Kunci Agar Cepat Belajar Bahasa Jawa

Bahasa Jawa Feb 21, 2018 No Comments

Bahasa Jawa bisa dibilang salah satu bahasa daerah yang paling populer di Indonesia. Bahkan banyak sekali syair-syair dalam bahasa Jawa yang lagi booming saat ini. Dan salah satu cara yang tepat untuk bisa berbicara Bahasa Jawa dengan cepat adalah melantunkan syair. Akan tetapi, jika hanya hafal syair, kosakata Bahasa Jawa Anda sangat terbatas. Tentu saja Anda juga perlu memperkaya kosakata Bahasa Jawa selain dengan menghafal syair sama halnya ketika anda berniat untuk ikut serta kursus bahasa inggris online.

Pada kesempatan kali ini, akan diulas secara lengkap beberapa trik khusus belajar bahasa Jawa. Memangnya seperti apa caranya? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

[extoc]

Trik Rahasia Menguasai Bahasa Jawa Dalam 1 Minggu

Banyak yang mengeluh merasa kesulitan untuk menguasai bahasa Jawa. Bagi Anda yang saat ini sedang merasa demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba memprektekkan tips belajar bahasa Jawa dalam 1 minggu berikut ini:

1. Kuasai Terlebih Dahulu Kata Bahasa Jawa yang Sering Digunakan

Sebaiknya Anda menguasai kata-kata tanya terlebih dahulu. Kenapa? Sebab dalam pergaulan sehari-hari kata-kata seperti ini paling sering digunakan. Contohnya saja seperti apa, sapa, piye, pira, kapan, dan lain sebagainya.
Selain itu, Anda juga harus menguasai ucapan salam dalam bahasa Jawa, seperti sugeng enjang, sugeng siang, sugeng sonten, sugeng ndalu, sugeng tindak, sugeng rawuh, sugeng makaryo, dan lain sebagainya.

2. Langsung Praktek Bicara Bahasa Jawa

Jangan pernah malu untuk langsung mecoba dan juga memprektekkan percakapan dengan menggunakan bahasa Jawa yang sebelumnya sudah Anda pelajari. Meskipun, secara pengucapan atau aksennya masih terdengar sedikit aneh. Dibawa santai saja, nanti lama kelamaan juga akan lancar dengan sendirinya.

3. Bertanya dengan Teman yang Bisa Bahasa Jawa

Ketika ada sebuah kata yang belum Anda mengerti saat sedang mendengarkan percakapan seseorang, jangan ragu untuk bertanya. Jika Anda kurang enak menanyakannya langsung, Anda bisa bertanya kepada teman Jawa Anda. Jangan lupa untuk mengulanginya supaya kosa kata baru tersebut langsung bisa nyantol ke memori otak Anda.

4. Pelajari Tingkatan Bahasa Jawa

Yang perlu Anda pahami juga adalah di dalam bahasa Jawa dikenal dengan adanya beberapa tingkatan. Seperti bahasa Jawa Ngoko, bahasa Jawa Krama, dan juga bahasa Jawa Krama Inggil.
Dan yang perlu diperhatikan lagi, tingkatan bahasa Jawa tersebut digunakan tergantung dengan siapa Anda berbicara. Dengan melakukan hal tersebut, Anda tinggal menyesuaikan penggunaannya saja.

5. Baca Informasi di Internet dalam Bahasa Jawa

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jawa Anda, biasa disiasati juga dengan membiasakan membaca bacaan yang menggunakan bahasa Jawa. Misalnya saja ketika Anda mencari referensi informasi bisa dengan membuka wikipedia yang versi bahasa Jawa.
Dengan melakukan hal semacam ini, Anda akan bisa lebih banyak lagi menyerap kosakata baru. Dan ketika ada kata yang kurang begitu paham, bisa langsung mencari artinya di kamus online bahasa Jawa.

6. Carilah Pasangan yang Bisa Bahasa Jawa

Untuk yang satu ini tergantung dari diri Anda. Jika memang dirasa cocok dan kebetulan juga memang berjodoh, apa salahnya. Untuk yang satu ini dijamin tidak butuh waktu lama Anda akan lancar bahasa Jawanya.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa cepat berbahasa Jawa. Siap untuk mempraktikkan?
Bahasa Jawa Itu Penting

Tentu Anda punya alasan sendiri mengapa ingin belajar Bahasa Jawa. Mungkin saja pasangan Anda dari Jawa. Atau ada rekan bisnis yang berasal dari Jawa. Dengan menguasai Bahasa tersebut, Anda bisa lebih intens perkomunikasi dengan rekan bisnis Anda tersebut.

Akan tetapi, ada hal lain yang membuat Bahasa Jawa ini sangat penting, yaitu banyaknya penutur Bahasa Jawa. Bisa dikatakan hampir di semua pulau di Indonesia ada orang Jawa. Dan akan menjadi poin plus tersendiri jika Anda yang bukan orang Jawa bisa berbahasa Jawa. Anda bisa lebih cepat bergaul dengan orang Jawa.

Selain itu, Bahasa Jawa memilih filosifi tersendiri. Apalagi jika Anda ingin lebih menekuni lagi dunia pewayangan Jawa. Anda tidak hanya akan mampu berbahasa Jawa, tapi juga memahami filosifi hidup orang Jawa yang terkenal adem, ayem, dan bahagia di kondisi seperti apapun.

Menguasai bahasa Jawa terbilang sangat penting. Kenapa? Pasalnya bahasa daerah ini banyak sekali yang menggunakannya di Indonesia. Terbukti jika Anda perhatikan banyak sekali lagu-lagu versi bahasa Jawa yang bisa booming dan bahkan sampai ditonton oleh ratusan juta orang Indonesia.

Apalagi bagi Anda yang sedang merantau di Jawa. Menguasai bahasa Jawa bisa sangat membantu Anda selama berada dalam masa perantauan. Sebenarnya mudah sekali belajar bahasa Jawa. Yang paling penting mau belajar dan tidak malu untuk memprektekkannya.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *