Tahapan Belajar Bahasa Norwegia Untuk Pemula

Bahasa Norwegia Feb 21, 2018 No Comments

Bahasa Norwegia atau disebut dengan Bahasa Norsk merupakan bahasa Asing yang mudah dipelajari selain dari mempelajari bahasa inggris dan ikut kursus bahasa inggris online. Kata kerjanya terbilang sederhana. Artinya, tidak memiliki perubahan besar yang berarti sehingga memudahkan untuk dipelajari.

Ada teori Bahasa yang mengatakan semakin tua sebuah Bahasa maka strukturnya semakin sulit. Contohnya saja Bahasa Arab yang dianggap sebagai salah satu Bahasa paling tua di dunia saat ini. Strukturnya sangat komplek. Ada perbedaan kosakata untuk laki-laki dan perempuan, untuk satu, dua atau lebih dari tiga orang, dan lain sebagainya.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Sementara itu, Bahasa yang muda jauh lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dipelajari. Dan Bahasa Norwegia ini termasuk bahasa muda meskipun tidak semuda jika dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. Yang pasti, strukturnya sederhana.

[extoc]

Gambaran Tentang Bahasa Norwegia

Bahasa Norwegia ini termasuk bahasa Jermanik. Penuturnya di dunia diperkirakan sekitar 5 juta. Penuturnya tersebar di Norwegia, Kanada, Swedia, bahkan juga di Ekuador.
Di negara penuturnya, dikenal dua bahasa yang berhubungan dengan dialek yang sering digunakan. Bahasa tersebut dinamai dengan Landsmal atau Nynorks yang merupakan Bahasa Norwegia baru. Bahasa ini diambil dari logat daerah.

Sementara yang kedua dinamai dengan Riksmal. Bahasa ini merupakan bahasa Nasional, disebut juga dengan Bokmal atau bahasa buku. Dan bahasa tersebut dianggap yang terbaik, penuturnya adalah orang-orang yang berusia di atas 30 tahunan.

Bahasa Norwegia tersebut memiliki susunan kalimat yang cukup banyak. Hanya saja, pelafalannya lebih konsisten. Misalnya untuk membuat kalimat masa lampau, akhiran kalimat disertai –e. Sementara untuk membuat kalimat pasif, cukup gunakan akhiran –s.

Yang perlu pelajar lakukan untuk melafalkan kata/kalimat yang benar, gunakan intonasi yang benar. Intonasi dalam pelafalan kata biasanya dengan menekankan suku kata pertama atau kedua. Jadi, perhatikan beberapa katanya untuk menekankan suku kata tersebut.

Cara Belajar Bahasa Norwegia

Faktanya, belajar Bahasa Norwegia ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Banyak pemula yang berhasil untuk menguasainya. Tentunya belajar bahasa ini harus bertahap. Tahapannya sebagai berikut.
Mulailah untuk mempelajari kata ganti orang

  1. Kenali kosakata tentang keluarga
  2. Kenali kosakata yang paling dekat dengan kegiatan harian
  3. Pahami kosakata yang berhubungan dengan sapaan
  4. Pahami bagaimana memperkenalkan diri
  5. Praktek langsung dengan menggunakan Bahasa Norsk

Untuk memudahkannya, Anda butuh kosakata di atas. Jika sudah mulai mahir, silahkan temukan percakapan yang paling umum dilakukan oleh penuturnya. Misalnya mencari percakapan tentang kegiatan di rumah, kegiatan di sekolah, ataupun kegiatan di pasar.

Kosakata Bahasa Norwegia Dan Artinya

Sebelum memulai mengungkapkan sesuatu dalam bahasa, Anda butuh kosakata itu sendiri. Kosakata ini bisa membantu meskipun termasuk dasar. Berikut ini kosakata harian yang sebaiknya dipelajari.

Kosakata Bahasa Norwegia

Arti Kosakata Bahasa Norsk

Jeg Saya
Du Kamu
Vi Kami
De, to Mereka
Dere Kalian
Han Dia laki-laki
Hun Dia perempuan
Mannen Laki-laki
Kvinnen Perempuan
Familie Keluarga
Faren Ayah
Moren Ibu
Barnet Anak
Bestefaren Kakek
Bestemoren Nenek
Onkelen Paman
Tanten Bibi
Og Dan
I Di
Er her Disini
Hvordan gar det Apa kabar
Hallo Halo
God dag Selamat siang
Ha det Ayo
Ha det sa lenge Sampai nanti
Pa gjensyn Sampai jumpa lagi
Jau Ya
Nei Tidak
Takk Terimakasih
Han Itu
Hva gjor vi Apa yang kita lakukan
Vi laerer Kita belajar
Det er klassen Itu kelasnya
Hvor er vi Kita ada dimana
Vi er pa skolen Kita ada di sekolah
Vi laerer at spark Kita belajar bahasa
Her er adressen min Ini alamat saya
Han snakker engelsk Dia berbicara Bahasa Ingris
Japan ligger I asia Jepang terletak di Asia
Snakkar du englesk Apakah anda berbicara bahasa inggris
Kvar kjem du fra Darimana anda datang
Vaer va snill Tolong
Kan eg ta eit bilete av deg Dapatkah saya mengambil gambar anda
Kor mykje Berapa banyak

Itulah beberapa kosakata yang bisa dipahami dan dihafalkan akan sangat berguna. Terutama untuk Anda yang baru memulai belajar Bahasa Norwegia ini.

Mungkin saat ini Anda tidak merasa penting untuk mempelajari Bahasa Norwegia ini. Namun, bayangkan jika suatu saat banyak orang Norwegia yang datang ke Indonesia untuk bekerja. Di tengah kompetisi yang semakin terbuka ini, bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi. Bahkan, saat ini saja banyak orang Norwegia yang belajar Bahasa Indonesia di Universitas di Indonesia. Tidak lain mereka mempersiapkan diri untuk bisa diterima di Negara Indonesia sebagai karyawaan di salah satu perusahaan di sini.

Di sisi lain, bukan tidak mungkin juga Anda bisa bekerja di Norwegia. Dan syaratnya tentu saja kemampuan Anda berkomunikasi dengan Bahasa Norwegia. Setidaknya, Anda bisa sedikit bicara dengan bahasa lokal, tidak hanya mengandalkan Bahasa Internasional, yaitu Bahasa Inggris saja.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *