Seperti Apa Cara Paling Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak Di Rumah?

Bahasa Inggris Aug 27, 2018 No Comments

Bagaimana cara memulai mengajarkan bahasa Inggris pada anak? Meskipun kesannya sepele, tetapi ternyata banyak orang tua yang masih bingung harus mulai dari mana pada saat ingin mulai mengenalkan bahasa Inggris pada si kecil. Mungkin untuk langkah awal, kamu bisa memberikan les privat bahasa Inggris di Bandung untuk kamu yang tinggal di Bandung.

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak, terlebih lagi pada anak balita bukanlah perkara yang mudah. Tetapi jika disiasati dengan cara yang tepat, maka dapat mendorong anak untuk bisa menguasai bahasa Inggris dan bahkan bisa melebihi orang dewasa.

Bangun Rutinitas Terlebih Dahulu

Untuk paling tidak mengenalkan terlebih dahulu bahasa Inggris pada si kecil, langkah pertama yang bisa kamu ambil adalah dengan cara membangun rutinitas. Maksudnya adalah bangun rutinitas dengan cara membuat jadwal tertentu untuk memulai berbahasa Inggris di rumah.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Sebaiknya jadwal yang kamu buat jangan terlalu lama, singkat saja tetapi intensitasnya diperbanyak. Lima belas menit adalah waktu yang lebih dari cukup untuk mengenalkan bahasa Inggris pada si kecil.

Lalu barulah tingkatkan sesi berbahasa Inggris di rumah seiring dengan bertambahnya usia serta meningkatnya konsentrasi dari si kecil. Supaya anak tidak cepat bosan dan bisa tetap fokus, sebaiknya tetap lakukan aktivitas yang singkat namun bervariasi. Jangan lupa untuk menggunakan mdia yang interaktif agar anak merasa senang.

Selain itu, coba untuk melakukan hal-hal yang bervariasi di waktu yang sama setiap harinya. Pasalnya anak akan lebih merasa nyaman dan memiliki kepercayaan diri lebih ketika tahu apa yang dilakukannya.

Misalnya saja seperti ini, kamu bisa melakukan permainan bahasa Inggris setiap hari sehabis pulang sekolah, atau kamu juga bisa membacakan cerita berbahasa Inggris sebagai pengantar tidurnya, dan lain sebagainya.

Mengenalkan Bahasa Inggris Dengan Bermain Games

Usia anak-anak seperti ini mau belajar ketika sedang bersenang-senang atau belajar sambil bermain. Salah satu cara efisien yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan flashcard. Pasalnya, flashcard merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mengajarkan sekaligus memperbaiki kosakata dalam bahasa Inggris.

Selain itu, saat ini ada banyak sekali jenis permainan yang menggunakan flashcard seperti ini. Contohnya saja seperti Happy Family, Snap, Kim, dan masih banyak lagi jenis permainan yang bisa kamu pilih.

Anak-anak belajar ketika mereka sedang bersenang-senang. Flashcards adalah cara yang bagus untuk mengajarkan dan memperbaiki kosakata sambil bermain. Ada banyak permainan menggunakan flashcards, seperti memori, permainan Kim, Snap atau Happy Family, dan lain-lain.

Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Dengan Lagu

Selain games, lagu juga bisa menjadi cara efektif untuk mengajarkan bahasa Inggris pada si kecil. Dengan lagu ini, si kecil bisa belajar kosakata baru sekaligus belajar cara pengucapannya.

Apalagi, di era digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali lagu animasi yang cocok untuk dijadikan sebagai media belajar bahasa Inggris anak. Khusunya anak balita. Maka dari itu, kamu dijamin tidak akan kesulitan untuk mencari lagu anak edukatif berbahasa Inggris.

Selain beberapa hal di atas, ada hal lain yang terbilang penting supaya si kecil terbiasa dengan bahasa Inggris adalah dengan cara menggunakan kosakata yang sama setiap harinya. Contohnya saja seperti please sit down, what color it is?, it is, I like, dan lain sebagainya.

Hal yang lebih penting saat ingin mengenalkan bahasa Inggris pada balita sebenarnya adalah apapun pendekatan yang kamu pilih, buatlah belajar bahasa Inggris menjadi semenyenangkan mungkin. Selamat mencoba!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *