Cara Mempelajari Bahasa Serawai Bengkulu

Bahasa Bengkulu Aug 24, 2018 3 Comments

Mempelajari Bahasa Serawai terbilang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, bahasa ini hanya mengalami perubahan kecil dalam dialek dan akhirannya. Namun begitu, bahasa ini juga memiliki kosakata asli sehingga jika kamu ingin memahaminya kamu perlu mengetahui banyak kosakata. Tapi sayangnya, jika kamu tinggal di Jakarta Barat atau daerah diluar Bengkulu, akan sulit menemukan tempat kursus bahasa ini dibandingkan dengan tempat kursus bahasa inggris di Jakarta Barat.

Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Belajar Bahasa Serawai

Bahasa Serawai terkonsentrasi di Bengkulu Selatan. Beberapa kecamatan yang menuturkan bahasa ini antara lain Kecamatan Manna, Pino, serta Talo. Selain itu, ada juga kabupaten yang menggunakannya, yaitu Kabupaten Seluma.

Bahasa yang dituturkan oleh masyarakatnya memiliki akar yang sama. Misalnya sama dalam kata kerjanya. Bedanya hanya pada akhiran dari pada kata itu sendiri.

Di Seluma sendiri, akhiran kata dasar biasanya berupa O. Sementara di Manna, dialeknya untuk akhiran kata berubah menjadi AU. Dan di Kaur akan berubah menjadi E.

Cara Mempelajari Bahasa Serawai

tarian khas bengkulu

Image Source: worpress[dot]com

Pengucapan kata biasanya berbeda-beda, tergantung daerah asalnya. Untuk membedakannya, kamu perlu mengingat akhiran kata masing-masing daerah. Ini menjadi kunci dasar yang akan membantu kamu dalam memahami apa yang dituturkan oleh penutur asli di beberapa daerah di Bengkulu.

Untuk melengkapinya, kamu yang ingin mempelajari bahasa Serawai bisa menengok beberapa tips yang dibagikan di sini. Tips ini akan membantu kamu dalam memahami bahasa Serawai, dan menguasainya dalam waktu yang lebih singkat. Jadi, yuk simak tipsnya.

Mendengarkan perbincangan atau kosakata harian

Tidak banyak kamus yang memberikan kosakata Bahasa Serawai ini. Keadaan ini jelas akan membuat kamu kebingungan. Apalagi jika berbicara dengan penuturnya. Meskipun begitu, jangan patah semangat. Cobalah untuk mencari beberapa kosakata sebanyak mungkin. Kemudian, pastikan juga untuk mencari/merekam apa yang diperbincangkan oleh penutur aslinya.

Metode ini memang membutuhkan waktu. Tetapi, sedikit demi sedikit kamu pasti bisa menangkap maksudnya. Khususnya bila kamu punya bekal Bahasa Indonesia. Karena didalam bahasa ini tersebut hampir mirip kata-katanya.

Menggunakan bahasa tersebut secara langsung

Setelah kamu mendapatkan kosakata atau sumber yang cukup, tahapan selanjutnya adalah mengikuti kalimat atau kosakata yang digunakan. Ucapkan dengan pelafalan yang tegas. Pastikan untuk membiasakannya dalam mengucapkan kalimat dengan dialek yang sudah dipelajari.

Kosakata Bahasa Serawai Dan Maknanya

tarian adat bengkulu

Image Source: sumber[dot]com

Bahasa ini bisa dipelajari dengan menemukan kosakata-kosakatanya. Sisanya, kamu bisa mencari sumber tentang percakapannya untuk memudahkan kamu dalam menggunakannya. Untuk kosakatanya, kamu bisa lihat beberapa dibawah ini:

Bahasa SerawaiArtinya
AkuSaya
DighiKamu
KemanauKemana
NamauNama
SapauSiapa
ApauApa
DimanauDimana
NiniakNenek
AdiakAdik
NidoTidak
AwuIya
AmunSaat
AtiHati
AsauRasa
AngatHangat
AnyighAmis
GalakMau
GalauSemua
GhegaduBeristirahat
GagalNakal
IbauSuka
IluakBaik
IluaklahLebih baik
JakDari
JatahBagian
JemoOrang
KabaKamu
KebilauKapan
KelauNanti
AkapPagi
BaghiDulu, lampau
KudaiSebentar
LemakEnak
LijiLambat
LitakCapek
Lukak, cecirutOleh-oleh
LigatPutar
LuluakMirip
LaSudah
MangkuAgar
MelaAyo
MendaTamu
MantauManggil
NambuahNambah
NgenianNyata
NggupTidak mau
NyelahIya
NyerilauMau
NyindatSelesai
NgelebukOmong besar
PisakCapek
RagiWarna
RamiRamai
RibangNaksir
SeriloKeinginan
SanakSaudara
SeragiSama
SerempakBersama-sama
SinggahMampir
TanciUang
TaruaklahAnggaplah
TemalamBermalam
Ulang pepatBerulang kali
UncuBibi
Pak uncuPaman
BegelutBercanda
BerayakBertemu
GegaduIstirahat
BeganganMasak
BerijoMusawarah

Kosakata-kosakata ini akan mudah diingat jika dibuat dalam sebuah kalimat percakapan. Karenanya, rajin-rajin menemukan atau membuat percakapannya ya, dan jangan lupa juga untuk mempraktekkannya untuk kegiatan sehari-hari. Nah itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mahir berbahasa Serawai. Selamat mencoba!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

3 Comments

  1. sangat menarik belajar bahasa Serawai Bengkulu

  2. Riya

    Kak apa itu artinya Ita ank Wang nyolong nga kak
    Terimakasih

    • Gigi

      Ini kayanya bahasa lembak kak, salah satu bahasa suku di bengkulu jg.. kalau artinya mungkin “itu anak orang mencuri kamu”, atau perhatikan ada anak (asing) mencuri kamu”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *