Ungkapan Dasar Dalam Bahasa Belarus Yang Sebaiknya Pemula Pelajari

Bahasa Belarus Sep 03, 2018 No Comments

Mempelajari Bahasa Belarus secara menyeluruh akan sulit untuk dilakukan. Selain karena bahasanya ditulis dengan huruf Kiril (mirip huruf Rusia), pelafalan katanya juga agak sulit. Dan sayangnya belum banyak kursus bahasa Belarus seperti les bahasa Inggris di Tangerang atau daerah lainnya. Namun tenang saja, kamu tetap bisa mempelajarinya.

Metode Awal Untuk Menguasai Bahasa Belarus

Tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan oleh seseorang, termasuk kamu sendiri. Kesulitan hanya bagian kecil dari sesuatu yang akan memberhasilkan upaya kamu. Khususnya bila kamu belajar bahasa asing.

Saat belajar Bahasa Belarus, kamu memang harus menguasai banyak hal. Selain bagaimana cara mengucapkan kata, kamu juga harus mengetahui bagaimana penulisannya. Apalagi, penulisannya sulit untuk dilakukan karena tidak menggunakan huruf latin.

baju khas belarus

Image Source: bradtguides[dot]com

Di sini, kamu perlu memilih mana yang akan diprioritaskan. Misalnya apakah fokus untuk belajar menulis atau mengucapkan. Memfokuskan pada topik akan memberikan hasil yang sesuai, tentunya bila dibarengi dengan metode yang pas.

Khusus buat pemula, disarankan untuk mengutamakan belajar mengungkapkan sesuatu dalam bentuk lisan, bukan tulisan. Karena kegunaan bahasa yang paling utama adalah untuk berkomunikasi.

Ketika memulai pembelajaran bahasa asing ini, langkah paling awal adalah belajar ungkapan sederhana. Ungkapan ini meliputi salam, kata penunjuk, kata ganti maupun kata benda.

Tidak hanya itu saja, Kamu juga perlu melengkapinya dengan ungkapan untuk memperkenalkan diri. Ungkapan ini setidaknya akan membukakan jalan untuk meningkatkan kemampuan bahasa.

Betapa tidak, kamu bisa langsung mengaplikasikannya dalam dunia nyata. Contohnya adalah berkenalan dengan penutur aslinya. Entah itu berkenalan di jalanan, atau di media sosial.

tarian khas belarus

Image Source: darakchi[dot]uz

Setelah berkenalan, tentu ada banyak kalimat-kalimat sederhana yang biasa diucapkan oleh penutur. Di sini, kamu bisa bertanya tentang maknanya bila tidak dimengerti. Dengan catatan, penuturnya juga bisa bahasa lain sehingga penutur bisa mengajari lebih lanjut.

Kuncinya, beranikan diri untuk mengucapkan. Dimulai dengan menyapa, berkenalan dan seterusnya. Lama kelamaan, berkomunikasi dengan Bahasa Belarus ini akan lancar dan penuh makna (dapat dimengerti lawan bicara).

Ungkapan Dasar Dalam Bahasa Belarus

Untuk pertama kalinya, silahkan hafalkan beberapa ungkapan dasarnya. Supaya lebih mudah, ungkapan yang kamu temukan sudah dituliskan dengan huruf latin. Jadi, kamu tinggal melafalkannya, kemudian cocokkan apakah pelafalannya sesuai atau tidak dengan rajin mendengar pelafalan dari ungkapan tersebut.

Bahasa BelarusArtinya
YaSaya
TyKamu
IDan
MyKami
My aboeKami berdua
YanaDia (perempuan)
EnDia (laki-laki)
YanyMereka
Yany aboeMereka berdua
PryvitanneHai
Dobray ranizySelamat pagi
Dobry dzenSelamat siang
Dobraga vecaraSelamat sore
Dobray nocySelamat malam
ByvayMari
Mane klicyzbNama saya..
AzSaya berasal
Ak spravyApa kabar
Da pabacemaSampai jumpa lagi
Da sustrecySampai nanti
PrabaczeMaaf
Moja byzMungkin
DzakoiTerimakasih
Kali lackaTerimakasih kembali
DobraBaiklah
DaYa
NeTidak
EczAda
NamaTidak ada
MuzcynaLaki-laki
ZancynaPerempuan
SamKeluarga
DzicaAnak-anak
DzadulaKakek
BabulaNenek
BatskaAyah
MatsiIbu
DzadzkaPaman
TsetkaBibi
Vyp'etse shto nebudzApakah kamu mau minum sesuatu
Vy shmat padarozhnichaetseKamu sering bepergian?
Sennya sapraudy gorachaHari ini benar-benar panas
Adkul' vy?Kamu berasal darimana?
Dazvol'tse paznaemits' vas sa spadaromBolehkah saya memperkenalkan kamu dengan bapak?
Kim yy pratsuetseApa pekerjaan kamu?

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *