Piala Dunia Rusia 2018 dan Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Apr 10, 2018 No Comments

FIFA World Cup yang kali ini Piala Dunia 2018 Rusia adalah sebuah turnamen yang sudah ditunggu-tunggu oleh para atlet pesepakbola dan para pendukung dari negaranya masing-masing hingga berbagai penjuru dunia dan berbagai macam bahasa yang bergabung dalam kompetisi tersebut demi memperebutkan trofi atau gelar menjadi juara Piala Dunia.

Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah komunikasi antar manusia, bisa dikatakan bahasa yang digunakan adalah bahasa yang bisa dimengerti oleh semua manusia.

Tidak lengkap rasanya jika sebuah kompetisi yang sangat besar tidak ada sosok komentator, dalam pertandingan sepakbola akan selalu ada komentator bahasa Inggris yang menceritakan jalannya pertandingan dengan upaya penonton yang berada di layar kaca mengerti jalannya pertandingan tersebut, penggunaan bahasa Inggris lah cara terbaik agar dapat dimengerti oleh semua manusia.

Tugas sebagai komentator tidaklah mudah mereka harus berbicara sepanjang pertandingan dengan tujuan menyampaikan apa yang terjadi di lapangan hijau secara detail. Menghafal dan menyebutkan nama-nama pemain sepakbola adalah salah satu tantangan bagi komentator bahasa Inggris, dimana nama-nama pesepakbola yang ada di seluruh dunia sangatlah beragam. Komentator tidak hanya memberikan informasi jalannya pertandingan saja, melainkan mengomentari strategi yang digunakan para pelatih. Butuh kemampuan khusus untuk menjadi komentator bahasa Inggris, penyampaian informasi yang sempurna secara live dan didengar oleh jutaan penonton.

Beberapa kriteria komentator profesional baiknya memiliki kemampuan seperti:

1. Berbahasa Inggris selama pertandingan Piala Dunia berlangsung

bola

Menceritakan jalannya pertandingan merupakan tugas utama dari seorang komentator, oleh karena itu penyampaian dengan menggunakan bahasa Inggris adalah suatu hal yang wajib untuk seorang komentator agar mudah dimengerti oleh para penonton maupun pendengar. Istilah-istilah dalam sepakbola pun menggunakan bahasa Inggris seperti yellow card, red card, free kick, throw in, out, corner kick dan sebagainya. Tentunya komentator sudah paham betul semua peraturan-peraturan sepakbola yang sudah dibuat menggunakan bahasa Inggris.

2. Pengetahuan tentang Sepakbola dan tentang Rusia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2018

stadion piala dunia

Image : Stadium Saint Petersburg Rusia

Sudah tidak diragukan lagi pengetahuan seorang komentator terhadap sepakbola harus di atas rata-rata bahkan bisa jadi melebihi pemain sepakbola itu sendiri, pasalnya seorang komentator harus tahu betul terhadap statistik si klub dan individu pesepakbola agar bisa memberikan informasi yang lebih lengkap dan menarik pada saat jalannya pertandingan.

3. Antusias dan Fasih Menggunakan Bahasa Inggris

Menyampaikan informasi selama 90 menit harus bersemangat untuk membangun euforia dan tidak membosankan, uniknya lagi dengan adanya komentator membuat para penonton tegang agar pertandingan semakin seru.

Begitulah peran penting dari seorang komentator dalam pertandingan sepakbola, dengan tujuan menyampaikan informasi agar dapat diterima oleh semua penonton dari berbagai penjuru dunia. Tentunya menguasai bahasa universal atau bahasa yang mudah diterima adalah kewajiban bagi seorang komentator, dengan maksud menghibur penonton yang ada di rumah atau di stadion. Dengan situasi apapun komentator harus bisa menghindari bahasa yang dapat menyinggung para penonton seperti membahas ras, agama dan budaya.

Tonton juga : EF Challenge menjelang Piala Dunia 2018

Untuk sekelas kompetisi Piala Dunia tentunya hal itu tidak boleh terjadi atau di kompetisi manapun. Tidak ada peraturan khusus untuk komentator harus berasal dari negara mana, yang terpenting komentator menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh penikmat sepakbola yang ada di seluruh dunia.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *