Kosakata Bahasa Jawa Yang Sering Digunakan Untuk Berkomunikasi

Bahasa Jawa Feb 12, 2018 1 Comment

Orang akan lebih mudah berkomunikasi dengan bahasa Jawa jika memiliki banyak kosakatanya. Kosakata paling sering adalah dalam bentuk kata ganti orang, kemudian kata kerjanya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Sebenarnya, bahasa apapun sudah tersturktur. Cuma, bahasa Jawa lebih mudah strukturnya dibandingkan dengan struktur percakapan bahasa inggris. Tidak seperti bahasa lain yang kadang memerlukan banyak aturan. Contohnya adalah bahasa inggris.

Bahasa Inggris punya banyak tenses. Tenses ini berkaitan langsung dengan waktu. Jika tensesnya keliru, maka lawan bicara akan keliru memahami apa yang Anda katakan. Lain dengan Bahasa Jawa. Hanya saja, ada tingkatan dalam berbahasa di Jawa.

Sementara Bahasa Jawa ini kurang lebih seperti Bahasa Indonesia. Strukturnya sama, tidak ada batasan waktu yang mana akan lebih mudah dipelajari. Kuncinya adalah Anda tahu lebih banyak kosakatanya. Terutama kata-kata yang paling sering digunakan.

[extoc]

Kosakata Yang Paling Sering Digunakan Dalam Berbahasa Jawa

Dalam bahasa sendiri, bagian bahasa tentu sangat banyak. Mulai dari kata ganti, kata kerja, kata benda, kata keterangan sampai kata penghubung. Di dalam bahasa inggris, bagian dari bahasa ini disebut part of speech.
Dari kesekian bagian bahasa ini, kata ganti orang dan kata kerja menempati posisi paling utama. Dengan mempelajari kosakata ini, Anda akan lebih mudah untuk memahami apa yang dikatakan lawan bicara. Bahkan, Anda bisa membalas dengan kalimat yang tepat.

Kata ganti orang ini berupa kata saya, kamu, kita, dan mereka. Ini adalah kata ganti orang yang mana sering digunakan. Khususnya digunakan untuk bercerita. Sementara kata kerja sendiri akan mengikuti kata ganti orang tersebut. Banyak sekali kata kerjanya. Misalnya adalah membeli, mengerjakan, menawar dan lain sebagainya.

anak jawa

Dengan mengetahui kosakata berkaitan dengan kata kerja dan kata ganti orang, komunikasi akan berjalan lebih normal. Tapi pastikan, kata yang digunakan sesuai dengan lawan bicara. Misalnya apakah perlu menggunakan bahasa ngoko atau kromo inggil (halus).

Daftar Kosakata Bahasa Jawa Yang Sering Digunakan

Masih berkaitan dengan kata ganti orang dan kata kerja dalam bahasa Jawa. Daftar ini bisa dihafalkan, bahkan juga dibuat menjadi satu bentuk kalimat. Baru kemudian diaplikasikan sebagai bahasa komunikasi dengan lawan bicara. Untuk mempermudahnya, mari simak tabel kosakata bahasa Jawa berikut ini.

Tabel kata ganti dalam bahasa Jawa ngoko dan kromo inggil.

Jawa ngoko Jawa kromo inggil Arti dalam bahasa indonesia
Aku Kulo, Dalem Saya
Kowe Sampean, panjenengan Kamu
Awakdewe Kito Kita
Ndekne, deweke Piyambakipun Dia
Deweke kabeh Piyambakipun sedoyo Mereka
Iki Niki Ini
Iku, kuwi Niku Itu

Tabel kata kerja dalam bahasa Jawa ngoko dan kromo inggil.

Jawa ngoko Jawa kromo inggil Arti dalam bahasa Indonesia
Lungo Tindak Pergi
Muleh Mantuk Pulang
Teko Rawuh Datang
Ngomong Ngendiko, dawuh Berbicara
Mangan Madang, dahar, nedo Makan
Ngumbe, ngombe Ngunjuk Minum
Ndelok Mirsane Melihat
Krungu Mireng, midanget Mendengar
Ngerti, reti Mangertos, ngertos Mengerti
Menehi Maringi Memberi
Nggawe Ndamel Membuat
Nugel Motong Memotong
Lungguh, linggeh Lenggah, pinarak Duduk
Ngadeg Jumeneng Berdiri
Nganggo Ngagem Menggunakan
Ngapuro Ngapunten Memaafkan
Nyekel Ngasto Memegang
Dandan Dandos, busono Berhias diri
Ndulang Ndahari Menyuapi
Nduwe Gadhah, kagungan Memiliki, mempunyai
Eling Emut, enget Mengingat
Melu Tumut, nderek Ikut
Entuk Angsal, pikantuk Mendapatkan sesuatu
Gawa, nggowo Bekto, ngasto Membawa
Gentenan Gantosan, gentosan Bergantian

Kosakata ini paling sering digunakan. Khususnya kosakata ini merupakan kosakata asli dari Jawa Tengah. Sementara untuk Jawa lainnya, kurang lebih kosakatanya tidak terlalu berbeda.
Akhirnya, kosakata tersebut bisa menjadi pegangan buat Anda pelajari. Buatlah sebuah kalimat, kemudian praktekkan dengan suara agak keras. Maka, Anda akan lancar dalam berbahasa Jawa.

Masalah Yang Akan Anda Hadapi

Anda yang sedang mulai belajar Bahasa Jawa itu ibarat bayi yang mulai berbicara. Bayangkan, apakah bayi bisa mengusai banyak Bahasa? Hal tersebut mungkin tapi sulit sekali. Awalnya, ia akan menguasai Bahasa Ibu karena

Bahasa itulah yang sering ia dengar.
Tidak sampai di situ saja. Kosakata yang dipelajari pun yang mudah untuk ditiru atau diucapkan. Awalnya, kosakata tidak diucapkan secara sempurna. Namun, lambat laun, kosakata bisa diucapkan sama seperti orang dewasa.
Sayangnya, Bahasa Jawa ini banyak sekali. Seperti yang sudah Anda ketahui, Ada ngoko dan juga kromo Inggil. Dan orang Jawa sendiri banyak yang tidak mampu menguasai kedua Bahasa tersebut.

Dan jika Anda diibaratkan seperti bayi yang sedang mulai belajar Bahasa, maka ada sati hal yang membuat Anda bisa dengan cepat menguasai Bahasa Jawa, yaitu gunakan Bahasa yang banyak digunakan oleh orang sekitar. Jika orang sekitar menggunakan ngoko, belajar dan praktikkan untuk menggunakan Bahasa Jawa ngoko. Karena penguasaan Bahasa itu karena kebiasaan, bukan karena belajar dari buku atau teori.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

One Comments

  1. Wawat

    Ngapunten sangat menawi saget tata tulis dipun teliti Malih amargi kok katah ingkang setengah trep kados (Bekto, ngasto) jawa wonten i miring, a miring, i jejeg a jejeg.
    Lajeng miturut ql Tembung kita Niku boten wonten teng tata basa Jawa dados salah menawi dados Krama… Ngapunten gih mas namung ngoreksi kemawon…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *