Tidak Sulit Menguasai Bahasa Lampung, Seperti Ini Rahasianya

Bahasa Lampung Aug 23, 2018 No Comments

Langkah jitu untuk menguasai bahasa Lampung adalah dengan cara mempelajari lebih dulu percakapan bahasa Lampung sehari-hari. Yang dalam bahasa Inggris sering disebut dengan istilah Daily English Conversation. Nah kamu bisa mencari kursus bahasa Inggris di Depok yang bagus atau pun di daerah lainnya, asalkan bagus ya!

Belajar bahasa Lampung sehari-hari ini dimaksudkan untuk mempercepat pemahaman atau penguasaan kamu terhadap bahasa Lampung itu sendiri. Sehingga diharapkan kamu bisa lebih cepat lagi menguasai bahasa Lampung.

Belajar Bahasa Lampung Sehari-hari

tugu selamat datang lampung

Image Source: duajurai[dot]co

Cara cepat menguasai bahasa Lampung salah satunya bisa dengan cara menguasai bahasa Lampung sehari-hari. Oleh sebab itu, bagi kamu yang saat ini baru belajar bahasa Lampung, kamu sudah melakukan hal yang benar.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Presentase kamu untuk bisa cepat menguasai bahasa Lampung juga akan semakin besar lagi. Pasalnya langkah pertama yang kamu tempuh sudah sangat tepat. Dan ketika sudah bisa memahami bahasa Lampung sehari-hari seperti ini, tugas kamu tinggal mengembangkannya.

Di dalam bahasa Lampung, untuk menyebut ‘saya’ bisa menggunakan ‘ikam’ atau ‘nyak’. Tapi yang perlu diperhatikan adalah meskipun secara arti keduanya sama tetapi dalam hal penggunaannya berbeda.

Untuk kata ‘ikam’ ini umumnya digunakan ketika kamu sedang berbicara dengan seseorang yang secara usia lebih tua dari kamu. Sedangkan untuk kata ‘nyak’ ini umumnya digunakan ketika kamu sedang berbicara dengan orang yang lebih muda.

Sedangkan untuk menyebut ‘Kamu’, di dalam bahasa Lampung bisa menggunakan ‘sekam/puskam’ dan ‘nikew’. Sama seperti yang di atas tadi, meskipun secara arti sama namun secara penggunaan berbeda.

Untuk kata ’sekam/puskam’ umumya digunakan ketika kamu sedang berbicara dengan seseorang yang usianya lebih tua atau yang lebih dihormati. Lalu untuk kata ‘nikew’ ini umumnya digunakan pada saat kamu berbicara dengan seseorang yang secara umur lebih muda dari kamu, teman sebaya, atau teman akrab.

Kemudian apa bahasa Lampungnya ‘kita’? Untuk bahasa lampungnya ‘kita’ sebutkan saja ‘gham’. Misalnya saja gham agow dak nei (kita mau ke sana). Lalu untuk bahasa Lampungnya ‘kami’ adalah ‘sikam’. Untuk lebih jelasnya lihat contoh ini ‘sikam sijo agow dak nei (kami ini mau ke sana)’.

Bagaimana dengan bahasa Lampungnya ‘mereka’. Untuk bahasa Lampung ‘mereka’ adalah ‘tiyan’. Misalnya saja ‘tiyan agow dak nei (mereka mau ke sana)’. Sedangkan untuk bahasa Lampungnya ‘kalian’ adalah ’mettei/mettey. Contohnya seperti ‘mettey agow dak nei? (kalian mau ke sana?)’.

Lalu untuk bahasa Lampungnya ‘dia’ adalah ‘iyo/iyyo/yo. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, sebenarnya bahasa Lampung juga tidak mengenal ‘dia’ untuk laki-laki dan ‘dia’ untuk perempuan. Seperti halnya dalam bahasa Inggris atau bahasa Arab.

Kosakata Bahasa Lampung

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa contoh kata-kata sehari-hari yang paling sering digunakan dalam bahasa Lampung.

Bahasa LampungArtinya
DakKe
Dak neiKesana
Dak kedowKemana
Dak joKesini
DiDi
DinneiDisana
DikedowDimana
DijjoDisini
IneyItu
IjoIni

Seperti itulah beberapa contoh bahasa Lampung sehari-hari yang mungkin saja bisa sangat membantu terutama bagi kamu yang baru belajar bahasa Lampung. Tenang saja, sebenarnya mudah sekali untuk menguasai bahasa Lampung loh. Asalkan kamu harus memiliki langkah awal yang benar.

Contohnya saja dengan menguasai bahasa percakapan sehari-hari dalam bahasa Lampung seperti ini. Dengan demikian, kamu akan bisa lebih mudah mempraktekkannya. Sebab yang perlu diingat adalah belajar bahasa jika tidak pernah dipraktekkan maka akan sangat sulit untuk menguasainya, sama halnya ketika kamu belajar bahasa Inggris. Jadi selamat mencoba!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *