Tips Ini Bisa Membantu Dalam Belajar Bahasa Tagalog

Bahasa Filipina , Bahasa Tagalog Feb 21, 2018 No Comments

Anda berniat untuk menghabiskan masa libur di Filipina? Setidaknya Anda harus menguasai Bahasa Tagalog walaupun hanya sedikit. Belajar Bahasa Tagalog bisa memudahkan Anda saat berlibur ke Filipina selain itu pilihan untuk ikut kursus bahasa inggris online menjadi alternatifnya. Karena bahasa ini adalah bahasa resmi di negara tersebut. Untungnya, ada beberapa kesamaan bahasa tersebut dengan Bahasa Indonesia.

Kesamaannya terletak pada beberapa kosakatanya. Namun begitu, Anda tidak bisa menganggapnya enteng. Pasalnya, ada konjugasi yang akan mempengaruhi makna dari sebuah kata/kalimat.
Apa Itu Konjugasi?

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Konjugasi adalah sebuah tasrifan kata. Maksudnya adalah perubahan bentuk dari sebuah kata. Baik itu perubahan bentuk kata kerjanya ketika digunakan sebagai kalimat aktif maupun pasif.

Perubahan ini nantinya akan mempengaruhi maknanya. Dan dalam Bahasa Tagalog, konjugasi ini juga tersedia. Bisa dilihat dari perubahan kata kerja yang menunjukkan waktu sekarang maupun lampau.
Contohnya adalah kata Kain merupakan bentuk kata dasar berarti makan. Kata ini akan berubah menjadi Kinain (dimakan, sudah dimakan), dan berubah menjadi Kinakain (sedang dimakan).
Perubahan ini yang sebaiknya dipahami oleh para pelajar. Untungnya, pelafalan kata ini tidak begitu menyulitkan. Karena pengucapannya hampir sama dengan apa yang tertera dalam tulisan.

Cara Belajar Cepat Bahasa Tagalog

Meskipun dikatakan ada perubahan bentuk kata kerja dan semacamnya, Anda tetap bisa mempelajarinya dengan cepat. Metode yang paling pas untuk mempelajarinya adalah dengan menghafal kalimat atau frase secara langsung.
Dan menghafal ini perlu diimbangi dengan mempraktekkan kalimatnya. Misalnya dengan mengucapkan dengan nada yang keras. Pastikan juga untuk mengasosiakan kalimat tersebut dengan tindakan nyata semisal mau memegang, Anda ucapkan kalimat tersebut dengan menggerakkan tangan/memegang sesuatu dengan tangan.

Dengan menghubungkan pengucapan dengan suatu tindakan, maka Anda akan cepat memahami. Bahkan, Anda akan mengingat kalimat tersebut sesaat Anda melakukan tindakan tertentu yang sudah ditandai.
Nah, untuk tahapan belajarnya, mulailah dengan memahami kosakata harian. Contohnya adalah kalimat sapaan, kalimat bertanya, serta kata ganti. Pastikan juga untuk menyesuaikan kalimat tersebut dengan waktunya atau tindakannya.

Kosakata Bahasa Tagalog Dan Artinya

Tentu Anda tidak bisa menguasai seluruh kosakatan Bahasa Tagalog hanya dalam hitungan jam. Butuh waktu yang sangat lama untuk bisa hafal semua kosakata Bahasa Tagalog. Akan tetapi, setidaknya ada kosakata penting yang harus Anda hafalkan sebelum menginjakkan kaki di Filipina.
Untuk memulai belajar, mulailah dari belajar hal paling sederhana. Mulai dari bilangan, kalimat sapaan dan kalimat yang umum diucapkan oleh penutur Bahasa Tagalog ini.

Tabel kosakata berkaitan dengan bilangan.

Bahasa Tagalog Bilangan

Artinya

Wala 0
Isa 1
Dalawa 2
Tatlo 3
Apat 4
Lima 5
Anim 6
Pito 7
Walo 8
Siyam 9
Sampu 10
Labing isa 11
Labing dalawa 12
Dalawampu 20
Dalawampu’t isa 21
Dalawampu’t dalawa 22
Tatlumpu 30
Apatnapu 40
Limampu 50
Animnapu 60
Pitumpu 70
Walumpu 80
Siyamnapu 90
Isang daan 100
Isang ibo 1000

Ada satu rumus yang harus Anda ketahui. Setiap di atas bilangan puluhan, Anda tinggal menambahkan bilangan yang diinginkan dibelakang bilangan puluhan tersebut. Misalnya bilangan 31, maka cara bacanya menjadi tatlumpu isa. Begitupun 41, bacanya adalah apatnapu isa.

Tidak hanya angka saja yang harus Anda kuasai. Sebaiknya juga Anda hafalkan ungkapan sederhana yang sering digunakan. Berikut ini tabel kosakata Bahasa Tagalog harian.

Bahasa Tagalog harian

Artinya

Hello Halo, hai
Mangandang umaga Selamat pagi
Mangandang hapon Selamat siang
Mangandang araw Selamat sore
Mangandang habi Selamat malam
Paalam Selamat tinggal
Oo Ya
Hindi Tidak
Sa uulitin Mari
Salamat Terimakasih
Walang anuman Terimakasih kembali
Excuse me Permisi
Paunmanhi Maaf
Kumusta ka Apa kabar
Mabuti naman Baik-baik saja
Napakagaling Sangat baik
Kinagagalak kong makilala ka Senang bertemu anda
Kita tau mamaya ha Sampai ketemu
Anong pangalan mo Siapa nama anda
Ang pangalan ko ay Nama saya adalah
Sino siya Siapa dia
Tulung Tolong

Itulah beberapa kosakata yang biasa digunakan di tiap harinya. Mulailah untuk memahaminya, dan praktekkan di waktu belajar. Lakukan pengulangan, maka Anda akan terbiasa untuk membahasakan. Baru setelahnya, tingkatkan dengan kosakata berbentuk kalimat supaya Anda mahir menggunakan Bahasa Tagalog ini.

Berlibur di Filipina itu berbeda dengan berlibur di tempat yang lain. Anda tahu kenapa? Karena tidak semua orang Filipina mampu berbahasa Inggris sekalipun mereka berada di pusat kota atau dekat dengan tempat wisata. Sangat repot sekali jika Anda tidak bisa berkomunikasi dengan orang lokal.

Setidaknya, dengan pengetahuan dasar tersebut di atas, Anda bisa lebih mudah mengucapkan kata dalam Bahasa Tagalog. Download kamus Bahasa Tagalog di smartphone Anda untuk berjaga-jaga ketika Anda harus bertanya kepada orang lokal yang kebetulan sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *