Yuk Rutin Belajar Speaking English 10 Menit Setiap Hari

Bahasa Inggris Mar 02, 2017 No Comments

Selama ini salah satu masalah besar yang dihadapi oleh orang Indonesia saat belajar bahasa Inggris adalah sulit untuk ngomong atau conversation dalam bahasa Inggris. Atau kalaupun sudah bisa, tapi masih kurang lancar.

Untuk itu coba praktekkan cara belajar speaking english yang cepat ini. Kamu hanya perlu mempraktekkan 10 menit setiap hari. Manfaatnya akan terasa untuk meningkatkan kelancaramu dalam berbicara bahasa Inggris.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

1. Telepon Teman 5 menit

Sebelumnya kamu bisa cari teman sebagai partnermu dalam berlatih bahasa Inggris. Lalu berkomitmenlah untuk saling menelpon tiap hari dengan menggunakan bahasa Inggris. Hari ini kamu bisa telepon temanmu itu dan berbincanglah mengenai apa saja yang penting dalam bahasa Inggris. Esoknya, ganti temanmu yang menelpon kamu dan juga mengajakmu berbincang.
Cara ini sangat sederhana tapi bermanfaat besar untuk meningkatkan speaking English-mu.

2. Buka Youtube dan tirukan apa yang dibicarakan


Kamu bisa cari video di Youtube yang berbahasa Inggris dan kemudian kamu bisa tirukan apa yang dikatakannya. Dengan cara ini kamu bisa melatih speaking sekaligus listeningmu dengan cepat.

3. Pelajari kata-kata yang mirip dan ucapkan

Misalnya saja untuk kata “read” dan “red” saat diucapkan terasa mirip. Kamu bisa berlatih bagaimana cara mengucapkannya dengan benar.
Ini akan membuat pronunciation kamu lebih bagus. Sekaligus kamu mengerti bagaimana cara mengucapkan suatu kata dengan tepat.

4. Berlatih bicara di depan kaca

Dengan teks yang sudah kamu siapkan atau mungkin kamu bisa berbicara bebas di depan kaca. Yang penting kamu berbicara dalam bahasa Inggris. Ini penting bukan saja untuk meningkatkan speakingmu, tapi sekaligus untuk melatih kepedeanmu dalam berbicara.

5. Biasakan menggunakan kosakata English

Mulai hari ini kamu bisa biasakan untuk memakai kosakata bahasa Inggris saat bercakap-cakap dalam bahasa Indonesia. Misalnya untuk kata,” at least”, “which is”, “and” dan lainnya.
Secara tidak langsung selain membiasakan berbicara yang tepat, kamu juga akan berlatih bagaimana menempatkan kata-kata tersebut dalam struktur kalimat yang benar.

6. Ubah sikapmu bahwa kamu adalah penutur bahasa Inggris

Kalau selama ini kamu mungkin selalu berpikir sedang belajar bahasa Inggris, coba ubah mentalmu dengan menjadikanmu sebagai orang yang memang berbicara Inggris. Perubahan sikap semacam ini akan berdampak hebat terhadap kemampuan bahasa Inggrismu. Sebab kamu tidak lagi menganggap bahasa Inggris ini sebagai bahasa kedua atau ketiga, tapi bahasa pertama yang kamu ucapkan sehari-hari.
Dengan mental semacam ini, mulai hari ini kamu akan jadikan bahasa utama adalah bahasa Inggris. Artinya, mau bicara apapun yang pertama kali harus keluar dari pikiranmu adalah kata bahasa Inggris.

7. Saat mendengar orang lain berbahasa selain Inggris, selalu kamu pahami dengan bahasa Inggris

Misalnya saja kamu sedang berada di dalam bis Transjakarta dan mendengar orang yang bercakap dalam bahasa Indonesia. Nah, otakmu sekarang tidak lagi mendengarkannya dalam bahasa Indonesia, melainkan dalam bahasa Inggris. Ini akan membuat perkembangan bahasa Inggrismu meningkat pesat

8. Jawab dengan bahasa Inggris

Jika ada yang bertanya padamu dengan bahasa Indonesia, kamu bisa menjawabnya dengan bahasa Inggris. Ini akan melatih cara speaking Englishmu agar lebih baik.
Yang penting jangan takut untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Tidak masalah benar atau salah, yang penting pertama kamu harus berani mengatakannya in English. Jadikan itu sebagai kebiasaan maka speaking Englishmu pun akan makin baik.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *