Lagi nyari pantai gunung kidul yang ada air terjun di sampingnya? Pantai Jogan jawabannya. Pantai ini memiliki kekhasan sendiri, tak ayal pantai ini begitu ramai kunjungan dari wisatawan di hari libur atau akhir pekan. Nuansa baru yang didapatkan wisatawan menambah
"/>

Pantai dan Air Terjun? Ada di Jogjakarta!

Bahasa Jawa Nov 06, 2017 No Comments

Lagi nyari pantai gunung kidul yang ada air terjun di sampingnya? Pantai Jogan jawabannya. Pantai ini memiliki kekhasan sendiri, tak ayal pantai ini begitu ramai kunjungan dari wisatawan di hari libur atau akhir pekan.

Nuansa baru yang didapatkan wisatawan menambah lengkap pengalamannya. Liburan akan lebih menyenangkan. Bahkan sangat dirindukan setelah kembali dari tempat menarik tersebut.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Pantai Jogan memang bisa memberikan apa yang wisatawan mau. Yaitu pengalaman baru dalam menikmati suasana pantai. Panoramanya lebih menawan, dan banyak momen yang bisa didapatkan selama di pantai Jogan Gunung Kidul ini. Indoneisa sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia memiliki pantai hampir di setiap daerah yang ikonik untuk dikunjungi terutama Yogyakarta. Sebelum mengunjungi pantai, anda bisa ikut les bahasa Inggris di Jogja supaya anda makin pede ketemu turis-turis asing di sana nantinya.

Sekilas Mengenai Pantai Jogan

piknikdong.com

Pantai Jogan adalah salah satu Pantai di Gunung Kidul. Pantai ini memang tidak memiliki butiran pasir putih yang membatasi pesisir pantainya. Hampir keseluruhannya dibatasi oleh tebing berupa batuan karang.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

Meskipun begitu, keelokannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bebatuan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Apalagi didukung dengan adanya air terjun di bagian bibir pantai.

Air terjun ini terbentuk secara alami. Ketinggiannya mencapai 12 meteran. Air yang terjun ke pantai ini berupa air tawar. Yaitu berasal dari sungai kecil yang ada di kawasan pantai Jogan itu sendiri.

Para wisatawan yang datang akan dimanjakan dengan keelokan air terjun tersebut ketika lautan dalam keadaan surut. Pada saat tersebut, air terjun dari tebing setinggi 12 meter ini bisa dinikmati dengan sempurna.

Sebaliknya bila dalam keadaan pasang, air terjun ini tidak bisa dinikmati. Pasalnya, tempat terjunnya air ini terendam oleh air laut yang sedang pasang. Namun begitu, para wisatawan tetap bisa menikmati suasana asrinya dengan kealamian pantai yang ditumbuhi oleh tanaman pandan di kanan kirinya.

Seorang wisatawan biasanya menikmati air terjun di bagian atas tebing tersebut. Bahkan jika memungkinkan, banyak wisawatan yang bermain di air terjun. Caranya adalah dengan turun langsung menapaki jalanan licin yang ada di sekitarnya.

Selain dengan menapaki jalanan licin, para wisawatan yang suka dengan tantangan bisa turun langsung dengan rapelling. Sambil beraktifitas, para wisawatan bisa berbaur dengan kealamiahan air terjun yang rasanya tawar tersebut.

Pengalaman makin menyenangkan jika para wisawatan mau menapaki jalanan bebatuan yang licin. Yaitu bila ingin turun langsung ke dasar dimana jatuhnya air tawar tersebut. Sensasinya sangat menengangkan dan menyenangkan.

Pengalaman baru didapatkan oleh wisawatan dengan sambutan dari kepiting kecil yang bergerombol di bebatuan yang dilewati. Kalau memungkinkan, para wisawatan juga akan menjumpai gerombolan kupu-kupu yang menempel di bebatuan. Pastinya, sensasi ini jarang didapatkan bila Anda datang di pantai lainnya.

Rute Untuk Berkunjung Di Pantai Jogan

1001wisata.com

Pesona keindahan pantai jogan yang identik dengan air terjun rasa tawar ini memang tidak bisa dianggap biasa. Pantai ini kian populer di gunung kidul. Dan hampir di hari libur, wisatawan banyak yang datang untuk menikmati suasana alamiah di pantai tersebut.

Pertanyaannya sekarang adalah dimana lokasi pantai jogan tersebut? Jawabannya adalah di Desa Purwodadi kecamatan Tepus Gunung Kidul. Lokasinya cukup dekat dengan pantai-pantai terkenal yang ada di Gunung Kidul tersebut.

Ketika Anda ingin datang di pantai Jogan ini, Anda harus melewati pantai Siung terlebih dahulu. Karena pantai ini akan dilewati sebelum menuju pantai Jogan. Artinya, rutenya akan menuju pantai tersebut dengan jarak tempuh cukup lama.

Bila Anda datang menggunakan kendaraan roda dua, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam dari Jogjakarta. Tapi tenang saja, 2 jam perjalanan ini lebih mengasikkan. Karena rute yang dilalui juga sama bagusnya.

Pertama kalinya, Anda akan berjalan melalui jalanan beraspal. Jalanan ini berupa perbukitan karst yang berkelok-kelok. Karst sendiri berupa sisa-sisa lautan jutaan tahun yang lalu.

Setelah beberapa menit berkendara, Anda akan sampai di loket retribusi memasuki Pantai Siung. Di sini, perjalanan masih akan berlanjut beberapa menit. Setidaknya, sekitar 400 meteran Anda akan menemukan papan petunjuk menuju pantai jogan.

Jalanan aspal yang tadinya dilalui berubah jalanan setapak. Tenang saja, Anda tidak tersesat. Itu memang jalan yang akan mengantarkan ke pantai yang diharapkan.

Di perjalanan tersebut, pengunjung akan menjumpai sungai di kiri dan kanannya. Sungai inilah yang menyatu dan membentuk air terjun di lautan tadi.

Dari perjalanan ini, ikuti terus rutenya sambil melihat papan petunjuk arah. Selang beberapa menit, Anda sudah tiba di pantai Jogan. Pengunjung tinggal masuk dan membayar tiket masuk dan siap menikmati keindahan alamnya.

Kalau dijabarkan secara umum, rute yang perlu diambil dari Jogjakarta akan seperti ini. Dari Yogyakarta menuju Wonosari, Jl. Baron dan tuju arah Tepus. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju arah pantai siung, Porwodadi, Winangun dan sampai di Pantai Jogan.

Itulah yang bisa disampaikan di sini. Pemandangan pantai dan air terjun akan memesonakan pandangan. Jadi, bila Anda ingin datang di pantai gunung kidul yang ada air terjun, pantai Jogan bisa menjadi destinasi wisata yang tak boleh dihilangkan dari daftar kunjungan.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *