Traveling Ke Lombok! 7 Sapaan Dalam Bahasa Sasak Ini Akan Sangat Anda Butuhkan

Bahasa Sasak Nov 21, 2017 No Comments

Bisa dikatakan bahwa bahasa Sasak ini sedikitnya harus Anda kuasai saat ada rencana ingin berlibur ke Lombok. Salah satu pulau di Indonesia yang beberapa tahun belakang ini mulai terkenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia.

Traveling ke Lombok mungkin tidak banyak digembor-gemborkan sebagaimana tetangganya, yaitu pulah Bali. Tetapi meskipun demikian, faktanya banyak orang Indonesia yang lebih memilih berlibur ke Lombok dibandingkan ke Bali dikaranakan alasan-alasan tertentu.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Beberapa alasan yang menjadikan banyak masyarakat Indonesia lebih memilih Lombok dibandingkan bali adalah lantaran dari segi harga hotel, makanan, dan juga atraksi hiburan seringnya lebih murah.

Bukan hanya itu saja, destinasi-destinasi wisata di Lombok umumnya masih belum banyak tersentuh oleh perkembangan komersial seperti halnya vila, toko souvenir, bar yang umumnya sangat mudah Anda temui saat berkunjung ke Bali.

Bahasa Daerah Lombok

Supaya tidak kebingungan saat traveling, minimal Anda harus tahu sedikit bahasa keseharian daerah yang ingin Anda kunjungi. Misalnya saja pada saat Anda ingin berlibur ke Lombok, tahu sedikit bahasa Sasak sangat penting untuk dilakukan.

Bahasa Sasak ini umumnya digunakan dipenjuru Lombok serta memiliki berbagai macam dialek yang berbeda pula di setiap pulaunya. Selain bahasa Sasak, bahasa Indonesia juga setidaknya dimengerti oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, di beberapa daerah yang memang belum berkembang, bahasa Indonesia ini belum mesti digunakan bahkan ada yang tidak mengerti sama sekali. Bahasa Inggris juga banyak digunakan di area wisata seeprti halnya di penginapan dan terkadang bahasa Eropa juga digunakan oleh mereka yang bergerak dibidang pariwisata, salah satunya bahasa inggris. Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan mengikuti les bahasa Inggris di Bekasi.

7 Bahasa Sasak Yang Harus Anda Kuasai Saat Berkunjung Ke Lombok

Setelah siap dengan semua barang yang harus dibawa saat berlibur ke Lombok, kini saatnya belajar sedikit bahasa Sasak. Kenapa? Hal seperti ini dimaksudkan supaya Anda bisa mudah beradaptasi dengan masyarakat setempat.

Berkunjung ke suatu tempat, mau tidak mau Anda harus berinteraksi dengan masyarakat setempat. Adat serta budaya yang berbeda sudah pasti akan menghadirikan beragam cerita tersendiri. Termasuk di dalamnya adalah terkait dengan bahasa setempat.

Perlu Anda ketahui, masyarakat Loobok yang pada dasarnya sudah ramah, akan menjadi lebih ramah lagi kepada Anda ketika diajak berkomunikasi dengan menggunakan bahasa kesehariannya.

http://www.thelombokguide.com/

Namun di sisi lain tentunya tidak mudah untuk mempelajari bahasanya tersebut. Dan yang pasti jika harus belajar sampai menguasai bahasa daerah Lombok tentunya tidak memungkinkan.

Namun setidaknya Anda harus tahu sedikit beberapa bahasa keseharian masyarakat Lombok yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Ini sangat penting untuk dilakukan lantaran sudah pasti nantinya Anda akan bersinggungan langsung dengan penduduk setempat.

Berikut ini adalah beberapa kata dalam bahasa Sasak yang minimal harus Anda kuasai saat ingin berlibur ke lombok. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Tabik

http://www.ramblers.org.uk/

Tabik ini artinya adalah ‘permisi’. Kata ini sering digunakan pada saat sedang berjalan melewati sekumpulan masyarakat Sasak. Dengan mengucapkan kata tabik ini, sudah pasti akan membuat mereka yang sedang Anda lewati tadi merasa dihargai. Tabik ini bisa dibilang sebagai sapaan sopan santun.

2. Silaq

Silaq ini memiliki arti ‘silahkan’. Sapaan seperti ini akan sangat pas jika dipakai pada saat Anda ingin pamit meninggalkan sebuah obrolan ataupun bisa juga ketika Anda ingin mempersilahkan teman suku Sasak untuk melakukan sesuatu.

3. Tampi Asih

https://pathways.org/

Tampi asih ini memiliki arti ‘terima kasih. Dan penggunaan bahasa Sasak tampi asih ini sama halnya dengan penggunaan ‘terima kasih’ yang berlaku di masyarakat Indonesia pada umumnya.

4. Ampurayang

Ampurayung ini memiliki arti ‘maaf’. Selain itu, kata ampurayung ini dari segi pemakaiannya juga sama dengan pemakaian kata ‘maaf’ yang berlaku di masyarakat Indonesia pada umumnya.

5. Nggih

Nggih ini memiliki arti ‘iya’. Nggih ini tergolong sebagai bahasa Sasak dalam versi halus atau lebih sopan. Sama halnya dengan bahasa daerah pada umumnya, kata nggih ini diucapakan untuk menghormati orang lain.

6. Ndek Kembe-kembe

http://footage.framepool.com/

Ndek kembe-kembe ini memiliki arti ‘tidak apa-apa’. Ndek kembe-kembe ini bisa digunakan ketika ada seseorang yang meminta maaf lantaran sudah melakukan hal-hal kecil yang menyebabkan Anda kurang nyaman.

7. Sampun

Sampun ini memiliki arti ‘sudah’. Bahasa Sasak yang satu ini seringnya digunakan untuk menjawab pada saat Anda ingin menolak tawaran dari seseorang secara halus ataupun ketika Anda ingin menjawab pertanyaan tentang sudah atau belum mengerjakan sesuatu.

Supaya liburang Anda lebih menyenengkan, minimal menguasai sedikit bahasa daerah tempat yang Anda kunjungi sangat penting untuk dilakukan. Jangan lupa ketika Anda ingin berkunjung ke Lombok, minimal Anda harus menguasai 7 bahasa Sasak yang sudah di ulas di atas tadi.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *