Sapaan Lembut dan Kasar Bahasa Aceh Yang Paling Sering Digunakan

Bahasa Aceh Aug 14, 2018 No Comments

Kalimat sapaan tentunya sangat erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari. Dan setiap sapaan ada yang lembut dan kasar. Begitupun juga bahasa Aceh. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Aceh penting sekali untuk memperhatikan hal semacam ini. Nah, turis asing yang belajar bahasa Aceh juga sering loh bertanya tentang hal ini, jika kamu berasar dari daerah dekat Aceh seperti Medan misalnya, kamu juga bisa mulai kursus bahasa inggris di Medan agar bisa menjelaskan hal ini kepada turis asing.

Jangan sampai kamu salah menggunakan kalimat sapaan ya. Meskipun secara arti sama, tetapi dalam penggunaannya sudah pasti berbeda. Kamu tentunya tidak ingin disebut kurang sopan lantaran salah menggunakan sapaan ketika berbicara dengan orang Aceh.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Contoh sederhananya saja kata sapaan bro dalam Bahasa Indonesia. Artinya memang brother atau saudara. Namun, gak mungkin kan kamu menggunakan kata sapaan tersebut untuk orang yang baru kamu kenal atau orang yang jabatannya berada di atas kamu?

Yang Kamu Perlu dan Harus Tahu

Kamu mungkin bukan orang Aceh. Akan tetapi, jika kamu berniat untuk menikah dengan orang Aceh, akan lebih baik jika kamu memhami sedikit Bahasa Aceh. Setidaknya kamu tahu kata-kata yang sering digunakan masyarakat. Tapi, jangan asal menggunakannya. Untuk itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui mana kata yang biasa digunakan lembut dan mana yang kasar.

Untuk kasus di atas, kamu memang harus belajar Bahasa Aceh. Nah untuk kamu yang ingin membuka sebuah bisnis di Aceh, bisnismu akan sulit untuk maju pesat jika kamu tidak memahami budaya masyarakat Aceh. Dan untuk memahami budaya mereka, kamu perlu belajar bahasa mereka.

Belajar Bahasa Aceh sifatnya opsional. Artinya, kamu tidak harus mempelajarinya jika kamu hanya ingin sesekali berkunjung untuk berwisata misalnya. Tapi akan terasa menyenangkan bukan jika kamu dapat berkomunikasi dengan orang asli yang tinggal di tempat yang kamu kunjungi?

Mengenal Sapaan Halus dan Lembut Dalam Bahasa Aceh

Ketika ingin belajar sebuah bahasa, apapun jenis bahasanya, mengenal terlebih dahulu bahasa sehari-hari justru lebih penting dan bisa mempermudah kamu untuk menguasai sebuah bahasa tertentu. Kata sapaan tergolong pendek dan ringan, tapi bisa bermakna lebih besar jika salah di dalam penempatannya.

Untuk kata sapaan yang akan diulas pada kesempatan kali ini adalah kata sapaan yang memiliki arti Kamu dan Saya. Kata sapaan yang amat sering diucapkan oleh siapapun. Dan di dalam bahasa Aceh, sapaan Kamu dan Saya ini ternyata memiliki dua kosa kata yang berlawanan.

Sapaan untuk Kamu

Di dalam bahasa Aceh, Sapaan Drôe ini ditujukan untuk memanggil Kamu. selain itu, Sapaan Drôe ini tergolong dalam sapaan yang lembut. Namun selain menggunakan Sapaan Drôe, kamu juga bisa menggunakan sapaan Drôeneuh.

Selain menggunakan Sapaan Drôe atau Drôeneuh, kamu juga bisa menggunakan sapaan Gata yang secara arti juga sama, yaitu Kamu. Dan sapaan Gata ini di dalam bahasa Aceh juga termasuk dalam kata sapaan yang lembut.

Sedangkan untuk sapaan Kah yang secara arti sebenarnya juga sama, namun sapaan Kah terbilang kurang sopan jika digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua atau orang yang dihormati. Sebab sapaan Kah ini dalam bahasa Aceh tergolong sebagai sapaan yang kasar.

Sapaan untuk Saya

Sapaan Lôn di dalam bahasa Aceh tergolong sebagai sapaan yang lembut. Lôn ini secara arti memiliki arti saya. Sapaan Lôn ini umumnya digunakan dalam aktivitas sehari-hari dan terbilang sapaan yang sopan.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Sapaan Lôn ini bisa berubah menjadi sapaan yang lebih lembut lagi ketika ditambahkan dengan kata lain seperti Lôn Tuan atau Ulôn Tuan. Dan yang perlu dipahami adalah di dalam percakapan yang menggunakan Sapaan Lôn ini memiliki makna menghormati diri sendiri serta tidak ada keangkuhan saat bertutur kata.

Sederhananya seperti ini, untuk menunjukkan rasa sopan atau untuk menunjukkan rasa rendah diri ke seseorang, dalam bahasa Aceh kamu bisa menggunakan Sapaan Lôn ketika berbicara.

Sedangkan untuk sapaan Kêe yang secara arti sama dengan Sapaan Lôn ini tergolong sapaan yang wajar untuk diri sendiri. Meskipun sebenarnya sapaan Kêe ini tergolong sapaan yang wajar untuk masyarakat Aceh bagian barat tetapi sapaan Kêe menjadi sapaan yang cukup kasar untuk wilayah lainnya, utamanya Aceh bagian timur dan utara.

Selain itu, umumnya sapaan Kêe ini digunakan ketika berbicara dengan teman sebaya atau yang secara umur lebih muda dari umurmu. Dan yang perlu diperhatikan adalah sapaan Kêe ini menjadi tidak bagus atau kurang sopan jika yang kamu ajak bicara adalah orang yang lebih tua atau orang yang terhormat. Jadi, jangan sampai kamu menggunakan kata sapaan ini ketika kamu bertemu orang yang lebih tua saat berada di Aceh ya.

Nah, itu dia beberapa sapaan yang bisa kamu pelajari didalam bahasa Aceh, kamu harus melihat lawan bicara kamu ya. Jangan sampai salah menempatkan kata sapaan saat berbicara dengan orang Aceh.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *