Stress Belajar Bahasa Inggris? Simak Cara Super Efektif Ini

Bahasa Inggris Mar 02, 2017 No Comments

Dalam Bahasa Inggris, ada banyak cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Tapi kebanyakan tips yang kamu coba selama ini mungkin kurang efektif. Akibatnya keinginan untuk segera bisa cas-cis-cus bahasa Inggris tidak kunjung terlaksana. Lalu apa yang harus dilakukan?

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat, ikuti tips berikut ini.

1. Baca buku bahasa Inggris

buku bahasa inggris

Membaca adalah cara terbaik untuk berlatih bahasa Inggris. Kamu bisa cari waktu yang tepat dan kemudian bacalah buku yang berbahasa Inggris. Sekalipun mungkin ada kalimat atau kosakata yang tidak kamu pahami, lanjutkan saja baca.

Tentu juga perlu menyesuaikan bahan bacaanmu itu dengan kemampuan bahasa Inggrismu. Kalau dirasa kamu masih di level pemula, carilah buku bahasa Inggris untuk anak-anak.

2. Ikut kursus bahasa Inggris

EF

Tak dipungkiri salah satu cara tercepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Sebab kita kan dibimbing oleh guru yang kompeten di bidangnya.
Selain itu, kursus bahasa Inggris yang bagus itu sudah memiliki kurikulum dan program yang teruji untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta. Jadi, coba aja pilih tempat kursus bahasa Inggris yang terpercaya untuk membuat kemampuan bahasa Inggrismu meningkat secara drastis.

3. Nonton film dalam bahasa Inggris

movie

Mulai sekarang biasakan untuk menonton film bahasa Inggris tanpa melihat subtitle-nya. Atau kalau misalnya ada pilihan untuk mengganti bahasa subtitle itu, kamu bisa pilih bahasa Inggris sebagai subtitlenya.
Lebih baik lagi kalau tanpa perlu menggunakan subtitle. Dengan begitu kamu akan berlatih seberapa baik listening-mu dalam menangkap pembicaraan aktor dalam film.

4. Dengarkan radio berbahasa Inggris

radio

Tips lainnya bisa cari stasiun radio berbahasa Inggris. Kamu bisa mencarinya di internet. Lalu dengarkan deh bagaimana speaking dari penyiar radio itu dan pahami apa maksudnya.

5. Tingkatkan vocabulary dengan memberi tulisan pada barang di rumah

vocabulary

Jika selama ini kamu merasa kesulitan untuk mengingat nama bahasa Inggris sebuah barang, ada trik mudah yang bisa kamu coba. Beli sticky note yang bisa ditempel kemudian tulis nama barang tersebut dalam bahasa Inggris, dan tempelkan. Misalkan tulis “refrigerator” untuk “kulkas”. Dengan begitu, tiap kali kamu melihat benda tersebut kamu pun bisa mengingat apa nama bahasa Inggrisnya.

6. Berkomunikasi langsung dengan native English speaker

teacher

Misalnya kamu bisa datang ke tempat wisata yang sering dikunjungi bule dan kemudian ajaklah mereka untuk bercakap-cakap.
Atau bisa juga cari kursus bahasa Inggris yang menyediakan pengajar asli berbahasa Inggris.

7. Rekam pembicaraaanmu

rekaman dalam bahasa inggris

Untuk melatih pronunciation, kamu bisa rekam saat berbicara dalam bahasa Inggris. Gampang untuk merekamnya, kamu bisa pergunakan smartphonemu. Umumnya smartphone dilengkapi dengan fitur untuk merekam. Kamu bisa mempergunakannya untuk merekam ucapanmu saat berlatih bahasa Inggris ini. Kemudian kamu bisa dengarkan ulang untuk melatih listening-mu.

8. Tulis dalam bahasa Inggris

writing

Menulis bahasa Inggris merupakan cara efektif untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris sekaligus melatih grammar. Coba tulislah di diary-mu setiap hari mengenai aktivitasmu. Sekalipun mungkin hanya beberapa kalimat, tapi kalau ini dilakukan rutin akan sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan pesat.

9. Ubah setting bahasa di smartphonemu ke dalam bahasa Inggris

smartphone setting

Ini trik mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Kamu bisa ubah setting bahasa pada smartphone kamu ke dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu pun secara otomatis akan belajar mengenai kata-kata dalam bahasa Inggris.

10. Ubah setting bahasa di Facebook ke dalam bahasa Inggris

smartphone setting

Hal yang sama juga kamu bisa lakukan dengan sosial media yang kamu pakai. Kamu bisa atur penggunaaan bahasa di Twitter maupun Faceboook ke dalam bahasa Inggris. Ini akan membantumu untuk makin familiar dengan bahasa yang satu ini.

Yap, itulah 11 cara yang bisa secara efektif untuk meningkatkan bahasa Inggrismu saat ini. Yuk dicoba!

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *