Rahasia Mengerjakan Reading Test Cepat Dijamin Efektif!

Bahasa Inggris Sep 03, 2018 No Comments

Untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam reading comprehension test, mau tidak mau kamu diharuskan untuk membaca bacaan yang biasanya menjadi rujukan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada. Cara ini juga sering digunakan oleh tempat kursus bahasa Inggris di Jakarta atau pun daerah lainnya.

Tetapi situasi semacam ini bisa menjadi permasalahan tersendiri lantaran dalam hal ini kamu harus berlomba dengan waktu. Waktu yang cukup singkat dalam reading test umumnya membuat banyak yang merasa kesulitan dan pada akhirnya nilai yang didapatkan dalam reading comprehension test menjadi kurang maksimal.

Memang mau tidak mau hal semacam ini harus kamu hadapi. Dan yang terpenting adalah jangan mengeluh. Sebab masih banyak solusi maupun cara yang bisa kamu pilih untuk mengatasi permasalahan semacam ini.

Tips Membaca Reading Test Yang Efektif

Supaya nilai pada reading comprehension test tidak jeblok, salah satu caranya adalah dengan meminimalisir waktu membaca. Lalu seperti apa caranya? Jika cepat membaca saja mudah untuk dilakukan. tetapi dalam hal ini kamu juga dutuntut untuk memahami keseluruhan isi bacaan tersebut.

Tidak perlu bingung, di bawah ini adalah beberapa trik membaca reading comprehension test yang efektif yang tidak terlalu memakan waktu lama sekaligus juga kamu bisa memahami isi dari bacaan tersebut. Sehingga pada akhirnya kamu bisa dengan sempurna menjawab berbagai macam soal yang ada pada reading comprehension test.

Fokus pada soal terlebih dahulu

Selama ini, kesalahan yang sering dilakukan ketika mengerjakan soal reading test adalah membaca bacaan terlebih dahulu kemudian baru membaca pertanyaannya. Okelah, bagi yang ingatannya sangat kuat mungkin tidak menjadi masalah.

Tapi berbeda bagi kamu yang daya ingatnya pas-pasan, melakukan hal semacam itu hanya akan membuat apa yang sudah kamu baca sebelumnya menjadi kurang berarti lantaran kamu belum tahu apa yang diminta oleh soal. Akibatnya, ketika ingin menjawab soal kamu lupa sehingga harus membacanya kembali.

Maka dari itu, sebaiknya cobalah pahami terlebih dahulu apa yang soal tanyakan. Barulah setelah itu mencari jawabannya di dalam bacaan tersebut. Dengan melakukan hal semacam ini, kamu bisa menyimpan pertanyaan di dalam otak ketika membaca bacaan.

latihan reading test sendiri dirumah

Tidak perlu membaca keseluruhan teks bacaan

Sudah pasti akan membuang-buang waktu jika kamu membaca keseluruhan teks dalam bacaan reading test. Jika melakukan hal semacam ini, dikhawatirkan justru akan kehabisan waktu untuk mengerjakan jenis soal-soal lainnya.

Maka dari itu, baiknya jangan membaca seluruh teks bacaan, namun bacalah dengan cara mencari bagian-bagian yang ada hubungannya dengan pertanyaan saja. Sebaiknya untuk memudahkan, tandai dengan pensil maupun pulpen.

Membaca dengan teknik

Dibanding kamu membaca keseluruhan teks yang sangat panjang, lebih baik kamu membaca dengan menggunakan teknik membaca dengan cepat. Misalnya saja kamu bisa menggunakan teknik scanning ataupun skimming.

Skimming ini merupakan teknik membaca cepat dengan cara melompati kata yang kurang penting sepertu halnya preposisi serta mengabaikan kata-kata sulit yang belum kamu ketahui.

Membaca dengan menggunakan teknik skamming ini bertujuan supaya bisa memperoleh gambaran umum terkait dengan bahasa yang ada di dalam sebuah teks bacaan atau bisa juga untuk mencari main topic (topik utama pada sebuah teks bacaan).

Untuk membaca cepat dalam reading test, selain menggunakan teknik skamming kamu juga bisa memilih teknik scanning. Dengan menggunakan teknik ini, tidak perlu lagi membaca teks, melainkan hanya dengan memindainya.

Jadi kamu cukup menggerakan mata dengan cepat dari atas ke bawah lalu berhenti pada kata kunci yang berkaitan dengan pertanyaan yang ada di dalam soal. Misalnya saja seperti nama, tanggal, vocabulary tertentu, dan lain sebagainya.

Dengan bisa membaca cepat saat reading comprehension test sekaligus memahami maksud dari isi bacaan secara keseluruhan sudah pasti akan mempermudah kamu ketika mengerjakan soal-soal yang ada pada reading comprehension test.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *