Trik Cepat Ajarkan Anak Reading Bahasa Inggris Dalam Seminggu I CAN READ

Bahasa Inggris Aug 21, 2018 No Comments

Sebagai orang tua kamu harus punya keyakinan jika anak-anak memiliki kemampuan yang lebih dalam hal belajar. Bahkan banyak hasil penelitian yang mengatakan jika kemampuan anak untuk menyerap materi pembelajaran lebih cepat jika dibandingkan dengan orang dewasa misalnya mengajarkan anak mengucapkan kosakata : I Can Read, I Can Speak, I Can Learn dan lainnya. Maka akan lebih baik jika kamu memasukkan anak pada lembaga kursus bahasa inggris. Jika kamu tinggal di kota-kota besar seperti Surabaya, tentunya mudah bukan mencari tempat kursus bahasa inggris terbaik di Surabaya untuk anak.

Bahkan penulis buku How to Teach Your Baby to Read mengatakan bahawa anak yang otaknya sudah mengalami pembedahan Himspherectomy (membuang separuh fisik otak), secara kemampuan masih bisa memiliki kemampuan sama dengan anak yang otaknya masih normal atau utuh.

Di dalam buku tersebut juga dijelaskan jika sebenarnya mengajarkan membaca pada anak balita sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi lantaran begitu mudah inilah terkadang kamu justru seringkali menunda, mengabaikan, bahkan menyepelekannya sehingga pada akhirnya usia emas ini terlewarkan dan semuanya menjadi terlambat.

Meskipun mudah, bukan berarti kamu bisa sembarangan. Intinya ada hal-hal pokok yang harus dilakukan. Semuanya ini dimaksudkan agar supaya proses belajar reading bisa tercapai sesuai harapan.

Apa Saja Yang Boleh Dilakukan?

Supaya proses belajar reading si kecil bisa berjalan dengan maksimal, ingat beberapa hal berikut ini:

1. Jangan membuat si kecil menjadi bosan dengan belajar lantaran maju terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan kamu terlalu sering untuk memberinya tes.

2. Usahakan untuk tidak memaksa si kecil apapun itu bentuknya. Melakukan hal seperti ini hanya akan menghambat percepatan belajarnya saja.

3. Usahakan untuk tidak mengajarinya huruf terlebih dahulu, sebaiknya ajari si kecil dengan kata-kata terlebih dahulu.

4. Sebisa mungkin ciptakan suasana pembelajaran yang rileks dan nyaman. Jika si kecil baru dalam suasana yang kurang nyaman, sebaiknya tunda dulu pembelajaran reading bahasa Inggrisnya.

5. Sebisa mungkin buat suasana hati si kecil senang serta nyaman saat menerima pelajaran dari kamu.

Belajar Reading Dengan Metode Glen Doman

Baiknya tunda dulu mengajarkan si kecil tentang huruf, pasalnya unsur terkecil dari sebuah bahasa adalah kata, bukanlah huruf. Dan salah satu cara paling efektif mengajarkan anak membaca dalam bahasa Inggris adalah memalui pengenalan kata dengan menggunakan metide Glen Doman. Untuk lebih jelasnya, seperti inilah langkah-langkahnya:

1. Buatlah 15 kata yang dibagi dalam 3 set kategori berbentuk kartu dari karton dan juga spidol. 3 set kategori tadi terdiri dari Set Kategiri A, B, dan C yang berbeda. Misalnya saja Set A adalah nama-nama anggota keluarga, Set B adalah nama-nama buah, dan set C adalah nama-nama hewan.

2. Ambil satu kartu yang paling depan pada tumpukan karton pertama di Set A lalu sebutkan kemudian ajak si kecil menirukannya.

3. Pada hari pertama pelajaran, praktikkan set A tadi maksimal 3 kali.

4. Lalu di hari kedua, set A dilakukan sebanyak 3 kali dan Set B juga 3 kali.

5. Kemudian di hari ketiga, Set A dilakukan sebanyak 3 kali, Set B sebanyak 3 kali, dan Set C juga 3 kali. Dan untuk kari keempat sampai dengan hari keenam, kegiatan pembelajarannya sama seperti di hari ketiga.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

Dalam memprektikkan metode Glen Doman ini, ada beberapa unsur penting yang harus kamu perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Setiap kata yang dibaca maksimal antara 15 sampai dengan 25 kali. Setelah itu, kata harus kamu ganti dengan yang lain. Triknya seperti ini, setelah hari keenam, kamu ambil satu kata dari setiap set lalu ganti dengan kata yang baru. Misalnya kalimat pertama yang bisa dicoba : I Can Read, kemudian I Can Speak dan bisa juga I Can Learn

2. Kemudian setiap satu set yang sudah kamu bacakan selesai, langsung diacak saja. Hal seperti ini dimaksudkan supaya si kecil tidak bisa menebak urutan katanya.

3. Yang terkahir adalah jangan pernah untuk mengulang kata yang sebelumnya sudah pernah kamu bacakan.
Yang perlu kamu ingat dalam hal ini adalah jangan sampai kamu terlambat dan tidak memaksimalkan usia emas untuk mengajarkan si kecil banyak hal. Termasuk diantaranya adalah belajar reading bahasa Inggris.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *