Cara Paling Gampang Menguasai Bahasa Lampung

Bahasa Lampung Aug 27, 2018 1 Comment

Jika ingin lebih cepat lagi menguasai sebuah bahasa, bisa dengan cara mempelajari kata-kata yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi si empunya bahasa tersebut. Misalnya saat kamu belajar bahasa inggris di kursus bahasa Inggris terbaik di Surabaya atau daerah manapun, kamu pasti diminta untuk menguasai kata-kata ini. Tak terkecuali pada saat kamu ingin cepat menguasai bahasa Lampung.

Memang sangat benar, belajar bahasa lain yang bukan merupakan bahasa ‘ibu’ memang sedikit lebih sulit. Tetapi bukan tidak mungkin kamu bisa cepat menguasainya. Banyak sekali metode belajar bahasa yang bisa kamu gunakan.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, era dimana dunia serasa ada digenggaman kamu. dengan hanya duduk manis di kamar saja kamu bisa melihat situasi yang sedang terjadi di dunia saat ini.

Tips Jitu Menguasai Bahasa Lampung Dalam Waktu Singkat

baju adat lampung

Image Source: lampung[dot]co

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa supaya bisa lebih cepat menguasai sebuah bahasa, triknya adalah dengan menguasai dulu beberapa kata yang paling sering digunakan dalam bahasa tersebut.

Dan bagi kamu yang ingin cepat menguasai bahasa Lampung. Cobalah untuk menghafalkan beberapa kata di bawah ini yang merupakan beberapa kata yang paling sering digunakan masyarakat Lampung dalam kehidupan kesehariannya.

Tabik

Secara arti, tabik ini bisa diartikan dengan salam hormat atau maaf. Untuk salam hormat, kata tabik ini umumnya diucapkan untuk mengawali dan juga mengakhiri sebuah forum pertemuan atau bisa juga digunakan untuk membuka maupun menutup sebuah pembicaraan. Misalnya saja ‘Tabik pun jamo mettei khuppek (Hormat kepada kalian semua atau handai taulan).

Selain itu, bisa juga tabik memiliki arti ‘maaf’ atau ‘amit-amit jabang bayi’. Misalnya saja seperti pada contoh berikut ini ‘Yo ino lakewne gegeh belis, tabik pun kilui jaweh (Dia itu kelakuannya seperti iblis, amit-amit minta jauh).

Nyow Kabar dan Kabar Wawai

Untuk menanyakan kabar, kamu bisa mengucapkan nyow kabar? (apa kabar?). Sedangkan untuk menjawabnya katakan saja kabar wawai (kabar baik). Contohnya penggunaanya seperti ‘Nyow kabar ayah jamo bunda? (Apa kabar ayah dan bunda?)’, ‘Kabar wawai nak’ (Kabar baik nak).

Selamat Tukuk

Secara arti, selamat tukuk ini memiliki arti selamat pagi. Jadi seperti biasanya seringnya diucapkan di pagi hari. Misalnya saja Selamat tukuk unyenno, nyow upo kabar mettei? (Selamat pagi semuanya, bagaimana kabar kalian?).

Selamat Dawah

Kemudian, jika kamu ingin mengucapkan selamat siang dalam bahasa Lampung, tinggal ucapkan saja selamat dawah yang dalam bahasa Indonesia berarti selamat siang.

Selamat Debei

Untuk mengucapkan selamat sora dengan menggunakan bahasa Lampung, ucapkan saja selamat debei yang memiliki arti selamat sora.

Selamat Debingei

Lalu bagaimana untuk mengucapkan selamat malam dalam bahasa Lampung? Untuk mengucapkannya, tinggal katakan selamat debingue yang secara arti adalah selamat malam.

Selamat Pedem

Jika kamu ada kenalan orang Lampung, dan ingin mengucapkan selamat tidur maka katakan saja selamat pedem.

Nyow Kabar Mew dan Nikew Nyow Kabar

Ketika ingin menanyakan kabar dengan menggunakan bahasa Lampung, ucapkan saja nyow kabar mew? yang di dalam bahasa Indonesianya memiliki arti apa kabarmu?. Selain itu kamu juga bisa mengucapkan nikew nyow kabar? yang artinya adalah kamu apa kabar?

Itulah sekilas ulasan tentang percakapan sehari-hari yang paling sering digunakan dengan menggunakan bahasa Lampung. Semoga membantumu dalam belajar bahasa Lampung ya!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

One Comments

  1. Yudis

    Saya ingin cepat bahasa lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published.