Menu Belajar Bahasa Banjar Untuk Para Pemula

Bahasa Banjar Sep 03, 2018 No Comments

Belajar bahasa baru memang menjadi tantangan yang menyenangkan. Jika belajar bahasa Inggris mungkin kita masih bisa terbantu karena adanya tempat les bahasa Inggris di Jakarta Barat atau tempat lainnya.

Tapi, bukanlah perkara yang mudah menguasai bahasa daerah seperti halnya bahasa Banjar ini. Karena sangat jarang ada yang membuka tempat les nya. Meskipun demikian, sebenarnya tidak sulit loh untuk belajar bahasa Banjar sendiri jika kamu tahu triknya. Memangnya apa itu bahasa Banjar? Dan masyarakat mana saja yang menggunakan bahasa Banjar ini?

Secara umum, bahasa Banjar merupakan bahasa keseharian dari suku banjar yang berada di Kalimantan Selatan. Tetapi meskipun demikian, ternyata bahasa Banjar juga sering digunakan oleh masyarakat Kalimantan lainnya.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Hal seperti ini tidak mengherankan lantaran sudah banyak masyarakat suku Banjar yang tersebar luas di Pulau Kalimantan. Oleh sebab itu jangan kaget ketika di Kalimantan Timur, Barat, Tengah, dan Utara terdengar ada yang berbicara dengan menggunakan bahasa Banjar.

Benarkah Bahasa Banjar Sulit Dipelajari?

tarian tradisional banjar

Image Source: tumblr[dot]com

Jika kamu berpikiran jika menguasai bahasa Banjar sulit dan butuh waktu yang lama maka persepsi seperti itu harus segera kamu hilangkan. Pasalnya memperlajari bahasa Banjar tidak sulit sama sekali.

Kenapa memangnya? Sebab kebanyakan kosakata bahasa Banjar banyak kemiripan dengan bahasa Indonesia. Tetapi ada beberapa huruf yang harus dihilangkan. Misalnya saja dalam bahasa Banjar huruf vokal yang digunakan hanya A, I, dan juga U.

Tetapi meskipun demikian, di Banjarmasin dan sekitarnya ada yang masih tetap menggunakan huruf vokal E dan O, khusunya oleh para anak muda suku Banjar. Lalu ketika huruf vokal E dan O dihilangkan, pertanyaannya huruf apa yang menjadi pengganti dari keduanya?

Di dalam bahasa Banjar, huruf vokal O berubah bentuk menjadi U. Contohnya saja kata ‘Obat’ akan berubah pengucapannya menjadi ‘Ubat’. Namun untuk huruf vokal E, di dalam bahasa Banjar mengalami dua perubahan. Misalnya saja untuk huruf E pada pengucapan ‘sate’ akan berubah menjadi I, contohnya ‘bengkok’ menjadi ‘bingkuk’. Lalu huruf ‘E’ pada kata ‘beli’ akan berubah menjadi A, contohnya ‘belajar’ berubah menjadi ‘balajar’.

Contoh Percakapan Sehari-hari Dalam Bahasa Banjar

adat tradisional tribunnews

Image Source: tribunnews[dot]com

Khusus bagi kamu yang baru mulai belajar bahasa Banjar, disarankan untuk memulainya dengan mempelajari bahasa Banjar untuk percakapan sehari-hari. Langkah seperti ini bisa lebih mempermudah kamu dalam menguasai bahasa Banjar secara keseluruhan.

Langsung saja, di bawah ini adalah contoh beberapa bahasa sehari-hari dalam bahasa Banjar yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan.

Ulun

Secara arti, ulun ini artinya adalah aku atau saya. Kata ulun ini umumnya digunakan ketika berbicara dengan seseorang yang lebih tua atau kepada seseorang yang baru kamu kenal. Ulun ini termasuk katergori kata yang sopan dalam bahasa Banjar. Sedangkan ketika berbicara dengan teman sebaya, ulun diganti dengan unda.

Ikam, Pian, dan Nyawa

Arti dari ikam, pian dan nyawa adalah Kamu. Tapi dalam hal penggunaanya berbeda. Untuk ikam ini digunakan pada saat berbicara dengan orang yang lebih muda sedangkan untuk pian digunakan ketika kamu berbicara dengan orang yang lebih tua atau orang yang baru kamu kenal. Lalu untuk nyawa, dipakai ketika kamu berbicara dengan seseorang yang secara umur sebaya dengan kamu.

Gin

Gin ini sebenarnya adalah tambahan penekanan pada kalimat di dalam bahasa Banjar. Misalnya saja pada kalimat sudah gin lah (sudah ya).

Lah

Sama halnya dengan gin, lah juga termasuk tambahan penekanan pada kalimat di dalam bahasa Banjar. Namun umumnya pada kalimat tanya. Misalnya saja seperti sudahlah madi?

Kah

Kemudian untuk kah ini juga termasuk tambahan penekanan pada kalimat di dalam bahasa Banjar yang umumnya pada kalimat tanya. Contohnya saja seperti handak makan kah?

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menguasai bahasa Banjar. Sebab banyak kata yang ada kesamaan dengan bahasa Indonesia. Hanya saja ada beberapa huruf yang harus dirubah. Jika ingin cepat belajar bahasa Banjar, aspek yang satu ini harus diperhatikan dengan benar.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *