Suka Duka Belajar Bahasa Bali

Bahasa Bali Mar 02, 2017 No Comments

Dengan total sekitar 4.000.000 penduduk yang tinggal di Pulau Bali, menguasai bahasa setempat yakni bahasa bali merupakan cara jitu agar Anda cepat berbaur. Apalagi kalau memang menurut rencana, Anda hendak tinggal di Pulau Dewata itu. Mungkin Anda diterima bekerja di sana atau mungkin juga ada bisnis yang dijalankan di Bali.

Penguasaan bahasa Bali merupakan hal yang penting selain aktifitas belajar bahasa inggris yang Anda jalankan. Supaya Anda pun bisa berkomunikasi dengan lancar menggunakan bahasa bali sehari-hari. Biar kalau ada urusan, Anda pun bisa melakukan pendekatan yang lebih supel dengan menggunakan bahasa setempat.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Kalau Anda memang punya niat untuk mempelajari bahasa Bali berikut ini beberapa tips yang layak Anda coba.

[extoc]

1. Kursus bahasa bali

bali

Ini cara yang paling tepat rasanya untuk mempelajari bahasa. Karena Anda akan memiliki jadwal khusus untuk melatih penguasaan bahasa Bali Anda agar terus meningkat. Tutor maupun guru pengajarnya pun pasti sudah punya teknik yang jitu agar anak didiknya bisa cepat bisa bahasa Bali.

2. Bergaul dengan orang Bali

Ya, ini juga cara efektif untuk cepat menguasai bahasa Bali. Yang penting kalau Anda sudah punya kenalan orang Bali, bicaralah dengan menggunakan bahasa Bali. Bukan dengan bahasa lainnya.

3. Jelajahi daerah pedesaan Bali

Kalau ada waktu luang, jelajahi daerah pedesaan di Bali. Lalu coba ngobrol dengan warga setempat. Penggunaan bahasa Bali itu memang kental dipraktekkan oleh masyarakat Bali khususnya yang tinggal di pedesaan. Sementara untuk yang tinggal di daerah kota, lebih sering menggunakan bahasa Indonesia. Mungkin karena sifat masyarakat kota di Bali yang sudah lebih beragam.

4. Nonton kesenian pertunjukan Bali

Ya, sekalian Anda bisa menyelami bagaimana kebudayaan Bali lebih dalam. Seperti misalnya ketika ada pertunjukan tari barong, tari kecak atau yang lainnya. Saat itu biasanya juga dipergunakan bahasa Bali.

5. Nonton Tv berbahasa Bali

Seperti misalnya Bali Tv yang sering menampilkan lagu dalam bahasa Bali dan berita berbahasa Bali.

6. Miliki kamus Bahasa Bali

Tak lengkap rasanya kalau mempelajari sebuah bahasa tanpa memiliki kamus. Hal ini juga berlaku kalau Anda belajar bahasa Bali. Anda bisa beli kamus bahasa Bali sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran yang Anda lakukan.

7. Beli kaos bahasa Bali

Ini juga bisa menjadi sarana pembelajaran yang baik. Anda bisa membeli kaos yang bertuliskan bahasa Bali. Yang penting Anda ketahui apa artinya. Paling tidak ini akan menambah perbendaharaan kosakata bahasa Bali baru bagi Anda.

8. Ikuti logat bahasa Bali

Biar lebih cepat untuk bisa bahasa Bali, mulai sekarang coba sekalian tirukan logat orang Bali saat bicara. Ini sedikit banyak akan membantu untuk membuat Anda lebih memiliki ‘chemistry’ dengan bahasa Bali.

9. Cari kesamaan dengan bahasa asal

Misalnya buat Anda yang bisa bahasa Jawa. Antara bahasa Jawa dan bahasa Bali itu ada banyak kemiripan. Contohnya ‘mulih’ dalam bahasa Jawa dan Bali itu sama-sama berarti ‘pulang’.

10. Kenali karakter bahasa Bali

Tidak hanya logat, tapi karakter bahasanya pun perlu dipahami. Dalam bahasa Bali itu juga terdapat beberapa tingkatan. Ada bahasa Bali kasar dan ada bahasa Bali yang halus.
Dengan mengetahui situasi serta pemilihan kata yang tepat, kita bisa menggunakan bahasa Bali dengan benar.

11. Pelajari bahasa gaul Bali

Variasi bahasa Bali pun muncul dengan kehadiran versi bahasa gaul Bali. Bahasa ini, seperti umumnya bahasa gaul lainnya, dipelopori penggunaannya oleh kalangan anak muda. Anda bisa ikut mempelajarinya supaya bisa makin mengerti kekayaan bahasa Bali.

12. Kenali varian bahasa Bali di tiap daerah

Pulau Bali itu luas. Tiap daerahnya memiliki karakteristik sendiri. Kita bisa bedakan misalnya kalau orang Denpasar itu cenderung untuk menyingkat-nyingkat kata dalam berbahasa. Sementara untuk orang Gianyar biasanya menggunakan bahasa Bali halus.

Keduabelas tips lancar bahasa Bali ini tidak akan ada artinya kalau tidak dipraktekkan. Jadi yang penting adalah mari praktekkan penggunaan bahasa Bali setiap hari.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *