Categories
Bahasa Betawi

40 Kosa Kata Bahasa Betawi Beserta Artinya

Daftar Isi

Suku Betawi merupakan warga asli Jakarta yang memiliki bahasa tersendiri. Bahasa Betawi dikenal dengan logatnya yang khas dan juga pelafalan dari “a” menjadi “e”. untuk Anda yang ingin lebih tahu banyak tentang bahasa Betawi berikut ini berbagai kosa kata untuk belajar bahasa Betawi yang bisa Anda jadikan bekal untuk bisa berbahasa Betawi dengan fasih.

Setidaknya dengan mengetahui berabagai kosa kata dasar akan membuat Anda bisa lebih paham ketika diajak berbicara orang betawi untuk berbicara dengan lebih lancar lagi. Berikut ini berbagai kosa kata yang baik digunakan secara dasar ataupun dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatakan atau mengungkapkan sesuatu yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk pelajaran bahasa Betawi Anda.

[extoc]

Kosa Kata Sehari-hari

  • “bujug buneng” artinya adalah “busyet!, wah!” kata ini merupakan kata yang mengekspresikan ketakjuban pada sesuatu hal tertentu
  • “dableg” artinya “keras kepala” biasanya dituturkan pada orang yang susah untuk diberi pengarahan atau sulit untuk diberi nasihat
  • “bagenin” artinya “biarin saja” supaya tidak mengkhawatirkan sesuatu
  • “jabanin” berarti “layani” biasanya digunakan untuk mengiyakan suatu tantangan
  • “goroh” artinya “bohong” kata sifat jika seseorang tidak mengatakan sesuatu yang benar atau diragukan
  • “awang” artinya “malas” kata sifat untuk menolak atau tidak menginginkan untuk pergi atau akan barang sesuatu
  • “kaga danta” memiliki arti “tidak jelas” untuk menunjuk pada suatu hal yang belum pasti atau tidak jelas bagaimana
  • “keduman” berarti “kebagian” contoh kalimatnya seperti “keduman kaga lu?” yang berarti “kebagian tidak Anda?”
  • “purik” berarti “ngambek”
  • “bader” artinya “bandel” merupakan kata sifat orang yang tidak mau diatur dan sangat nakal
  • “bodo nanan” berarti “bodo amat” dimana orang yang mengutarakan ini artinya tidak mau tau akan berbagai hal baik sebab atau akibat dari sesuatu tersebut
  • “gasik” berarti “cepet” kata seruan dan suruan untuk seseorang bisa bergerak dengan cepat
  • “ilokan ah” artinya “masa sih?” untuk mendapatkan penjelasan kembali akan apa yang dilihat dan didengar
  • “Juntrungan” berarti “sebab musabab”
  • “Ceban” berarti “sepuluh ribu” kata ini biasa digunakan dalam menghitung ataupun dalam pembayaran
  • “cetek” artinya “dangkal”

Photo Credit: noor.hilmi Flickr via Compfight cc

Kosa Kata Dasar Bahasa Betawi Harian

  • “bahenol” berarti “cantik” mengungkapkan keindahan sesuatu
  • “bacot” berarti “mulut” merupakan kata kasar biasa digunakan untuk orang yang lebih muda atau seumuran
  • “eneng” artinya “anak perempuan”
  • “encang” artinya “om” untuk sebutan dari kakak dari orang tua
  • “encing” berarti “paman” sebutan untuk adik dari orang tua
  • “elu” berarti “Anda” digunakan untuk orang yang lebih muda atau seumuran
  • “kedalon” memiliki arti “terlalu lama” keterangan waktu
  • “lepek” artinya “basah kuyup” kondisi sesuatu yang dalam keadaan basah hampir menyeluruh
  • “negong” berarti “belok”
  • “mencla-mencle” artinya “bicara ngelantur” ungkapan untuk seseorang yang bicaranya tidak jelas seperti orang yang ngelantur
  • “meleduk” artinya “meledak”
  • “mindo” berarti “makan nasi dua kali” ketika sudah makan nasi satu kali tapi kemudian makan lagi
  • “ngejeplak” artinya “asal bicara” untuk diungkapkan pada orang yang terus bicara tapi tidak tahu benar atau salah
  • “ngendon” berarti “berdiam diri”
  • “tubruk” artinya “tabrak” yang merupakan kata kerja
  • “begah” berarti “kekenyangan” untuk mengungkapkan jika sudah sangat kenyang setelah makan
  • “bejibun” artinya “banyak” untuk menerangkan suatu hal yang sudah terlalu banyak atau terlalu menumpuk
  • “dedemit” berarti “makhluk halus”
  • “dedengkot” artinya “tokoh atau biang” untuk mengungkap yang paling berperan dalam suatu peristiwa atau bos dari kelompok
  • “empet” artinya “sebel atau benci” untuk mengutarakan perasaan tidak enak dan malas pada seseorang

By Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

15 replies on “40 Kosa Kata Bahasa Betawi Beserta Artinya”

Masih kurang byk bang..

Dedemenan artinya orang yg ditaksirr
Botoh artinya cakep,cantik
Kemonesan /kemenjessan artinya kebisaan atau kemampuan

Maaf yahh bang cuma nambahin doangann

Sehhh makasih neng, enih juga nyambi belajar aye nulisnya. Mudah-mudahan bermanpaat yah Neng. Makasih udah mampirin ke Blog aye. Salam kenal salam Indonesia Raya ya Neng 🇮🇩

Ceban itu bahasa Cina.
Kayak Gotun (5), Captun (10), Jigo (25), Cepek (100), Gopek (500), Seceng (1000), Goceng (5,000), Ceban (10,000) dll

Iya bang, ada cina nya emang, karena betawi sendiri itu akulturasi budaya antara cina, arab, dll. Jadi pasti ada nyampur bahasa lain

Emang iya bang, ada cina² nya karena betawi sendiri itu pencampuran budaya antara cina, arab, dll. Jadi ga heran kalo banyak kata yang diambil dari bahasa asing. Ini cmiiw ya, kalo mau liat kebenerannya sih bisa liat di jurnal atau website resmi budaya betawi sih

Nabun = bakar sampah
Tapi masa iyaa nanya temen gak tau arti “klepus/kelepus dahh”, enyak suka pake bahasa ini kalau suka bercanda wkwkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version