Latihan Percakapan Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jawa

Bahasa Jawa Feb 27, 2018 No Comments

Ketika berkunjung ke daerah yang menggunakan bahasa Jawa, lebih sopannya tentunya Anda yang harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Namun bagaimana caranya? Sebab yang pasti Anda harus menggunakan bahasa Jawa pada saat memperkenalkan diri. Dalam artikel ini, akan diulas secara lengkap seperti apa cara memperkenalkan diri dan percakapan menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar beserta contoh prakteknya. Sehingga nantinya Anda tidak hanya paham soal terorinya saja namun bisa langsung mempraktekkannya.

abdi dalem pemuda jawa

[extoc]

Contoh Perkenalan Dalam Bahasa Jawa Halus

Menggunakan bahasa Jawa halus pada saat perkenalan bisa menjadi nilai plus tersendiri. Kenapa? Sebab dari segi kesopanan dirasa sangat sopan. Dan pastinya lawan bicara Anda juga akan sangat respek kepada Anda lantaran merasa dihormati.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik contoh percakapan memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jawa. Dan yang perlu dipahami dulu adalah ada 2 macam perkenalan dalam bahawa Jawa, diantaranya:

Dengan Sebaya atau Sederajat

Sebaya yang dimaksud di sini bukan berarti secara umur haruslah sama, sebab terkadang Anda kesulitan untuk memastikan umur seseorang. Jadi pahami saja sebaya di sini yang dimaksud adalah teman main ataupun kolega yang dengannya Anda tidak menjaga jarak.

Dengan yang Lebih Tua atau Terhormat

Terhormat yang dimaksud di sini adalah merujuk pada posisi dalam keluarga, kedudukan sosial, jabatan institusi, dan lain sebagainya. Intinya seseorang yang harus Anda hormati. Untuk memperkenalkan diri, Anda diwajibkan untuk menggunakan bahas Jawa Krama atau Krama Inggil.
Jika memang Anda belum terlalu mengerti kosakata Kramanya, maka lebih baik menggunakan bahasa Indonesia saja. Kenapa? Sebab jika sampai Anda mengucapkan bahasa Krama yang kurang tepat kesannya malah menjadi kurang sopan.

Contoh Memperkenalkan Diri dengan Teman Main

Di bawah ini merupakan contoh obrolan saat memperkenalkan diri dengan teman main.

Anda: Entuk kenalan karo awakmu ora? Artinya adalah Boleh kenalan dengan Anda tidak?
Teman: Yo entuk wae. Artinya adalah ya boleh saja.
Anda: Jenengku Paiman, jenengmu sapa? Artinya adalah namaku paiman, namamu siapa?
Teman: Jenengku ayu. Artinya adalah namaku ayu.

Contoh Memperkenalkan Diri dengan Teman Kerja
Di bawah ini merupakan contoh obrolan saat memperkenalkan diri dengan teman kerja.

Anda: Sugeng enjing. Artinya adalah selamat pagi.
Teman Kerja : Sugeng enjing. Artinya adalah selamat pagi.
Anda: Nami kula Wahyu. Kula karyawan enggal wonten mriki. Artinya adalah nama saya Wahyu. Saya karyawan baru disini.
Teman Kerja: Kula Candra. Mugi-mugi betah. Artinya adalah saya Candra. Semoga betah.
Anda: Matur nuwun. Artinya adalah Terima kasih.

Contoh Memperkenalkan Diri dengan Tetangga
Di bawah ini merupakan contoh obrolan saat memperkenalkan diri dengan tetangga.

Anda: Sugeng ndalu. Artinya adalah Selamat malam.
Tetangga: Sugeng ndalu. Artinya adalah Selamat malam.
Anda: Nyuwun sewu, tepangaken kawula Mamat, ingkah manggeni griya nomer kalih. Artinya adalah permisi, kenalkan saya Mamat, yang menempati rumah nomor 2.
Tetangga: O nggih. Kawula Yahya, griyo kulon piyambak. Artinya adalah O iya. Saya Yahya, rumah paling barat.
Anda: Monggo pinarak panggenan kula niki. Artinya adalah Silakan berkunjung ke rumah saya ini.
Tetangga: Nggih matur nuwun, sanes dinten. Artinya adalah iya terima kasih, lain hari saja.

Itulah beberapa contoh obrolan memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jawa. Semoga ini bisa membantu Anda yang saat ini sedang belajar bahasa Jawa. Yang perlu diingat adalah beda lawan bicara Anda berbeda pula bahasa Jawa yang Anda gunakan untuk memperkenalkan diri Anda.

Cara Lain Cepat Menguasai Bahasa Jawa

Bahasa apapun jika dipraktikkan dengan cara percakapan maka semakin mudah untuk dikuasai. Sayangnya, banyak orang yang justru takut untuk berbicara. Padahal, jika Anda bukan penutur asli dan berbicara dengan penutur asli, mereka tidak akan menertawakan Anda jika terjadi kesalahan.

Akan tetapi, setidaknya ada hal paling basic yang setidaknya Anda kuasai. Contohnya saja kosakata serta cara pengucapannya. Dan hal tersebut tidak hanya bisa Anda kuasai dengan cara menghafal saja. Ada cara lain yang lebih menyenangkan untuk Anda lakukan.

Apa itu? Yaitu dengan syair Jawa. Anda suka syair atau puisi? Ada banyak sekali syair yang sedang jadi hits saat ini. Dan kebanyakan syair tersebut liriknya dibuat dari Bahasa Jawa. Bukankah ini lebih menyenangkan? Dan karena lebih menyenangkan, Anda juga lebih mudah untuk menyerap kosakata serta mampraktikkan untuk mengucapkan kosakata dalam Bahasa Indonesia.

Jadi, mulailah isi syair di handphone Anda dengan syair Bahasa Jawa. Putar syair tersebut ketika Anda sedang santai atau sedang di mobil ketika melakukan perjalanan. Anda tidak perlu menghafalkan liriknya. Semakin Anda mendengarkan, tanpa Anda sadari Anda akan hafal sendiri.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *