanggah menggunakan kalimat bahasa Inggris.

3. Lakukan Monolog Menggunakan Bahasa Inggris

monolog bahasa inggris

Monolog adalah berbicara sendiri. Agar kemampuan speaking kamu semakin meningkat, kamu bisa melakukan monolog sebagai latihan debat. Di sini kamu dapat memosisikan diri sebagai tim oposisi atau government.

4. Jika Tidak Tahu Kata yang Ingin Diucapkan, Pikirkan Cara Lain Untuk Mengucapkannya

speaking tips

Kemampuan speaking dalam bahasa inggris juga bisa ditunjukkan dari bagaimana kamu bisa mengutarakan satu frasa dengan frasa yang lainnya.

Mungkin cara ini tidak banyak yang tahu, oleh karena itu kamu perlu mengumpulkan banyak kosakata baru atau another way to say … seperti contoh berikut ini.

Cara menyatakan argumen:

  • Moreover …
  • What we have to decide is …
  • I’m convinced that …
  • Some people think that …
  • While admitting that …
  • I don’t quite agree there
  • I’ve never heard of such thing …
  • You’re contradicting yourself …

5. Practice!

practice english

Apakah kamu sudah melakukan 4 cara di atas? Jika sudah, kini waktunya untuk practice! Practice! And practice!

Dengan latihan secara rutin, kemampuan bahasa Inggris terutama speaking kamu akan meningkat setiap harinya. Misalnya kamu bisa membuat jadwal untuk berlatih speaking selama 10 menit setiap harinya. Latihan ini bisa dilakukan dengan menelepon teman untuk berdiskusi bahasa Inggris, belajar speaking melalui Youtube, monolog, dan lainnya.

Cara ini merupakan kunci sukses keberhasilan seseorang karena pada dasarnya usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Oleh karena itu jika kamu bersungguh-sungguh meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, maka baik speaking, listening, atau pun writing pasti akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk latih dirimu sekarang juga! 😉

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published.