Mau Traveling Hemat Ke Jepang? Intip Cara Traveler Ini!

Bahasa Jepang Nov 06, 2017 No Comments

Panduan jalan hemat ke jepang ini bisa Anda praktekkan. Selain bisa meminimkan pengeluaran, Anda tetap memperoleh kenyamanan selama liburan di jepang. Mau tahu seperti apa panduannya?

Bukan rahasia jika liburan ke jepang menjadi pilihan banyak traveler. Jepang sendiri menjadi destinasi wisata banyak traveler dari belahan dunia. Banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tapi, sebelum Anda berangkat, ada baiknya menyiapkan kemampuan bahasa jepang ataupun setidaknya dengan bahasa internasional dengan pilihan les bahasa Inggris di dekat UI buat Anda yang berada dan tinggal disekitaran Depok.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Bagi sebagian orang yang memiliki dana lebih, tentu liburan di Jepang serasa lebih mudah. Asalkan ada waktunya, maka liburan bisa dilakukan. Namun bagaimana dengan orang yang punya dana cukup?

Kecermatan dalam mengatur keuangan adalah kuncinya. Dan inilah yang akan diulas pada kesempatan kali ini. Mau tahu selengkapnya? Yuk simak ulasan tentang cara berhemat traveling di jepang di bawah ini!

Perhitungkan Semua Biaya Transportasi

Biaya transportasi terkadang tidak diperhitungkan dengan cermat. Ada saja kasus dimana traveler hanya menghitung biaya perjalanan dari rumah ke tempat tujuan. Begitupun dengan biaya untuk kepulangannya.

Ini tentu tidak dibenarkan jika Anda akan berlibur di Jepang. Setidaknya, Anda butuh lebih dari satu alat transportasi. Untuk biaya pesawat terbang sendiri perlu diperhitungkan. Yaitu biaya keberangkatan dan biaya kepulangan.

Setelah itu, Anda juga harus memperhitungkan biaya transportasi domestik. Alat transportasi apa yang akan digunakan untuk menjelajahi negeri sakura tersebut? Anda harus menentukannya dari awal.

Perencanaan yang tepat akan memudahkan Anda dalam menghitung sejumlah pengeluaran. Dan ini menjadi kunci utama untuk melakukan penghematan. Anda perlu mencarinya di berbagai sumber untuk memastikan alat transportasi yang akan dimanfaatkan setelah tiba di jepang.

Gunakan Japan Rail Pass Saat Berada Di Jepang

businessinsider.com

Japan rail pass adalah sebuah alat transportasi yang bisa mengantarkan traveler berkeliling di hampir seluruh tempat di jepang. Kenyamanan dan keamanan merupakan fasilitas utamanya. Dan yang terpenting adalah biayanya lebih terjangkau.

Japan rail pass ini sudah terafiliasi dengan alat transportasi lainnya. Contohnya adalah bus dan kapal ferry. Jadi, sekali Anda mendapatkan tiket, Anda bebas menggunakan salah satu alat transportasi yang bisa mengantarkan ke lokasi tujuan.

Perlu dipahami jika tiket khusus ini tidak bisa dimanfaatkan untuk Shinkansen Nozomi. Kemudian, JR Pass ini hanya bisa digunakan oleh wisatawan dengan tujuan liburan kurang dari 3 bulan. Selain itu, Anda diwajibkan untuk memesan tiket secara online.

Tenang saja, keuntungan darinya cukup banyak. Selain menawarkan kemudahan dalam mencapai lokasi tujuan, Anda juga diuntungkan dengan potongan harga.

Cara mendapatkannya adalah dengan membelinya secara online. Tentunya pada jasa travel online yang menyediakan JR Pass. Agar bisa digunakan, voucer yang diterima nantinya bisa diperlihatkan/ditukar di kantor JR Pass Jepang.

Pilih Hostel Sebagai Tempat Menginap

jyh.or.jp

Liburan tidak akan pernah lepas dari penginapan. Apalagi jika liburan Anda memakan waktu beberapa hari semisal di jepang. Penginapan terbaik harus direncanakan sebelumnya.

Salah satu penginapan yang bisa dipilih adalah penginapan berlabel Hostel. Hostel sendiri adalah jenis penginapan yang mengutamakan sharing fasilitas. Biasanya satu ruangan akan ditempati dengan beberapa tempat tidur.

Fasilitas yang diberikan oleh hostel nantinya akan digunakan sama-sama oleh tamunya. Entah itu kamar mandi, dapur dan fasilitas lainnya. Tapi tenang saja, untuk tempat tidurnya sudah dibedakan antara perempuan dan laki-laki.

Pemilihan hostel sendiri dianggap sangat tepat untuk menekan pengeluaran biaya. Pasalnya, biaya hostel sendiri relatif terjangkau. Jadi, traveler tidak terlalu pusing dengan pembengkakan biaya.

Pilihlah Restoran Modern

gion.co.nz

Memang ini bukan salah satu bagian dari menghemat biaya. Tetapi, ini berhubungan dengan teknis jalan-jalan di negara yang bahasanya belum Anda mengerti. Karena bahasa bisa saja mempersulit Anda sendiri.

Dengan memilih restoran modern, setidaknya menu sudah banyak dilengkapi dengan bahasa inggris. Bahasa inilah yang akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi. Dan tentunya ini akan menjadi syarat utama bila ingin lebih nyaman di negara orang.

Kalau memang tidak mendapatkannya, restoran kecil bisa dipilih. Caranya cukup mudah untuk melakukan pemesanan makanan sampai membelinya. Cukup tunjuk saja menu makanan, dan gunakan metode pembayaran menggunakan mesin pembayaran.

Supaya tidak terlalu rumit, temukan informasi lebih dulu mengenai rumah makan. Biasanya rumah makan modern sudah banyak dikenal dan direkomendasikan oleh sebagian traveler. Entah itu berupa makanannya sampai biaya dari menu makanan.

Shopping Seperlunya Saja

yatra.com

Rencanakan dari awal untuk membeli sesuatu. Ketika sudah sampai dan akan meninggalkan tempat tersebut, berburulah benda-benda yang diharapkan sebagai souvenir. Lagi-lagi, Anda butuh bantuan perangkat elektronik.

Di sini, jangan tergiur dengan souvenir-souvenir secara berlebihan. Ini hanya akan memakan biaya lebih besar. Anda cukup dapatkan souvenir yang diharapkan sebelumnya. Jika ada sisa uang yang dirasa tidak memberatkan, Anda bisa mengambil secara wajar.

Kesimpulannya, hitung semua jumlah biaya di atas. Mulai dari alat transportasi, penginapan, rumah makan sampai souvenir. Dengan perhitungan yang tepat, biaya tidak akan membengkak. Itulah sekilas mengenai panduan jalan hemat ke Jepang yang bisa dipraktekkan.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *