Categories
Bahasa Belanda Belajar Bahasa

Cuaca dan Musim dalam Bahasa Belanda

Daftar Isi

Masih semangat kan belajar bahasa Belanda? Pastinya masih semangat dong! Kali ini kita akan mengeksplorasi nama-nama cuaca dan musim dalam bahasa Belanda. Keren, kan? Jadi gimana cuaca hari ini? Cerah atau mendung? Nah, kalau nanti lagi mengobrol sama teman atau lagi berkunjung ke Belanda, kamu sudah bisa mengatakan pendapatmu mengenai cuaca atau musim disana. Bisa jadi ahli cuaca versi Belanda. Apa saja ya nama-nama cuaca dan musim dalam bahasa Belanda?  Yuk kita mulai!

Hujan

Cuaca hujan dalam bahasa Belanda disebut “regen.” Misalnya, kalau mau bilang “Hari ini hujan,” kamu bisa bilang “Vandaag regent het.” Hujan di Belanda seakan menjadi sahabat setia. Ketika cuaca sedang hujan di Belanda, kamu bisa duduk di kafe sambil menikmati secangkir kopi hangat.

Cerah

Saat matahari bersinar terang, Belanda menjadi indah dengan kincir angin yang berputar lincah. Untuk cuaca cerah, menyebutnya “zonnig.” Jadi, kalimatnya bisa seperti “Het is zonnig vandaag,” yang artinya “Hari ini cerah.” Ini adalah waktu yang tepat untuk berjalan-jalan di kebun bunga Keukenhof yang terkenal.

Berawan

Kalau langit berawan, katanya “bewolkt.” Misalnya, “De lucht is bewolkt,” yang berarti “Langit sedang berawan.” Saat cuaca seperti ini, kastil-kastil tua di Belanda terlihat lebih misterius dan memikat, bukan?

Kabut

Kabut dalam bahasa Belanda adalah “mist.” Jadi, kalau kamu melihat kabut, bisa bilang “Er is veel mist vanmorgen,” yang berarti “Pagi ini ada banyak kabut.” Saat berkunjung ke Belanda kamu bisa menikmati kanal-kanal dengan pemandangan indah. Kabut bisa memberikan nuansa romantis di tepian kanal atau pedesaan Belanda.

Berangin

Kalau cuaca berangin, mereka menyebutnya “winderig.” Contohnya, “Het is vandaag winderig,” yang artinya “Hari ini berangin.” Ini adalah waktu yang cocok untuk menikmati keindahan taman-taman kota yang tenang.

Panas

Kalau cuaca panas, kata yang tepat adalah “heet.” Misalnya, “Het is heel heet vandaag,” yang artinya “Hari ini sangat panas.” Di musim ini, pantai seperti Zandvoort menjadi tempat yang ramai dikunjungi.

Musim Dingin

Musim dingin disebut “winter.” Jadi, kalau bilang “Musim dingin di Belanda sangat dingin,” bisa bilang “De winter in Nederland is erg koud.” Saat salju menutupi tanah, kamu bisa menikmati kegiatan seperti bermain ski atau mengunjungi pasar Natal di kota-kota kecil.

Musim Semi

Musim semi dalam bahasa Belanda disebut “lente.” Misalnya, “In de lente bloeien de bloemen,” yang berarti “Di musim semi bunga-bunga mekar.” Kamu wajib menikmati pemandangan kebun bunga saat bunga tulip bermekaran. Jangan sampai melewatkan Keukenhof yang menjadi surga bagi para pecinta bunga.

Musim Panas

Musim panas disebut “zomer.” Jadi, kalau mau bilang “Musim panas di Belanda indah,” bisa bilang “De zomer in Nederland is prachtig.”  Musim panas adalah waktu yang tepat untuk piknik di Vondelpark atau menikmati festival musik yang diadakan di seluruh negeri.

Musim Gugur

Warna-warni daun yang berguguran menciptakan pemandangan yang sangat indah di hutan-hutan Belanda. Musim gugur dalam bahasa Belanda disebut “herfst.” Misalnya, “In de herfst vallen de bladeren van de bomen,” yang artinya “Di musim gugur, daun-daun jatuh dari pohon.”

Apakah kamu tertarik untuk merasakan berbagai musim dan cuaca di Belanda? Nah, itu dia beberapa nama cuaca dan musim dalam bahasa Belanda yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Selamat mencoba, dan semoga bisa membuat obrolanmu lebih seru ketika membicarakan cuaca dengan teman-temanmu! Tot ziens (sampai jumpa)!

By Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version