Tips Liburan ke Padang: Bahasa, Sapaan dan Tempat Favorit

Bahasa Minang Nov 21, 2017 No Comments

Belajar beberapa percakapan dalam bahasa Minang mungkin saja akan sangat membantu Anda selama berlibur ke Sumatera Barat. Pertanyaannya sekarang adalah apa saja kamus saku percakapan yang minimal harus dipelajari?

Sudah sejak lama Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu provinsi Indoensia yang dikenal dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Bahkan, Sumatera Barat bisa dibilang menjadi salah satu rekomendasi liburan paling favorit di Indonesia.

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Sebab Sumatera Barat ini dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi yang menarik banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Anda bisa memanfaatkan faktor ini dengan mempelajari bahasa Inggris dan menjadi tour guide atau semacamnya, Anda bisa mengikuti les bahasa Inggris di Padang. Supaya tidak bingung, berikut ini adalah 5 tempat wisata terpopuler yang ada di Sumatera Barat.

1. Danau Singkarak

katalogwisata.com

Danau Singkarak ini bisa dikatakan sebagai danau kedua terbesar di Sumatera setelah danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan danau Toba, tidak mengherankan jika danau Singkarak semakin populer dikalangan para traveler.

Apalagi setelah diadakannya lomba sepeda tingkat Internasional yang diberi nama Tour de Singkarak, menjadikan danau yang satu ini semakin dikenal oleh para wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

2. Danau Maninjau

pegipegi.com

Danau Maninjau ini dikenal sebagi salah satu danau dengan pemandangan paling eksotis di Sumatera Barat. Yang membuat menarik dari danau ini adalah dikelilingi olah banyak bukit.

Bahkan menariknya lagi, salah satu bukit yang mengelilingi danau Maninjau ini dijadikan sebagai lokasi untuk olahraga paralayang. Dengan ini, Anda bisa menikmati keeksotisan pemandangan danau Maninjau dari ketinggian.

3. Jam Gadang

blogspot.com

Selain menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat, menara jam yang terlatak di tengah kota Bukittinggi ini kental dengan nilai sejarah di dalamnya. Jadi sejarahnya adalah jam besar yang terpasang pada jam Gadang tersebut merupakan kembaran dari jam yang terdapat pada Menara Big Ben London. Dan jam ini merupakan hadiah dari ratu Belanda pada zaman penjajahan dulu.

4. Air Terjun Lembah Anai

lihat.co.id

Air terjun Lembah Anai ini merupakan lokasi wisata yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Dan menariknya lagi, Lembah Anai ini merupakan sebuah kawasan konservasi cagar alam yang sudah ada semenjak zaman kolonial Belanda.

5. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak ini mulai dikenal semenjak masuk dalam film dokumenter yang diproduksi oleh salah satu stasiun televisi dari Jerman. Dari situlah kemudian pulau ini mulai dikenal oleh orang-orang dari Eropa.

Kata Sebutan Dalam Bahasa Minang

Kata sebutan di sini maksudnya adalah jika Anda ingin menyebut seseorang maupun diri Anda sendiri dengan menggunakan bahasa Minang. Di bawah ini adalah beberapa kata sebutan yang mungkin akan sangat berguna selama Anda traveling ke Sumatera Barat:

1. Uda. Uda ini merupakan sebutan hormat untuk laki-laki yang lebih tua. Jadi ketika Anda ingin menyapa laki-laki yang lebih tua ketika berada di Tanah Minang, ucapkan saja dengan Uda.

2. Uni. Jika Uda adalah sebuatan untuk laki-laki yang secara umur lebih tua dari Anda, maka Uni ini merupakan sebutan hormat untuk wanita yang secara umur lebih tua dari Anda.

3. Awak. Awak ini merukan sebutan untuk diri sendiri yang lazim digunakan dalam bahasa Minang.

4. Wa Ang. Wa Ang ini adalah sejenis sebutan kasar untuk seseorang. Jadi jangan sampai Anda menyebut seseorang yang Anda temui dengan sebuta Wa Ang ini.

5. Denai. Ketika orang Minang ingin menyombongkan dirinya sendiri, maka umumnya bukan menggunakan Awak tetapi menggunakan Denai. Jadi Denai ini adalah sebuatan untuk diri sendiri agak sombong.

6. Kau. Kau adalah sebutan untuk perempuan yang sedikit kasar. Oleh sebab itu jangan sekali-kali Anda menggunakan sebutan ini selama berada di Tanah Minang.

7. Apak. Apak adalah sebutan yang digunakan untuk menyebut laki-laki yang sudah tua. Sedangkan untuk menyebut perempuan yang sudah tua menggunakan sebutan Amak.

Beberapa Percakapan Rutin Saat Traveling Ke Sumatera Barat

Pada saat Anda berlibur ke Sumatera Barat, ada beberapa percakapan rutin dalam bahasa Minang yang mungkin sangat Anda butuhkan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Bara harago ciek iko yang artinya adalah berapa harga satu ini. Jadi kalimat ini sangat penting ketika Anda ingin menawar atau membeli sesuatu.

2. Iko jalan ka maa yang artinya adalah ini jalan ke mana. Jadi jika Anda tersesat atau ingin menanyakan tempat gunakan saja kalimat ini.

3. Jika Anda ingin mengatakan bahwa Anda ingin ke bandara maka ucapkan saja Ambo nio pai ka bandarai.

4. Jika ingin bertanya berapa harga rental mobil sehari, ucapkan saja Bara rental oto sahari.

5. Ketika Anda ingin menanyakan hotel yang paling dekat dengan lokasi Anda, maka ucapkan saja Di maa hotel nan dakek dari siko.

6. Jika Anda ingin menanyakan berapa yang Anda harus bayar, ucapkan saja Bara bayia nyo.

7. Jika Anda ingin meminta barang yang Anda tawar dikurangi harganya, ucapkan saja kurangi haragonyo.

Itulah beberapa tempat wisata terkenal yang ada di Sumatera Barat dan juga beberapa bahasa Minang yang mungkin Anda butuhkan saat berlibut ke Sumatera Barat.

Jhonny Ingglis

Heyy… if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *