Langkah Tepat Untuk Mulai Mempelajari Bahasa Catalan

Belajar Bahasa Aug 23, 2018 No Comments

Bahasa Catalan adalah bahasa resmi di Andorra. Letaknya berada di antara Spanyol dan Perancis. Bahasa ini digunakan oleh sebagian penduduk Spanyol, dan menjadi bahasa harian oleh masyarakat Andorra. Sayangnya, mungkin cukup sulit untuk menemukan kursus bahasa ini, dibandingkan dengan menemukan kursus bahasa Inggris di Surabaya atau kota lainnya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Bahasa Catalan dituliskan dalam bahasa huruf latin. Namun ada beberapa perbedaan mendasar, khususnya tentang bagaimana cara melafalkannya. Walaupun belum ada tempat kursus untuk bahasa ini, kamu juga bisa mempelajarinya sendiri loh. Yuk simak uraian nya berikut ini.

Huruf Latin Yang Tidak Digunakan Dalam Bahasa Catalan

Ada beberapa huruf yang tidak digunakan dalam bahasa ini. Diantaranya adalah huruf K, W dan Y. Huruf tersebut hanya sebatas sebagai huruf serapan dari bahasa asing lainnya.

Selain huruf tersebut, ada beberapa perbedaan dalam melafalkan huruf tertentu. Hal ini penting untuk kamu ketahui jika kamu baru belajar bahasa ini. Contohnya adalah huruf G yang dilafalkan menjadi Gi atau Ge.

Sementara untuk huruf C nantinya bisa dibaca si, se ataupun K. Satu lagi, suku kata Gu cara bacanya adalah gw.

Cara Mempelajari Bahasa Catalan

hari kemerdekaan catalan

Image Source: korkep[dot]sk

Bagi kamu yang baru ingin belajar Bahasa Catalan, ada beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan. Tips ini sebaiknya diterapkan. Tujuannya agar kamu bisa mahir berbahasa asing tersebut.

Kosakata harian sangat penting

Tidak dipungkiri jika ingin berbicara dengan bahasa yang baik, kamu perlu memiliki banyak kosakata. Kosakata yang dimaksud bukan kata-kata mandiri saja. Karena ini akan membuat kebingungan saat menyampaikan makna.

Ada kalanya kamu belajar sebuah frase atau kosakata yang sudah terbentuk dalam kalimat. Metode pembelajaran seperti ini akan sangat menguntungkan buat pemula. Karena kamu sejatinya langsung bisa membacanya dan memahami isinya.

Carilah tema khusus yang berisikan percakapan dua orang

Selain memperkaya kosakata secara mandiri, kamu juga disarankan untuk sering membaca sebuah percakapan harian. Pertama, carilah sebuah percakapan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Kedua, pastikan percakapan ini memuat arti yang kamu mengerti. Contohnya adalah percakapan yang diartikan dalam bahasa Indonesia atau bahasa asli kamu.

Ketiga, carilah tema khusus dari percakapan tersebut. Misalnya tema tentang rumah, kegiatan olahraga, pekerjaan sampai kegiatan sekolah.

Tema ini akan berguna sekali. Karena kamu dibawa langsung pada suasana harian. Tinggal kamu menghafal beberapa kalimatnya, dan usahakan untuk mencoba mengucapkannya atau praktek langsung.

Mempraktekkanya sekaligus mengulangi

Cara terakhir adalah melakukan praktek sederhana. Praktek akan sangat membantu jika kamu menemukan lawan bicara. Karena kamu tidak pasif sama sekali. Untuk itulah, temukan orang yang juga belajar Bahasa Catalan ini, atau temukan penuturnya.

Setelah itu, ulangi beberapa kalimat yang sudah dipelajari. Pengulangan akan sangat bermanfaat jika kamu mengimbanginya dengan situasi. Artinya, bila kamu sedang mengerjakan sesuatu, kamu bisa mengucapkannya dalam Bahasa Catalan ini.

Kumpulan Kosakata Bahasa Catalan Dan Artinya

acara catalan

Image Source: thedai;ybeast[dot]com

Kosakata ini berkaitan dengan kegiatan harian yang bisa kamu hafalkan. Kamu bisa menghafal beberapa kata dalam satu hari dan mencoba untuk membuat kalimat dari kata tersebut.

Bahasa CatalanArtinya
JoSaya
TuKamu
NosaltresKami
VosaltresKalian
TotsMereka
EllDia laki-laki
EllaDia perempuan
SiYa
NoTidak
HolaHai
Bon diaSelamat pagi/siang
Bona tardaSelamat pagi
Bona nitSelamat malam
A reveureSampai jumpa
Fins aviatSampai nanti
Com vaApa kabar
PerdoPermisi
Em sap greuMaaf
GraciesTerimakasih
Si us plauTerimakasih kembali
D'acordBaiklah
On somAda dimana ini
Que femApa yang dilakukan
AdeuSelamat tinggal
Em dicNama saya
SocSaya berasal

Kesimpulannya, praktek langsung memang masih menjadi cara terampuh untuk belajar bahasa asing. Jika kamu ingin cepat mahir bahasa Catalan atau pun bahasa lainnya, jangan lupa untuk rajin berlatih ya. Selamat mencoba!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *