Yuk Luangkan 10 Menit untuk Belajar Bahasa Minang

Bahasa Minang Aug 14, 2018 No Comments

Bahasa Minangkabau atau yang lebih dikenal dengan bahasa Minang bisa dikatakan sebagai salah satu bahasa daerah di Indonesia dengan jumlah penutur yang cukup banyak, yakni sekitar 6,5 juta jiwa. Bahkan jika diperhatikan, di Indonesia sendiri penutur bahasa Minang tidak hanya ada di Tanah Minang saja, tetapi lebih dari itu, penutur bahasa daerah yang satu ini saat ini sudah tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke, bahkan internasional loh. Jika kamu mencari kursus bahasa inggris di bandung atau kota lainnya, jangan lupa belajar bahasa minang juga ya biar kamu bisa memperkenalkan bahasa ini ke dunia internasional.

Kenapa ya penutur bahasa Minang bisa tersebar dari Sabang hingga Merauke? Karena banyak sekali orang Minang yang merantau ke kota lain atau bahkan pulau lain. Dan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menikah dengan orang dari daerah lain. Misalnya, banyak juga loh orang Jawa yang menikah dengan orang Minang. Hal tersebutlah yang membuat semakin banyak penutur Bahasa Minang di Indonesia.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan banyaknya anak muda Minang yang menggunakan bahasa daerah. Pada dasanya, ini masalah yang sama yang dihadapi oleh beberapa daerah. Lihat saja di Jawa. Banyak anak kecil yang tidak diajari Bahasa Jawa sebagai bahasa daerah dan hanya diperkenalkan Bahasa Indonesia.

Meskipun demikian, tetap saja Bahasa daerah seperti Bahasa Minang dan Jawa masih banyak digunakan bukan? Bahkan, jumlah penuturnya semakin banyak.

Kuasai Bahasa Minang Hanya Dalam Waktu 10 Menit

Bagi kamu yang penasaran maupun bagi kamu yang lagi ada pendekatan dengan orang Minang, jangan pernah merasa ragu atau takut untuk belajar bahasa Minang. Apalagi sebenarnya tidak butuh waktu banyak untuk menguasainya loh.

Kamu hanya butuh meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk dapat menguasainya. Gak percaya? Perhatikan rumus-rumus bahasa Minang di bawah ini supaya kamu bisa cepat menguasainya:

Akhiran /a/ berubah menjadi /o/

Di dalam bahasa Minang, kata dengan akhiran huruf /a/ akan berubah menjadi /o/. Contohnya saja seperti lama menjadi lamo, dua menjadi duo, mata menjadi mato, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akhiran /ng/ menjadi /ang/

Semua kata dengan akhiran /ng/, dalam bahasa Minang akan berubah jadi /ang/. Contohnya saja seperti dinding berubah menjadi dindiang, kucing berubah menjadi kuciang, gunung berubah menjadi gunuang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akhiran /s/ diubah menjadi /h/

Semua kata dengan akhiran /s/, dalam bahasa Minang akan berubah menjadi /h/. Misalnya saja seperti tipis menjadi tipih, lapis menjadi lapih, manis menjadi manih.

Akhiran /us/ berubah menjadi /uih/

Semua kata dengan akhiran /us/, jika dalam bahasa Minang tinggal merubahnya dengan /uih/. Contohnya hapus menjadi hapuih, haus menjadi hauih, lurus menjadi luruih.

Akhiran /as/ berubah menjadi /eh/

Semua kata dengan akhiran /as/, di dalam bahasa Minang akan berubah menjadi /eh/. Misalnya saja seperti panas menjadi paneh, gelas menjadi galeh, dan malas menjadi maleh.

Akhiran /t/ berubah menjadi /k/

Jika Kamu menemukan kata dengan akhiran /t/, maka dalam bahasa Minangnya tinggal diubah dengan huruf /k/. Contohnya saja seperti sakit menjadi sakik, bukit menjadi bukik, tumit menjadi tumik.

Akhiran /ut/ berubah menjadi /uik/

Untuk kata dengan akhiran /ut/, dalam bahasa Miang akan berubah menjadi /at/. Misalnya saja seperti kata takut maka akan berubah menjadi takuik, laut menjadi lauik, dan lain sebagainya.

Akhiran /at/ berubah menjadi /ek/

Kata dengan akhiran /at/, dalam bahasa Minang akan berubah menjadi /ek/. Misalnya saja seperti surat menjadi surek, bulat menjadi bulek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akhiran /uh/ berubah menjadi /uah/

Kata yang memiliki akhiran /uh/, dalam bahasa Minang akan berubah menajdi /uah/. Mislanya saja seperti bunuh menjadi bunuah, penuh menjadi panuah, tujuh menjadi tujuan, dan lain sebagainya.

Akhiran /ur/ berubah menjadi /ua/

Di dalam bahasa Minang dikenal banyak menggunakan diftong (bunyi fokal rangkap). Hal seperti ini juga dialami oleh kata dengan akhiran /ur/, sehingga akan berubah menjadi diftong /ua/. Misalnya saja seperti sumur menjadi sumua, dapur menjadi dapua, kasur menjadi kasua, dan lain-lain.

Akhiran /k/ berubah menjadi /ak/

Untuk semua kata dengan akiran /k/, baik /ik/ maupun /uk/, dalam bahasa Minang akan berubah menjadi /ak/. Contohnya saja seperti titik menjadi titiak, naik menjadi naiak, dan lain sebagainya.

Dengan memperhatikan beberapa rumus yang sudah diulas di atas, dijamin tidak butuh waktu lama bagi kamu untuk bisa menguasai bahasa Minang. Jadi siapa bilang belajar bahasa Minang itu sulit? Justru sebenarnya Bahasa Minang memiliki pola dan struktur yang sederhana sehingga sangat mudah untuk kamu pelajari.

Tentu saja tidak hanya itu saja yang harus kamu pelajari. Masih banyak hal lain juga seperti penguasaan kata kerja dan juga kata-kata benda. Namun, dengan mengetahui konsepnya seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu dijamin bisa lebih mudah untuk menguasai Bahasa Minang. Jadi, siap nih pdkt sama orang Minang?

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *