Perhatikan! 5 Aspek Reading Dalam Bahasa Inggris Ini Harus Dikuasai

Bahasa Inggris Sep 03, 2018 No Comments

Selama ini, pembelajaran bahasa Inggris tentang reading hanya terpaku pada kegiatan membaca dari paragraf satu ke paragraf lainnya lalu mengartikannya ke dalam bahasa Indonesia untuk memahami artinya. Tetapi untuk memahami sebuah bacaan, kamu tidak cukup jika hanya melakukan reading saja. Inilah kadang peran kursus bahasa Inggris di Bekasi dan daerah lainnya berperan penting dalam membantu kamu untuk memahami teks yang dibaca.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Contohnya saja seperti menemukan ide pokok serta menulis situasi maupun kejadian yang ada di dalam bacaan tersebut dengan maksud supaya bisa memperoleh pemahaman yang jauh lebih lengkap. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apa yang bisa dilakukan sehingga kamu bisa mendapatkan pemahaman yang menyeluruh dari sebuah teks yang sedang kamu baca?

Identifying Main Idea

Main idea ini bisa dikatakan sebagai ide pokok atau inti dari teks yang sedang kamu baca. Lalu bagaimana caranya?

Caranya bisa diawali dengan membaca judul atau melihat gambar yang ada pada teks atau juga bisa dengan membaca kalimat yang terletak pada awal paragraf pertama yang umumnya mewakili keseluruhan dari ide bacaan tersebut.

Dengan mengetahui ide pokok dari bacaan yang sedang kamu baca, secara otomatis kamu bisa memperoleh gambaran tentang teks tersebut secara keseluruhan sehingga bisa mempermudah pemahaman kamu secara keseluruhan.

Understanding Vocabulary

Langkah keudua adalah pemahaman terhadap kosakata. Dengan memahaminya, sudah pasti akan membuat semakin mudah mengerti maksud dari teks secara keseluruhan. Bagaimana jika kesulitan dalam memahami arti dari kosakata tersebut?

Salah satu cara yang terbilang cukup efektif adalah dengan membaca frase ataupun kosakata yang ada didekat kata yang kurang dimengerti artinya. Misalnya saja ketika kesulitan mengartikan kata rainbow yang ada di kalimat after the rain, there was a rainbow, maka Kamu bisa menebaknya dengan cara memahami arti dari frase after the rain.

Identifying Details

Untuk memahami bacaan secara keseluruhan, ketika kamu sudah mencari beberapa kata yang sulit lalu kemudian memahaminya, langkah selanjutnya adalah dengan memahami berbagai detail informasi yang ada pada teks tersebut.

Carilah informasi-informasi yang penting-penting saja, misalnya saja seperti tokoh yang ada di dalam bacaan, lokasi terjadinya peristiwa, serta rangkaian dari peristiwanya. Dengan ini akan lebih memudahkan kamu memahami isi dari keseluruhan cerita yang ada di dalam bacaan tersebut.

Identifying Reference

Yang dimaksud reference di sini adalah referensi dimana kamu sebagai seorang pembaca diharuskan untuk tahu siapa pemilik kata ganti ataupun pronoun yang terdapat pada bacaan tersebut.

Contoh dari reference ini bisa kamu temukan pada kalimat ini ‘Yunus is a student of Junior High School and he never come late’. Kata hanti he pada kalimat tersebut digunakan untuk menggantikan Yunus. Jadi he memiliki reference ke Yunus.

Making Inference

Making inference ini ditujukan untuk membuat praduga pada berbagai hal terkait dengan teks yang sedang kamu baca. Contohnya saja terkait dengan peristiwa apa yang akan terjadi selanjutnya, bagaimana jika salah satu peristiwanya diubah, atau apa tujuan dari si penulis membuat teks tersebut.

Memangnya apa tujuannya? Hal seperti ini dimaksudkan supaya bisa lebih meningkatkan pemahaman kamu tekait dengan keseluruhan teks yang sedang kamu baca tersebut. Sehingga akan membuat kamu semakin mudah memahaminya.

Jadi ketika sedang melakukan reading activity jangan hanya membaca dan mengartikannya saja. Tetapi lakukan juga 5 aspek dalam reading yang sudah diulas dengan sangat jelas di atas tadi. Selamat belajar!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *