Categories
Bahasa Inggris

Ikut Lomba Debat Bahasa Inggris? Yuk Ikuti 5 Tips Speaking Berikut Ini!

Apakah saat ini kamu sedang mempersiapkan lomba debat bahasa Inggris? Sudah sejauh mana persiapanmu?

Debat bahasa Inggris memerlukan keahlian bahasa yang baik. Debat bahasa Inggris juga akan mengasah kemampuan kamu apabila nantinya kamu tertarik dengan bidang pekerjaan Public Speaking. Apabila cara kamu berbicara bahasa Inggris kurang maksimal, maka lawan atau juri akan kesulitan memahaminya. Selain itu terdapat beberapa kalimat yang harus kamu tahu dan taklukkan supaya bisa memenangkan lomba debat bahasa Inggris.

Jika saat ini kamu masih bingung ingin memulainya dari mana, artikel ini akan memberimu speaking tips yang bisa membuatmu tampil keren saat lomba debat bahasa Inggris. Let’s get right into it!

1. Dengarkan Banyak Percakapan Bahasa Inggris

Kunci sukses lomba debat bahasa Inggris yaitu speaking skill yang baik. Dalam lomba bahasa inggris setiap orang membawa aksen yang berbeda. Oleh karena itu kamu juga perlu melatih listening supaya bisa merespons lawan.

Ketika listening sudah kamu kuasai maka secara tidak langsung kamu bisa berbicara bahasa Inggris secara otodidak berdasarkan percakapan yang sering kamu dengarkan. Cara ini terbukti berhasil untuk memahami bahasa Inggris dengan mudah dan cepat.

2. Perbanyak Diskusi Menggunakan Bahasa Inggris

Speaking tips yang kedua bisa kamu praktikkan dengan menciptakan lingkungan berbahasa Inggris. Apalagi jika kamu sedang mempersiapkan lomba debat bahasa Inggris, pastikan saat berdiskusi dengan tim harus menggunakan bahasa Inggris.

Dengan begitu kalian akan terbiasa menyatakan ragu, senang, suka atau menyanggah menggunakan kalimat bahasa Inggris.

3. Lakukan Monolog Menggunakan Bahasa Inggris

Monolog adalah berbicara sendiri. Agar kemampuan speaking kamu semakin meningkat, kamu bisa melakukan monolog sebagai latihan debat. Di sini kamu dapat memosisikan diri sebagai tim oposisi atau government.

4. Jika Tidak Tahu Kata yang Ingin Diucapkan, Pikirkan Cara Lain Untuk Mengucapkannya

Kemampuan speaking dalam bahasa inggris juga bisa ditunjukkan dari bagaimana kamu bisa mengutarakan satu frasa dengan frasa yang lainnya.

Mungkin cara ini tidak banyak yang tahu, oleh karena itu kamu perlu mengumpulkan banyak kosakata baru atau another way to say … seperti contoh berikut ini.

Cara menyatakan argumen:

  • Moreover …
  • What we have to decide is …
  • I’m convinced that …
  • Some people think that …
  • While admitting that …
  • I don’t quite agree there
  • I’ve never heard of such thing …
  • You’re contradicting yourself …

5. Practice!

Apakah kamu sudah melakukan 4 cara di atas? Jika sudah, kini waktunya untuk practice! Practice! And practice!

Dengan latihan secara rutin, kemampuan bahasa Inggris terutama speaking kamu akan meningkat setiap harinya. Misalnya kamu bisa membuat jadwal untuk berlatih speaking selama 10 menit setiap harinya. Latihan ini bisa dilakukan dengan menelepon teman untuk berdiskusi bahasa Inggris, belajar speaking melalui Youtube, monolog, dan lainnya.

Cara ini merupakan kunci sukses keberhasilan seseorang karena pada dasarnya usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Oleh karena itu jika kamu bersungguh-sungguh meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, maka baik speaking, listening, atau pun writing pasti akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk latih dirimu sekarang juga! 😉

Categories
Bahasa Jepang

Nonton Anime Sambil Belajar Bahasa Jepang? Bisakah? Anime Keren

Apakah kamu gemar menonton anime? Anime adalah animasi khas Jepang yang populer di Indonesia hingga saat ini. Di samping tujuannya sebagai tayangan untuk menghibur penonton, ternyata bagi sebagian orang menyatakan bahwa menonton anime bisa menjadi sarana mereka untuk belajar bahasa Jepang. Apakah benar?

Bagi seorang pemula pasti akan mencari cara bagaimana belajar bahasa Jepang dengan cepat dan mudah. Karena pada dasarnya mempelajari bahasa Jepang secara lisan maupun tulisan cukup sulit. Apalagi dalam bahasa Jepang terdapat tiga jenis huruf, seperti Kanji, Hiragana, dan Katakana, sehingga kita perlu berlatih lebih maksimal.

Berdasarkan hal tersebut, bagaimana cara belajar bahasa Jepang bagi pemula? Apakah bisa belajar hanya dengan menonton anime? Faktanya belajar bahasa asing dari film, drama, musik, maupun anime merupakan media pembelajaran yang menyenangkan.

Jadi, apa saja manfaat menonton anime jepang untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang?

Manfaat anime untuk kuasai bahasa Jepang

1. Memperbanyak kosakata

Mendengar percakapan pada anime merupakan sarana untuk menambah kosakata baru bahasa Jepang. Mempelajari kosakata bahasa Jepang dari anime merupakan metode pembelajaran yang seru melalui audio visual sehingga otak kita akan lebih mudah mengingatnya.

2. Mudah memahami tata bahasa

Seperti bahasa asing pada umumnya, bahasa Jepang memiliki tata bahasanya sendiri. Dengan mendengarkan dialog dan alur cerita pada anime pasti lebih memudahkan kamu memahami tata bahasa yang sering mereka gunakan dalam percakapan bahasa Jepang sehari-hari.

3. Mengerti penempatan bahasa untuk situasi tertentu

Secara visual, anime akan mempraktikkan bagaimana mereka berbicara sesuai dengan kondisi atau situasi tertentu. Nah dari sini kita bisa mengetahui cara menggunakan bahasa yang sopan dan cara berinteraksi dengan teman sebaya.

4. Melatih listening

Poin penting belajar melalui audio visual yaitu bisa melatih kemampuan listening bahasa Jepang. Cara belajar ini pun sangat cocok diterapkan jika kamu memiliki target untuk mendapatkan skor tinggi di bagian listening pada test bahasa Jepang JLPT.

Cara belajar bahasa Jepang dari anime

1. Gunakan subtitle dan hilangkan subtitle

Agar tidak bingung dengan Bahasa Jepang yang sering muncul di anime, dan mengetahui apa arti dari setiap percakapan yang terkandung dalam anime, kamu bisa menggunakan subtitle di awal. Perhatikan kosakatanya dan ingat baik-baik.

Setelah itu kamu dapat kembali menonton anime dengan menghilangkan subtitlenya. Jika kamu lupa dengan arti dari kosakata tersebut, kamu bisa menggunakan subtitlenya kembali dan hilangkan lagi jika sudah ingat.

2. Contoh anime dengen cerita yang ringan

Pasalnya, banyak sekali film anime yang dapat kita temukan. Namun untuk belajar bahasa Jepang, kamu hanya memerlukan genre anime yang ringan.

Rekomendasi anime yang bisa kamu tonton untuk belajar bahasa Jepang di antaranya adalah Shirokuma Café, My Neighbor Totoro, Kiki’s Delivery Service, Kimi no Na Wa, dan K-On!

3. Praktikkan sendiri cara mengucapkannya

Setelah melakukan dua metode di atas, cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan sesekali mempraktikkan cara mengucapkan setiap kosakatanya. Dengan begitu cara ini akan membantu kamu untuk mengingatnya dengan cepat.

Nah sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara belajar bahasa Jepang sambil menonton anime. Jadi bisa disimpulkan bahwa menonton anime merupakan sarana pembelajaran yang seru karena bisa memudahkan kita belajar bahasa asing dengan media audio visual.

Selamat mencoba!

 

Referensi:

https://bahasajepangasik(dot)com/

Categories
Bahasa Korea

Hafalkan Pola Kalimat Ini Biar Makin Jago Bahasa Korea!

Annyeong! Apakah saat ini kamu sedang berlatih cara menulis bahasa Korea? Tentunya kamu harus tahu pola kalimat bahasa Korea agar strukturnya tepat. Bagaimana cara belajar bahasa Korea untuk pemula?

Pada dasarnya, pola kalimat bahasa Korea berbeda dengan pola kalimat bahasa Indonesia. Biasanya pada kalimat bahasa Indonesia kita akan menemukan kata yang diterangkan dan kata yang menerangkan berdasarkan Subjek – Predikat – Objek – Keterangan (SPOK), seperti:

Saya bermain pingpong di lapangan

S              P             O                     K

Nah, berlawanan dari itu pola kalimat bahasa Korea merupakan kebalikannya yaitu kata yang menerangkannya terlebih dahulu baru kata yang diterangkannya. Jadi, bagaimana cara menulisnya?

Susunan pola kalimat bahasa Korea

Untuk membuat kalimat yang baik dalam bahasa Korea perlu mengetahui aturan dasar seperti penempatan SPOK. Karena berbeda dengan bahasa Indonesia, berikut ini pola kalimat yang harus kamu tahu:

  • Bahasa Indonesia: kami makan (S – P)
  • Bahasa Korea: 우리는 먹습니다 (ulineun mokseumnidakami makan) (S – P)
  • Bahasa Indonesia: kami makan nasi (S – P – O)
  • Bahasa Korea: 우리는 밥을 먹습니다 (ulineun bab-beul mokseumnida – kami nasi makan) (S – O – P)
  • Bahasa Indonesia: kami makan di kantin (S – P – K)
  • Bahasa Korea: 우리는 매점에서 먹습니다 (ulineun maejom-eseo mokseumnida – kami di kantin makan) (S – K – P)
  • Bahasa Indonesia: kami makan nasi di kantin (S – P – O – K)
  • Bahasa Korea: 우리는 매점에서 밥을 먹습니다 (ulineun maejom-eseo bab-eul mokseumnida – kami di kantin nasi makan) (S – K – O – P)

Keterangan:

우리는 (kami) = subjek

먹습니다 (makan) = predikat

밥을 (nasi) = objek

매점에서 (di kantin) = keterangan

Kesalahan umum dalam membuat kalimat bahasa Korea

Meskipun terlihat cukup mudah, umumnya masih banyak yang salah saat belajar bahasa Korea, di antaranya yaitu:

Terlalu mengandalkan romanization

Bagi sebagian orang belajar bahasa Korea dari romanization merupakan langkah yang cepat untuk belajar bahasa Korea. Padahal kamu juga harus tahu bagaimana penulisannya dalam bahasa Hangeul agar bisa menyusun pola kalimat dengan benar.

 Kurang mendengarkan percakapan bahasa Korea

Kadang kita akan mengandalkan Google Translate untuk membuat kalimat dalam bahasa Korea. Akan tetapi, kamu juga perlu mendengarkan percakapan bahasa Korea secara langsung seperti melalui drama korea atau film agar dapat memahami bagaimana tata bahasa Korea yang tepat.

 Masih keliru menggunakan pola kalimatnya

Siapa di antara kamu yang masih keliru menempatkan pola kalimatnya? Agar tidak keliru lagi, kamu bisa mencatat dan menghafalkan kembali pola kalimatnya. Kunci utama supaya tidak keliru lagi yaitu dengan berlatih secara rutin untuk membuat kalimat.

Contoh kalimat berdasarkan pola kalimatnya

  • Ayah membaca koran di teras
  • 아빠는 테라스에서 신문을 읽는다
  • appaneun telaseueseo sinmun-eul ilgneunda
  • Ibu membuat kimbap
  • 엄마가 김밥을 만들어요
  • eommaga gimbab-eul mandeul-eoyo
  • Saya sedang bekerja
  • 나는 일하고있다
  • naneun ilhagoissda
  • Apakah kamu bisa berbicara bahasa Korea?
  • 한국말을 할 수 있어요?
  • hangugmal-eul hal su iss-eoyo?
  • Saya seorang karyawan perusahaan
  • 저는 회사원이에요
  • jeoneun hoesawon-ieyo
  • Saya tinggal di apartemen
  • 아파트에 살아요
  • apateue sarayo

Nah berdasarkan materi di atas, apakah sekarang kamu sudah paham bagaimana cara membuat kalimat dalam bahasa Korea? Belajar bahasa Korea itu memang cukup sulit. Kita harus memahami Hangeul dan partikel-partikel dalam bahasa Korea. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik yang sesuai dalam mempelajari bahasa asing dengan mudah dan cepat.

Sama seperti bahasa Inggris, setelah berhasil menghafalkan kosakata, kita perlu menyesuaikannya dengan aturan tata bahasa Korea dengan tepat.

Selamat mencoba! 😉

Categories
Bahasa Spanyol Belajar Bahasa

Cara Perkenalan Diri Dalam Bahasa Spanyol

Pernahkah kamu membayangkan berada di negara Spanyol dan menjajakan kaki di semua destinasi wisata Spanyol yang terkenal eksotis dan mendunia? Sebelum itu, kamu harus bisa berbahasa Spanyol agar dapat berinteraksi dengan orang Spanyol.

Dalam mempelajari bahasa asing yang baru saja kita tekuni memang cukup sulit. Namun, ketika kamu sudah memantapkan tujuan dan motivasi untuk mempelajarinya maka hal ini akan menjadi lebih mudah dan dapat membuat kamu bisa menguasainya secara cepat dan tepat.

Begitu pun dengan mempelajari cara perkenalan diri dalam bahasa Spanyol. Cara ini merupakan langkah awal yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Spanyol?

Cara Cepat Belajar Bahasa Spanyol

1. Sering membaca buku yang bersumber dari bahasa Spanyol
Apa belajar bahasa Spanyol mudah? Tentu saja akan terasa mudah jika kita bisa belajar mandiri secara otodidak. Salah satunya ialah melalui buku-buku yang bersumber dari bahasa Spanyol. Dengan membaca buku tersebut kita dapat meningkatkan kemampuan literasi dari buku, tulisan, cerpen, novel, maupun jurnal dalam bahasa Spanyol.

Bukan hanya meningkatkan wawasan dan pengetahuan saja, dengan mempelajari buku referensi bahasa Spanyol dapat menambah tata bahasa dan kosakata bahasa Spanyol.

2. Belajar dengan menerjemahkan lirik lagu bahasa Spanyol
Apakah kamu memiliki salah satu musisi yang berasal dari Spanyol? Bagaimana dengan lagu yang dibawakan mereka, apakah kamu tahu arti dan maknanya?

Tentu saja ada kalanya kita harus mengetahui arti dari setiap lirik yang dinyanyikan oleh musisi tersebut agar lebih menjiwai ekspresi sang musisi dalam menyanyikannya. Berdasarkan hal ini, kosakata bahasa Spanyol pun akan bertambah.

3. Belajar dengan tutor yang berpengalaman
Cara cepat mahir bahasa Spanyol yang bisa kita lakukan ialah dengan belajar secara langsung dengan tutor berpengalaman. Dengan begitu, kita akan memiliki keleluasaan waktu untuk berlatih cara mengucapkan bahasa Spanyol dalam kehidupan sehari-hari, termasuk cara perkenalan diri dalam bahasa Spanyol.

Cara Memperkenalkan Diri

1. Pelafalan huruf bahasa Spanyol
Sebelum memperkenalkan diri dalam bahasa Spanyol, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara melafalkan hurufnya dengan baik dan benar. Misalnya adalah:
– Huruf “h” tidak dilafalkan
– “ll” dibaca “y”
– “j” dibaca “h”
– “qui” dibaca “ki”
– “c” kadang dibaca “k” atau “s”

2. Frasa sapaan dalam bahasa Spanyol
Untuk menyapa seseorang dalam bahasa Spanyol, kita dapat menggunakan beberapa frasa di bawah ini:
– Halo = Hola
– Selamat pagi = Buenos días
– Selamat sore = Buenas tardes
– Selamat malam/ selamat tinggal = Buenas noches
– Apa kabar = Cómo está?

3. Penggunaan subjek dalam bahasa Spanyol
Saat perkenalan diri dalam bahasa Spanyol, kita juga perlu menggunakan subjek yang tepat, seperti contoh di bawah ini:
– Saya = Yo
– Kamu = Tú
– Anda = Usted
– Kami = Nosotros/Nosortras
– Kalian = Vosotros/Vosotras
– Anda sekalian = Ustedes
– Ia laki-laki = Él
– Ia perempuan = Ella
– Mereka laki-laki = Ellos
– Mereka perempuan = Ellas

4. Contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Spanyol
Ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, kita bisa memperkenalkan diri seperti contoh di berikut:
A: Hola! Buenes tardes (Halo! selamat sore)
B: Buenes tardes, Cómo está? (Selamat sore, apa kabar?)
A: Muy bien, e tú? (Saya baik-baik saja, dan kamu?)
B: Bien, (Baik,)
B: Cómo te llamas? (Siapa namamu?)
A: Yo me llamo Ben, e tú? (Nama saya Ben, dan kamu?)
B: Grace, De dónde eres? (Nama saya Grace, dari mana asalmu?)
A: Yo soy de Indonesia (Saya dari Indonesia)
B: Mucho gusto (Senang bertemu denganmu)

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara perkenalan diri dalam bahasa Spanyol. Yuk kita praktikkan bersama. Selamat mencoba!

Referensi:
www(dot)indonesianoticia(dot)com

Categories
Bahasa Rusia Belajar Bahasa

Rahasia Kilat Belajar Bahasa Rusia Sehari-hari

Mempelajari bahasa Rusia bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu baru saja ingin memulainya. Kenapa bahasa Rusia susah?

Bahasa Rusia adalah bahasa yang termasuk dalam kategori bahasa paling sulit dikuasai. Hal ini karena bentuk dari alfabet bahasa Rusia yang begitu banyak akan membuat pusing bagi para pemula. Pada dasarnya terdapat 33 huruf bahasa Rusia yang disebut sebagai alfabet Kiril.

Bunyi atau intonasi dalam bahasa Rusia pun juga banyak yang berbeda karena kerap diucapkan secara berbeda dari tulisannya. Misalnya adalah хорошо (bagus) yang dibaca khorosho. Dalam penulisan hurufnya pun sering membuat keliru, seperti ш (sha) dan щ (scha).

Selain aturan fonetik bahasa Rusia, kita juga perlu memahami tata bahasa, kata kerja, dan kata kerja gerak dalam bahasa Rusia. Aga kamu lebih mudah menghafalkannya, berikut rahasia kilat belajar bahasa Rusia sehari-hari yang bisa diikuti.

1. Kenali alfabet Kiril

Langkah pertama belajar bahasa Rusia yaitu mengenal bentuk alfabet Kiril. Mulai dari 10 huruf vokal, mengenal 21 konsonan, 1 tanda keras, dan 1 tanda lunak.

Huruf dan cara bacanya pun berbeda dengan bahasa Indonesia atau bahasa asing lainnya. Hal yang perlu kamu lakukan agar cepat menghafalkannya ialah dengan mencatat semua alfabet, huruf latinnya, dan cara membacanya.

Belajar bahasa Rusia dari alfabet Kiril ini mudah kok. Bahkan kamu bisa menghafalkannya dalam 1 hari dengan fokus.

2. Berlatih membuat kalimat dalam bahasa Rusia

Setelah mengenali dan menghafalkan alfabet Kril, kini waktunya untuk menerapkannya dalam sebuah kata dan kalimat. Hal tersulit dalam belajar bahasa Rusia ialah strukturnya. Namun, akan lebih mudah jika penggunaan huruf sudah kamu kuasai dengan benar.

Saat berlatih membuat kalimat dalam bahasa Rusia, pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana membedakan kata benda yang termasuk masculine dan feminine. Cara mudah membedakannya ialah dengan melihat huruf terakhir pada kata tersebut, seperti:

Й untuk kata benda masculine
a atau я untuk kata benda feminine
o atau e untuk kata benda yang neuter
ь bisa feminine atau masculine (tergantung strukturnya)

3. Tonton film dengan bahasa Rusia

Langkah berikutnya ialah dengan mempelajarinya secara otodidak. Cara yang paling asyik memahami bahasa asing yaitu melalui tayangan film favorit dengan bahasa yang ingin kita pelajari. Apalagi jika kamu sudah mengetahui struktur kalimat dan cara pengucapannya maka akan lebih mudah meningkatkan perbendaharaan kosakata melalui film.

4. Pelajari melalui lagu bahasa Rusia

Selain dari film, kamu juga bisa belajar bahasa Rusia sehari-hari sambil mendengarkan lagu berbahasa Rusia. Tentunya jangan hanya didengarkan saja, kamu bisa berlatih cara pengucapan bahasa Rusia sambil menghafalkan lirik lagunya. Asyik kan?

5. Latihan berbicara dengan orang Rusia

Ini adalah rahasia kilat belajar bahasa Rusia sehari-hari. Karena dengan melakukan interaksi dalam pembelajaran akan meningkatkan motivasi serta tantangan tersendiri untuk membiasakan berbahasa Rusia dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin saja dari latihan berbicara bahasa Rusia bisa menjadi jalan kamu mendapatkan jodoh orang Rusia 😀

Selain dengan lima cara di atas, kamu juga bisa belajar bahasa Rusia sehari-hari menggunakan berbagai aplikasi seperti Duolingo, Memrise, busuu, dan yang lainnya.

Pastikan juga untuk memotivasi diri dan kuatkan niat agar teknik belajarmu tidak berhenti di tengah jalan ya… Selamat mencoba! 😉

Referensi:
https://id(dot)rbth(dot)com
https://lister(dot)co(dot)id
https://superprof(dot)co(dot)id

Exit mobile version