9 Hal Yang Membuat Anda Bisa Menguasai Bahasa Daerah dengan Cepat

Belajar Bahasa Feb 20, 2018 No Comments

Jumlah bahasa daerah Indonesia terbilang sangatlah banyak. Pasalnya selain memiliki banyak pulau, suku-suku yang ada di Indonesia juga terbilang sangat banyak. Oleh sebab itu wajar jika bahasa daerah juga sangat beragam.

Maka dari itu, menguasai bahasa daerah di Indonesia menjadi sangat penting, sama pentingnya dengan kursus bahasa inggris online. Sama pentingnya ketika Anda ingin menguasai bahasa Inggris supaya bisa berinteraksi dengan dunia internasional.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Trik Belajar Bahasa Daerah Dengan Cepat

Dengan Anda menguasi bahasa daerah, sudah pasti akan bisa lebih akrab pada saat berkomunikasi dengan masyarakat yang menggunakan bahasa daerah tersebut. Misalnya saja ketika Anda melancong ke Padang, jika Anda bisa bahasa Minang, secara otomatis akan lebih memudahkan Anda ketika berada di daerah tersebut.

Bagi Anda yang ada niatan ingin belajar bahasa daerah yang ada di Indonesia, di bawah ini merupakan beberapa tips belajar bahasa daerah dengan cepat yang bisa Anda coba:

Niat yang kuat

Sebenarnya, supaya berhasil melakukan apapun itu, harus diawali dengan niat yang kuat terlebih dahulu. Supaya bisa memiliki niat yang kuat ini, kuncinya adalah ketahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika sudah dapat menguasinya.

Temukan sisi fun-nya

Banyak yang belum menyadari bahwa ternyata setiap bahasa yang ada di dunia ini mempunyai keunikannya masing-masing. Bahkan terkadang untuk kata yang sama akan memiliki arti yang berbeda antara satu bahasa daerah dengan daerah lainnya.

Pelajari kemiripan dengan bahasa asal Anda

Terkadang ada beberapa kosakata bahasa daerah yang mirip dengan bahasa asal Anda. contohnya saja kata’sampun’ yang dalam bahasa Jawa maupun Bali memiliki arti yang sama, yaitu ‘sudah’.

Manfaatkan media sosial

Dengan kemajuan teknologi seperti ini, Anda harus cerdas dalam memanfaatkannya. Apalagi saat ini sudah banyak sekali media sosial yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya saja seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

Cari teman dari daerah tersebut

Selanjutnya, Anda bisa mencari teman di media sosial dari daerah yang bahasa daerahnya ingin Anda kuasai. Setelah menemukannya, biasakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah tersebut.
Dengan belajar langsung ke yang punya bahasa, sudah pasti akan lebih memudahkan Anda dalam menguasi bahasa daerah tersebut. Ungkapkan saja jika Anda ingin belajar bahasa daerah darinya.

Belajar percakapan untuk situasi khusus

Supaya bahasa daerah yang ingin Anda kuasai bisa dikuasia dengan cepaat, Anda bisa pelajari cara bicara dalam situasi yang khusus. Misalnya saja ketika sedang berada di pasar, ingin menanyakan kabar, atau saat mengorol santai.
Dengan semakin, banyaknya situasi percakapan yang dipelajari serta diri Anda juga mau mempraktikkannya, ini akan sangat membantu mempercepat penguasaan bahasa daerah yang ingin dikuasai.

Dengarkan ketika ada yang berbicara

Jika ada seseorang yang baru berbicara dengan menggunakan bahasa daerah, jangan lupa untuk selalu menyimaknya dengan baik. Setelah itu, jika ada yang membuat Anda kurang paham, jangan pernah malu untuk langsung menanyakannya.

Ulangi apa yang Anda pelajari

Supaya kosakata bahasa daerah yang sudah Anda pelajari tidak lupa, alangkah lebih baiknya jika Anda selalu mengulanginya. Lebih baik lagi jika pengulangan tersebut disertai dengan praktik. Misalnya saja mengucapkan selamat pagi dengan menggunakan bahasa daerah setiap pagi.
Mempelajari bahasa daerah ini menjadi sangat penting terutama bagi Anda yang suka melancong. Dengan menguasi bahasa daerah tempat yang ingin Anda kunjungi, sudah pasti akan sangat berguna selama Anda berada di daerah tersebut.

Menemukan Alasan Yang Kuat

Sebenarnya, hampir semua hal itu tidak bisa Anda kuasai tanpa ketekunan, apalagi Bahasa. Selain ketekunan, diperlukan kebiasaan agar Anda bisa menguasai bahasa daerah tertentu. Dan ada satu hal yang membuat Anda bisa tekun dan akhirnya mampu membiasakan diri untuk menggunakan bahasa daerah tertentu yang Anda pelajari, yaitu alasan yang kuat.

Contoh sederhananya, Anda pasti harus belajar bahasa daerah tertentu, seperti Bahasa Sunda misalnya, jika Anda menikah dengan orang Sunda. Anda perlu bergaul dengan keluarga dari pasangan agar bisa lebih menyatu dalam keluarga tersebut. Dan salah satu caranya adalah dengan menguasai Bahasa. Bisa saja Anda menggunakan Bahasa Indonesia. Namun, ikatan akan lebih erat jika Anda menguasai Bahasa Sunda.

Alasan lainnya misalnya saja bisnis. Apakah Anda memiliki partner bisnis atau ingin berbisnis di daerah tertentu, misalnya saja di Sumatra? Tentu akan lebih lancar bisnis Anda jika Anda menguasai bahasa daerah tersebut.
Jadi, yang penting adalah temukan alasan yang kuat mengapa Anda harus belajar bahasa daerah tertentu. Hal tersebutlah yang akan membuat diri Anda benar-benar terdorong untuk lebih cepat menguasai bahasa daerah.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *