Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Harus Ikut Kursus

Bahasa Inggris Feb 19, 2018 No Comments

Inggris merupakan bahasa International. Menguasainya akan sangat membantu dalam meraih apa yang Anda inginkan. Diantaranya adalah supaya bisa sukses memasuki perguruan tinggi, sampai sukses memperoleh pekerjaan yang diingini.

Faktanya, sekalipun anak sekolah sudah diajari Bahasa Inggris mulai SMP bahkan mulai SD, banyak yang ketika sudah lulus SMA tidak mampu berBahasa Inggris (padahal cara yang paling mudah adalah untuk ikut kursus bahasa inggris online
). Ini berarti ada yang salah dengan cara belajar Bahasa Inggris yang mereka lakukan.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

Mungkin Anda salah satu orang yang merasa gagal belajar Bahasa Inggris karena sampai saat ini belum fasih berBahasa Inggris. Di era yang serba terbuka ini, komunikasi menjadi sangat penting. Bahkan, hampir semua perusahaan, terutama perusahaan multinasional ingin semua pegawainya harus bisa Bahasa Inggris secara aktif.
Belajar Bahasa Inggris ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh. Mulai dari belajar di tempat kursus, sampai belajar mandiri.

Belajar di tempat kursus bisa menjadi pilihan yang bagus. Dengan mengikuti les private, Anda akan memperoleh wawasan baru dalam berbahasa. Hanya saja, Anda perlu mengeluarkan biaya dan perlu menentukan tempat les yang bagus.

Apabila Anda kesulitan untuk menemukannya, masih ada kesempatan bagus untuk mempelajarinya. Salah satunya adalah dengan belajar sendiri di rumah. Tentunya, kerja keras yang akan menentukan hasil belajar Anda.
Buat Anda yang ingin belajar sendiri di rumah, ada beberapa kiat yang bisa memberhasilkan. Seperti apa kiat suksesnya?

Persiapkan Materi Bahasa Inggris Untuk Beginner

Ada beberapa level dalam mempelajari Bahasa Inggris ini. Diantaranya adalah level beginner, intermediate dan advanced. Anda yang baru belajar tentu perlu masuk ke level beginner. Materinya akan cocok untuk mengawali pelajaran Bahasa Inggris.

Sementara bila sudah menguasainya, tingkatkan ke level intermediate dan advanced. Untuk memasukinya, Anda memang butuh waktu. Jadi, bersabarlah dan tetap jaga ketekunan supaya cepat berhasil.
Untuk mengawalinya, silahkan cari materi dasar. Materi ini bisa berupa bilangan, ungkapan sapaan, sampai cerita ringan yang berBahasa Inggris.

Buatlah daftar tentang bilangan dan artinya.

Begitupun dengan ungkapan sapaan setiap harinya, serta cerita ringan tersebut. Materi ini bisa didapatkan di internet ataupun di toko buku.

Namun, jangan sekali-kali Anda menghafalkan semua kosakata dasar. Kuncinya adalah praktikkan.
Luangkan Waktu Untuk Praktek Di Rumah

Ada sekitar 24 jam di tiap harinya. Anda bisa membagi waktunya untuk aktifitas harian, istirahat dan belajar.
Untuk waktu belajarnya, Anda perlu memutuskan kapan harus memulainya. Misalnya, Anda meluangkan waktu sekitar 30 menitan di pukul 7 malam. Yang pasti, jangan sampai larut malam karena berdekatan dengan waktu istirahat.

Selama 30 menitan, usahakan untuk mempraktekkannya. Praktek ini bisa dilakukan dengan mengulang-ulang kalimat yang dipelajari. Entah itu belajar dan mengulang bilangan, kalimat sapaan dan lain sebagainya.
Pada satu kesempatan, cobalah untuk membaca sebuah narasi cerita atau bentuk percakapan. Ini bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu. Tentunya, pahami dan bacalah dengan suara lebih keras.

Ulangi kalimat yang ada dalam sebuah cerita. Lambat laun, Anda akan mulai otomatis dan fasih dalam melafalkan. Malahan, Anda memahami apa yang dimaksud dari percakapan atau narasi tersebut.
Tidak hanya mengulang bacaan, Anda juga perlu mengupayakan untuk menulis dalam Bahasa Inggris. Tulislah kalimat sederhana. Baik itu yang sudah Anda pelajari, ataupun yang belum. Contohnya adalah menulis diari tentang aktifitas selama seharian.

Anda ingin merasa lebih tertantang lagi? Anda bisa coba cara yang satu ini. Setiap hari, usahakan Anda membaca entah itu artikel, cerita, berita, atau apapun yang membuat Anda tertarik. Jika Anda suka dengan bola, baca berita terbaru tentang klub sepakbola yang Anda favoritkan. Tentunya dalam Bahasa Inggris. Pahami lalu jelaskan lagi berita tersebut dengan Bahasa Anda sendiri. Tentu cara menjelaskan berita tersebut akan berbeda dengan apa yang ditulis di dalam berita. Dan itulah yang membuat Anda sangat cepat menguasai Bahasa Inggris secara aktif.

Rajinlah Nonton Movie BerBahasa Inggris

Menonton film berBahasa Inggris bisa membuat sensistifitas pendengaran lebih bagus. Kegiatan ini juga akan bagus untuk mempelajari bagaimana cara Anda melafalkan kalimat. Kemudian, Anda juga terbantu tentang bagaimana berekspresi dengan kalimat tersebut.

Cara yang pertama dilakukan bisa dengan menonton film beserta subtittlenya. Baik itu subtitle Indonesia ataupun subtitle inggris. Jika Anda sudah memahami alur ceritanya, coba sekali lagi untuk menontonnya tanpa menggunakan subtitle.
Latihlah pendengaran, kemudian cobalah untuk mengikuti beberapa kalimat yang diucapkan. Cara ini terbilang sangat ampuh. Pasalnya, Anda secara langsung terjun dalam situasi yang nyata dalam penggunaan bahasa tersebut.

Kesimpulannya, penyediaan materi yang sesuai dan praktek setiap harinya akan sangat membantu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Jadi, sudah siapkah Anda untuk belajar Bahasa Inggris secara mandiri?

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *