Tak Perlu Lama-lama Mengerjakan Soal Reading Test Jika Tahu Triknya

Bahasa Inggris Sep 03, 2018 No Comments

Diakui ataupun tidak, mengerjakan soal reading dalam bahasa Inggris kebanyakan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya sebelum mengerjakan soalnya, kamu diharuskan dulu untuk membaca sekaligus memahami isi dari sebuah bacaan. Nah biasanya dengan mengikuti les bahasa Inggris di Jakarta Timur atau daerah lainnya akan membantu kamu untuk mengatasi hal tersebut.

Karena tentunya sangat membosankan bukan dengan model soal yang seperti ini? Selain waktu yang terbuang menjadi banyak lantaran kamu harus membaca dan memahami dulu isi bacaan secara keseluruhan, kamu juga harus memahami soal-soalnya.

Jadi bisa dibilang, dalam satu waktu kamu dituntut untuk memahami banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Oleh sebab itu sangat tidak mengherankan jika reading comprehension test menguras waktu yang cukup banyak.

Selain kamu diharuskan untuk membaca teks yang panjang dan terkadang banyak sekali vocabulary yang masih asing, waktu yang disediakan pun juga terbatas. Oleh sebab itu banyak yang nilai ujian test bahasa Inggris nya hancur lantaran reading test section semacam ini.

Tapi tahukah kamu jika sebenarnya ada beberapa trik yang bisa menjadi solusi guna mengatasi permasalahan kamu yang satu ini. Dengan menggunakan trik ini, kamu bisa lebih cepat mengerjakan soal-sal tersebut.

Strategi Mengerjakan Soal Reading Test

rekomendasi buku dalam bahasa inggris

Beberapa tips mengerjakan soal reading test berikut ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang merasa kesulitan atau bagi kamu yang merasa terlalu lama dalam mengerjakan soal-soal tersebut.

Langsung saja, di bawah ini adalah beberapa strategi dalam menjawab berbagai macam model soal yang biasanya ada pada reading comprehension test.

Carilah terlebih dahulu main idea atau topic of the text

Sebaiknya bacalah terlebih dahulu kalimat pertama lalu kalimat terakhir pada bacaan tersebut. Setelah itu cocokkan dengan beberapa pilihan-pilihan yang ada pada soal. Kenapa demikian? Sebab umumnya topic of the text atau main idea terletak di kalimat pertama serta kalimat akhir dalam sebuah bacaan.

Carilah conclusion

Sebaiknya saat membaca, gunakan teknik skimming lalu temukan gambaran nyata tentang bacaan tersebut. Setelah itu barulah mencari pilihan yang sekiranya paling seseuai dengan gambaran dari keseluruhan bacaan tersebut.

Carilah makna vocabulary

Lanjutkan dengan scanning kemudian temukan vocabulary yang dimaksud lalu bacalah kalimat yang mengandung vocabulary tadi. Jika membingungkan, kamu bisa menemukan makna vocabulary yang sulit dengan cara menebaknya dalam konteks keseluruhan kalimat.

latihan bahasa inggris di rumah

Mencari true of the false statement

Selain itu, kamu juga bisa membaca setiap pilihan yang ada di dalam pertanyaan kemudian mencocokkannya dengan kalimat yang ada di dalam bacaan dengan menggunakan teknik scanning, yakni dengan cara mencari kalimat yang sesuai dengan pilihan lalu lanjutkan dengan memeriksa apakah pernyataan tersebut benar ataupun tidak.

Mencari rujukan atau maksud sebuah kata atau pernyataan dalam kalimat

Kamu juga bisa menggunakan teknik scanning untuk menemukan kata atau pernyataan di dalam kalimat kemudian bacalah kalimat sebelumnya. Sebab umumnya rujukan dari pernyataan itu terdapat pada kalimat sebelumnya.

Dengan melakukan strategi seperti di atas, mengerjakan soal-soal pada reading comprehension test, selain lebih mudah juga akan lebih cepat. Jadi kamu tidak perlu pusing-pusing lagi dengan permasalahan yang seperti ini.

Semoga tips dan strategi mengerjakan soal-soal reading comprehension test di atas bisa bermanfaat bagi kamu ketika sedang menghadapi test bahasa Inggris ya. Tetapi yang perlu diingat adalah teruslah berlatih, sebab dengan berlatih kamu bisa menjadi semakin fasih. Selamat belajar.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *