Categories
Bahasa Jerman

Lakukan 5 Trik Ini untuk Menghindari Kesalahan Umum Belajar Bahasa Jerman

Apakah kamu memiliki rencana untuk pergi ke Jerman? Yuk, kita berlatih bahasa Jerman dengan baik supaya tidak melakukan kesalahan-kesalahan umum yang membuatmu sulit menghafalkan bahasa Jerman.

Mengapa bahasa Jerman susah?
Apakah belajar bahasa Jerman itu susah? Jawaban dari pertanyaan ini akan bervariasi. Hal ini tergantung dari siapa yang mempelajarinya. Namun faktanya, sebagian besar orang menyebut bahwa belajar bahasa Jerman cukup sulit. Bagaimana tidak? Ada banyak sekali kosakata dan struktur berbeda dari bahasa Inggris yang sering kita pelajari. Kesulitan dalam mempelajari bahasa Jerman ini kadang membuat kita frustrasi sampai hampir menyerah.

Niat mempelajari bahasa Jerman dengan mudah, ternyata membawa kita dalam kesalahan-kesalahan umum berbicara bahasa Jerman. Oleh karena itu, terdapat trik khusus yang perlu kamu lakukan dalam mempelajari bahasa Jerman. Mau tahu apa saja? Berikut 5 trik untuk menghindari kesalahan umum belajar bahasa Jerman yang harus kamu tahu.

1. Perhatikan penggunaan Gender yang tepat
Kesalahan umum yang sering dilakukan dalam belajar bahasa Jerman yaitu mencampurkan gender. Dalam bahasa Jerman, gender terdiri dari tiga bentuk yaitu feminin, maskulin, dan netral untuk setiap kata benda. Jadi, jangan sampai kamu salah dalam penggunaannya ya!

2. Penggabungan struktur kata yang tepat
Sama seperti bahasa lainnya, bahasa Jerman memiliki urutan atau struktur katanya sendiri. Bedanya, bahasa Jerman memiliki struktur yang lebih fleksibel dari bahasa Inggris. Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan struktur bahasa Inggris pasti akan sedikit kebingungan dengan urutan kata dalam bahasa Jerman. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan aturan dasar penggabungan struktur kata yang tepat agar tidak keliru lagi.

3. Gunakan preposisi yang tepat
Umumnya, preposisi tertentu dalam bahasa Jerman diikuti oleh akusatif dan datif. Lalu, bagaimana cara menggunakan preposisi yang tepat? Tentunya kamu harus mengetahui mana kata yang pas digunakan dengan akusatif dan datif. Jangan sampai tertukar ya!

4. Penggunaan Artikel dalam bahasa Jerman
Agar kamu tidak melakukan kesalahan umum dalam belajar bahasa Jerman, jangan sampai melewatkan poin penting ini!
Artikel dalam bahasa Jerman terdapat 3 bentuk seperti der, die, dan das. Hal yang membuat kita bingung dan merasa sulit dari penggunaan artikel dalam kata benda ini adalah bentuknya yang tidak disertai oleh pola tertentu.
Trik mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi poin ini yaitu dengan menghafalkan setiap kata benda sekaligus dengan artikelnya.

5. Gunakan bahan ajar yang sesuai

Tidak sulit mencari bahan ajar yang sesuai untuk mempelajari bahasa Jerman. Alangkah baiknya kamu juga perlu mencari bahan ajar yang mudah untuk dimengerti. Ketika kamu masih memerlukan buku belajar bahasa Jerman bagi pemula, maka tidak disarankan untuk menggunakan buku bahasa Jerman yang menurutmu hingga membuat kamu bosan dan meninggalkannya.

Beberapa bahan ajar yang dapat kamu gunakan di antaranya dapat berbentuk buku cetak, audio visual, maupun pembelajaran secara daring lainnya.
Pada dasarnya, belajar bahasa Jerman tidak akan sesulit yang kita bayangkan sebelumnya ketika hati kamu merasa senang dan bersedia untuk mempelajarinya. Meskipun terdapat beberapa aturan bahasa Jerman yang harus kamu perhatikan, kamu akan terbiasa jika terus berlatih dengan penuh semangat.

Selamat mencoba! 😉

By Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *