Tidak Butuh Waktu Lama Kuasai Bahasa Jawa Tengger Jika Tahu Dialeknya

Bahasa Jawa Aug 21, 2018 No Comments

Bahasa Tengger atau yang sering dikenal juga dengan bahasa Jawa Tengger merupakan bahasa keseharian dari suku Tengger yang menempati kawasan pengunungan Bromo-Tengger-Semeru. Bahasa ini cukup unik dan menarik loh, penulis melihatnya dari salah satu teman penulis saat kursus bahasa inggris di Yogyakarta yang adalah orang asli suku Tengger.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

Yang membuat unik dan menarik di sini adalah bahasa Tengger ini juga termasuk dalam bahasa Jawa, lalu apa ya yang membedakan bahasa Jawa Tengger ini dengan bahasa Jawa pada umumnya?

Hal semacam ini penting untuk diperhatikan terlebih lagi bagi kamu yang ada niatan untuk belajar bahasa Tengger ini. Sebab dengan mengetahui hal ini, kamu bisa sangat terbantu untuk cepat menguasai bahasa Tengger itu sendiri.

Sekilas Tentang Bahasa Tengger

Berbicara mengenai bahasa tengger, salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia ini secara linguistik sebenarnya masuk di dalam rumpun bahasa Jawa yang masuk dalam cabang bahasa Formosa atau Paiwanik yang berasal dari rumpun bahasa Austronesia.

Dan banyak yang beranggapan jika bahasa Tengger atau yang dikenal juga dengan bahasa Jawa Tengger ini merupakan turunan dari bahasa Kawi. Yang menarik dari bahasa asli suku Tengger ini adalah masih banyak mempertahankan kalimat-kalimat kuno yang umumnya sudah tidak dipergunakan lagi dalam bahasa Jawa modern seperti sekarang ini.

Belajar Dialek Bahasa Tengger

Dalam mempelajari sebuah bahasa, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mempelajari dialek dari bahasa Tersebut. Apalagi ketika kamu belajar bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Kenapa demikian, sebab setiap bahasa daerah yang ada di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda. Termasuk diantaranya adalah dalam hal dialeknya. Lalu seperti apa ya dialek bahasa Jawa Tengger ini?

Meskipun bahasa Tengger masih tergolong dalam bahasa Jawa, tapi antara bahasa Jawa Tengger dengan bahasa Jawa pada umumnya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Cara pengucapan/pelafalan

Jika didalam bahasa Jawa baku, kata dara dilafalkan menjadi doro, sada menjadi sodo, lima menjadi limo, namun untuk dialek bahasa Tengger, jika tulisannya /a/ tetap dibaca /a/. Jadi tidak berubah menjadi /o/. Misalnya saja seperti kata duda, cara membacanya tetap duda, tidak berubah menjadi dudo.

Bentuk kata ulang

Di dalam bahasa Jawa baku, seringnya bentuk kata ulang akan selalu diulang, contohnya saja seperti leyeh-leyeh, mlaku-mlaku, mangan-mangan, dan lain-lain. Namun untuk bahasa Tengger, kata ulang seperti itu cukup hanya diulang pada bagian depannya saja, misalnya saja seperti leyeh-leyeh menjadi leleyeh, mlaku-mlaku menjadi memlaku, mangan-mangan menjadi memangan.

Selain itu, di dalam bahasa Tengger juga terdapat banyak kata yang secara arti berbeda dengan bahasa Jawa. Misalnya saja seperti beberapa kata yang ada di bawah ini:

Bahasa TenggerBahasa JawaBahasa Indonesia
AmpuhHebat, saktiBisa
JareKatanyaBagaimana
MariSembuhSelesai
KateAyam kateAkan
RajutNet, jaringKaos
ParanKemanaApa

Selain terdapat perbedaan makna antara bahasa Tengger dengan bahasa Jawa baku, terdapat juga beberapa istilah yang tidak terdapat di dalam bahasa Jawa baku, misalnya saja seperti aron (nasi jagung), sudang (bumbung panjang), tamping (sesaji), capil (topi), cepel (cowok), dan lain sebagainya.

Jadi intinya adalah meskipun sebenarnya tergolong sebagai bahasa Jawa, tapi tenyata banyak sekali perbedaan diantara keduanya. Hal ini, karena bahasa Jawa Tengger ini merupakan turunan dari bahasa Kawi.

Tetapi meskipun demikian, mempelajari bahasa Tengger bukanlah hal yang sulit. Apalagi jika kamu merupakan orang Jawa yang dalam kesehariannya selalu menggunakan bahasa Jawa. Dijamin tidak butuh waktu lama kamu pasti sudah bisa menguasai bahasa Jawa Tengger ini.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *