Mau Coba Solo Travelling? Ini Tips Buat Kamu!

Bahasa Inggris Nov 06, 2017 No Comments

Cara traveling sendiri yang prakteknya bagus akan memberikan pengalaman baru yang tak terlupakan. Sayangnya, tidak banyak traveler yang tahu bagaimana caranya. Apalagi sampai mempraktekkannya.

Traveling sendirian memberikan kebebasan penuh bagi traveler. Apapun bisa dilakukannya dengan senang hati. Namun hal ini tidaklah mudah.

Semua aktifitasnya harus terencana dengan matang. Mulai dari tempat mana yang akan dikunjungi, sampai perlengkapan dan anggaran biayanya. Masing-masing perlu diperhitungkan dengan matang.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Bagi orang yang sudah pernah traveling sendirian, sensasinya bikin ketagihan. Pengalaman baru pasti didapatkan. Inilah yang membuat traveler jatuh hati. Apalagi kalo bisa travelling sambil les bahasa Inggris di Pare.

Meskipun begitu, kadang ada perasaan khawatir, bosan dan lain sebagainya. Kondisi ini sangat wajar. Namun bila Anda bisa mengatasinya dengan baik, semuanya akan hilang. Untuk membantu perencanaan yang matang tentang traveling mandiri, ada baiknya jika Anda menengok rencananya di bawah ini.

Pastikan Tempat Mana Saja Yang Akan Dikunjungi

ksmtour.com

Ketika Anda berencana ke suatu tempat yang penuh akan obyek wisata, Anda disarankan untuk memastikan tempat mana yang akan dikunjungi. Buatlah daftar tempat-tempat yang bakalan dikunjungi. Daftar ini bisa dimulai dari tempat mana yang akan dikunjungi untuk pertama kali dan seterusnya.

Pastikan juga untuk mendaftar lokasi wisata paling dekat dengan lokasi yang dikunjungi. Maksudnya, daftar kunjungan dimulai dari tempat yang wajib, kemudian tempat yang kedua dan ketiga harusnya lebih dekat jaraknya. Tujuannya agar Anda bisa menjangkaunya lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, batasi waktunya. Misalnya bila Anda datang di lokasi wisata A, pastikan berapa lama Anda akan berada di tempat tersebut. Begitu pula dengan lokasi kedua dan seterusnya.

Semuanya perlu terencana agar Anda tidak direpotkan ketika sudah berada di lokasi wisata. Minimal, semuanya bisa dicari informasinya di internet. Kemudian buatlah daftarnya secara terperinci.

Kalaupun Anda ingin menghabiskan banyak waktu di tempat A lantaran ada keunikan di tempat tersebut, Anda bisa mengeliminasi lokasi wisata lainnya. Eliminasi obyek wisata lain akan membantu Anda dalam mengatur waktunya. Jadi, Anda tidak akan berlarut-larut di daerah asing.

Rincikan Anggaran Biaya Lebih Jelas

Di sini, Anda memang harus memeras pikiran terlebih dahulu. Setelah Anda membuat daftar kunjungan, Anda tentunya harus mendaftar juga mengenai penginapan dan alat transportasinya.

Riset terlebih dahulu penginapan mana dan alat transportasi apa yang akan dimanfaatkan. Kemudian, rincikan semua biaya yang akan dikeluarkan. Kalau bisa, pisahkan uang untuk kebutuhan yang berbeda tadi.

Jangan lupa untuk memberikan anggaran lebih untuk masing-masing kategori. Misalnya penginapan ditaksir sekitar 300 ribuan, maka pastikan untuk memberikan anggaran lebih dari itu. Tujuannya adalah agar masih ada sisa, atau bila Anda mendapatkan penginapan lebih mahal.

Belajarlah Efektif Dalam Packing Barang Bawaan

Ingat, Anda akan traveling sendirian. Ini berarti semuanya ada di pangkuan Anda. Tidak ada orang lain yang akan membantu dalam membawa barang bawaan.

Bawalah barang bawaan secukupnya. Kemudian pastikan untuk mengatur penempatan barang bawaan secara tepat. Maksudnya adalah packing yang bagus. Tujuannya agar Anda tidak terkesan pindah rumah.

Barang bawaan yang tentunya harus dibawa adalah busana ganti, peralatan elektronik. Itu harus diperkirakan dengan cermat. Jangan lupa barang elektronik yang bisa dimanfaatkan untuk mencari peta sekaligus untuk mengabadikan momen.

Catatlah Nomer Penting Di Kawasan Yang Dikunjungi

tmb.ie

Nomer penting seperti nomer pihak berwenang dan lain sebagainya wajib dicatat. Anda bisa mencarinya di berbagai media informasi. Setidaknya, ini juga dilakukan sebelum melakukan perjalanan.

Dengan memiliki nomer penting ini, Anda akan terbantu bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau ada kondisi darurat, Anda bisa memanfaatkannya. Misalnya untuk meminta bantuan.

Biasakan Bersosialisasi Dengan Orang Yang Ditemui

Menemukan teman seperjalanan bakal membuat Anda lebih nyaman. Misalnya adalah traveler lain yang akan berkunjung di tempat yang sama.

Ini bisa dilakukan untuk membuat Anda tidak kebingungan di lingkungan yang asing. Kalau memungkinkan, bersosialisasilah dengan penduduk setempat. Tapi hati-hati, karena ada juga yang mengambil keuntungan.

Sosialisasi ini ditujukan untuk membantu dalam hal informasi atau sekedar teman berjalan. Komunikasi di tengah perjalanan mandiri akan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan. Bahkan ini akan menghilangkan kebosanan.

Jangan Biasakan Tidur Di Alat Transportasi

Kebiasaan ini bisa mengundang masalah. Ingat, Anda sedang berjalan sendirian. Dikhawatirkan jika barang bawaan Anda hilang ketika ketiduran di alat transportasi.

Sama halnya bila Anda malah kebablasan ke tempat lain. Ini akan merepotkan sekali. Bahkan bisa membuat pembengkakan pada pengeluaran biaya.

Beranilah Untuk Mengambil Keputusan Sendiri

Percayalah pada diri sendiri. Lakukan semuanya sesuai insting Anda. Ini perjalanan Anda, dan tanggung jawab ada pada Anda sendiri.

Percayalah dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Lakukan sesuai rencana. Kalaupun meleset sedikit, pastikan tidak sampai membuat Anda terlilit masalah yang pelik. Misalnya lebih percaya pada rute yang Anda pahami ketimbang rute yang ditawarkan orang asing.

Demikianlah caranya Anda bila ingin traveling sendirian. Traveling akan penuh sensasi dan pengalaman baru. Jadi, sudah siapkah Anda mempraktekkan cara traveling sendiri ini?

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *