Tips Orang Tua Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Bahasa Inggris Aug 21, 2018 No Comments

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak usia dini tentu saja bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Sehingga banyak para orang tua yang masih merasa kesulitan pada saat mengajarkan bahasa Inggris pada anak usia dini. Kamu sebagai orang tua bisa menggunakan jasa les privat bahasa inggris di Bandung atau dimanapun kamu tinggal untuk menunjang pendidikan bahasa inggris mereka.

Nah, bagaimana ya caranya kita sebagai orang tua dapat membantu anak dalam belajar bahasa inggris? Mengingat bahwa tidak ada yang instan dalam belajar bahasa Inggris. Mustahil jika bahasa Inggris bisa dikuasai secara cepat. Seperti halnya kebanyakan iklan yang menjanjikan 1 minggu atau 1 bulan sudah mahir berbahasa Inggris.

Cara Efektif Mengejarkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

banhasa inggris sejak dini

Berbeda dengan beberapa metode yang lebih menanamkan persepsi bahwa bahasa Inggris sebagai knowledge dan life skill, pada anak usia dini sebaiknya pilihlah metode yang lebih mengutamakan long term memory. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah:

Penuh Kesabaran

Target pengajaran yang dimaksud di sini tidak hanya kesabaran saja, tetapi pembelajaran bahasa Inggris harus simple, fun, dan fresh. Sebab anak usia dini ini lebih cepat merasa bosan dengan rutinitas yang monoton.

Fokus pada Input bukan Melulu Output

Yang perlu dipahami adalah proses belajar merupakan waktu yang panjang untuk si kecil menerima berbagai macam materi pelajaran dan anak akan semakin bertambah kekuatan masa belajarnya dengan cara melakukan pembiasaan serta konsistensi. Dengan demikian, hasil yang bisa didapatkan juga akan lebih optimal jika dibandingkan dengan belajar cepat.

Materi Pembelajaran

Terkait dengan materi pembelajaran yang kamu ajarkan, sebaiknya ajarkan si kecil sebanyak-banyaknya kosakata yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitarnya, misalnya saja seperti makanan dan minuman, binatang, buah, kendaraan, keluarga, dan lain-lain.

Media Pembelajaran

Jangan lupa juga untuk menggunakan media pembelajaran. Hal seperti ini dimaksudkan supaya si kecil menjadi semakin aktif dan kreatif. Misalnya saja seperti flashcard, papan permainan, CD interaktif yang edukatif, dan banyak lagi yang lainnya.

Langkah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Untuk anak usia dini, sebaiknya langkah pembelajarannya juga harus yang bisa membuatnya nyaman dan mudah untuk dipahaminya. Misalnya saja seperti ini:

1. Melibatkan anak untuk mengasah kemampuannya dalam hal mendengar (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking). Untuk itu pilihlah metode yang sekiranya di dalamnya ada keempat kompetensi tadi, contohnya saja seperti metode story telling.

2. Ajarkan si kecil beberapa ungkapan sehari-hari di dalam bahasa Inggris, misalnya saja seperti good morning, how are you?, what your name? Dan lain sebagainya. Selain itu, ajarkan juga beberapa ungkapan lain berupa perintah sederhana maupun sapaan, contohnya sit down please!.

3. Selalu ulang setiap kalimat supaya si kecil bisa mengingat pada waktu yang lama. Apalagi anak usia dini daya ingatnya lebih tajam jika dibandingkan dengan orang dewasa. Jadi anak usia dini seperti ini butuh proses pembelajaran yang praktis, konsisten, dan diulang.

4. Jangan lupa untuk memberinya reward sebagai hadiah supaya semangat belajarnya semakin termotivasi. Tetapi perhatikan juga untuk tidak terlalu berlebihan dalam memberikan reward ini.

Yang perlu diingat dalam hal ini adalah anak usia dini ini memiliki potensi yang sangat besar dalam hal belajar. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk mulai mengajarkan apapun itu adalah pada saat usia ini. Termasuk diantaranya adalah belajar bahasa Inggris.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *