Sapaan Dan Ungkapan Sehari-hari Dalam Bahasa Sunda! Tips Traveling Ke Bandung

Bahasa Sunda Nov 21, 2017 No Comments

Belajar bahasa sapaan dan ungkapan sehari-hari dalam bahasa Sunda akan sangat membantu Anda saat berkunjung ke kota Bandung. Siapa yang tidak mengenal kota Bandung, kota sejuk dengan berjuta destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi.

Tahu sedikit bahasa daerah tempat yang akan Anda kunjungi tentunya akan sangat berguna selama Anda berada di daerah tersebut. Dan pastinya banyak sekali hal menarik yang bisa Anda dapatkan pada saat mengobrol dengan penduduk setempat.

Pentingnya Menguasai Bahasa Daerah Saat Traveling

Selama traveling, terkadang banyak hal tak terduga yang Anda alamai. Ketika Anda tahu sedikit bahasa daerah di tempat yang Anda kunjungi pastinya akan sangat berguna. Terlebih lagi pada saat Anda menanyakan sesuatu kepada penduduk lokal.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Tidak perlu menguasai bahasa daerah secara keseluruhan. Misalnya saja ketika Anda berlibur ke Bandung, minimal Anda memahami atau tahu bahasa percakapan yang sering digunakan di dalam percakapan sehari-hari oleh orang Bandung. Sama halnya seperti penguasaan bahasa Inggris, Anda mungkin tidak perlu menguasai semua kosa katanya, namun tetap harus mempelajarinya dengan les bahasa Inggris di Bandung.

Ungkapan Dasar Dan Kosakata Dasar Dalam Bahasa Sunda

Untuk para traveler, tahu beberapa ungkapan dasar serta kosakata dasar dalam bahasa Sunda akan sangat berguna. Maksudnya disini adalah beberapa kosakata yang sering digunakan untuk menyapa dan memulai percakapan ringan dengan orang Sunda.

Untuk menyapa secara umum, Anda bisa mengunakan kata ‘samporasun’ yang berarti halo. Jika ada orang Bandung yang menyapa Anda dengan ‘samporasun’ maka jawab saja dengan ‘rampes’.

Untuk untuk saat ini pengunaan dua kata ini sudah jarang. Umumnya dua kata ini digunakan dalam acara-acara tertentu saja. Meskipun demikian, alangkah baiknya sebagai pendatang Anda menyapa orang Bandung dengan kata sapaan ‘samporasun’. Selain ‘samporasun’ kata sapaan lain yang bisa Anda gunakan adalah:

1. Wilujeng enjing, yang memiliki arti selamat pagi. Wilujeng enjing ini adalah sebuah sapaan formal yang saat ini umumnya digunakan dalam pidato, dan lain sebagainya.

2. Wilujeng siang, yang memiliki arti selamat siang. Sama halnya dengan wilujeng enjing, wilujeng siang ini adalah sebuah sapaan formal yang saat ini umumnya digunakan dalam pidato, dan lain sebagainya.

3. Wilujeng sonten, yang memiliki arti selamat sore. Sama halnya dengan wilujeng enjing dan wilujeng siang, wilujeng sonten ini adalah sebuah sapaan formal yang saat ini umumnya digunakan dalam pidato, dan lain sebagainya.

4. Wilujeng wengi, yang memiliki arti selamat sore. Sama halnya dengan wilujeng enjing, wilujeng siang, dan wilujeng sonten, wilujeng wengi ini adalah sebuah sapaan formal yang saat ini umumnya digunakan dalam pidato, dan lain sebagainya.

Bahasa Sunda Untuk Menanyakan Kabar

Untuk menanyakan kabar, orang Sunda seringnya menggunakan sapaan ‘kumaha, damang?’ yang artinya adalah bagaimana keadaanmu, apakah baik?. Jika keadaan Anda baik maka jawab dengan ‘damang. Dan jika memang keadaan Anda tidak baik atau kurang baik maka jawab dengan ‘teu damang’ yang artinya adalah tidak baik atau ‘nuju damang’ yang artinya sangat tidak baik.

Untuk menanyakan kabar, selain menggunakan ‘kumaha damang’, juga ada sebagian orang Sunda yang menggunakan sapaan ‘kumaha kaayaanana?’ atau ‘kumaha kabarna’. Namun secara arti sama saja dengan yang di atas. Tetapi umumnya kebanyakan menggunakan sapaan ‘kumaha damang’.

Bahasa Sunda Untuk Menyatakan Rasa Terimakasih

https://i.pinimg.com/

Jika Anda ingin mengucapkan terimakasih dengan orang Sunda, Anda bisa mengucapkan ‘hatur nuhun’ dan bisa ditambah juga dengan kata ‘pisan’ yang memiliki arti terimakasih banyak. Tetapi sebenarnya kata ‘nuhun’ saja sudah cukup. Namun supaya lebih sopannya adalah ‘hatur nuhun’.

Bahasa Sunda Untuk Ungkapan Maaf

https://www.leadersinstitute.com/

Kata ‘punten’ bisa Anda gunakan saat Anda sedang melewati seseorang yang secara umur lebih tua dari Anda. Selain itu, kata ‘punten’ ini digunakan pada saat ingin menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal atau kepada orang asing. Sedangkan untuk jawaban dari sapaan ‘punten’ ini adalah ‘mangga’.

Bahasa Sunda Untuk Meminta Maaf

Ketika Anda sedang melakukan sebuah keasalahan dan ingin meminta maaf maka bisa mengatakan ‘hampura’ yang berarti maaf. Jawaban dari ‘hampura’ ini adalah ‘dihampura’ yang berarti dimaafkan.

Selain ‘dihampura’ Anda juga bisa menjawab dengan ‘teu sawios-wios atau ‘teu kunanaon’ yang berarti tidak apa-apa. Tetapi jawaban yang dirasa lebih sopan adalah ‘dihampura’.

Perlu Anda ketahui juga, terkadang ada juga yang menggunakan ‘punten’ sebagai ‘hampura’. Namun permintaan maaf dengan menggunakan ‘punten’ dirasa kurang begitu sopan. Oleh sebab itu sebaiknya gunakanlah sesuai keadaannya.

Bahasa Sunda Untuk Menyatakan Cinta

Ungkapan paling sopan ketika ingin mengungkapkan perasaan cinta adalah dengan menggunakan ‘simkuring deudeuh ka anjeun’ yang berarti aku cinta padamu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ‘urang begoh ka maneh’, tetapi terbilang lebih kasar.

Tetapi meskipun demikian, bolah juga Anda gunakan lantaran di beberapa daerah Jawa Barat sudah jarang yang menggunakan Sunda Lemes (bahasa Sunda halus).

Jika akan berpisah, yang pergi terlebih dahulu biasanya mengucakpan ‘abdi tipayun nya’ yang artinya saya duluan ya dan nantinya yang ditinggalkan cukup menjawab ‘mangga’ yang berarti silakan.

Itulah beberapa sapan yang sering digunakan dalam percakapan segari-hari oleh orang Sunda. Sebaiknya sebelum berlibur ke Bandung setidaknya Anda harus bisa mengucapkan beberapa sapaan dalam bahasa Sunda di atas.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *