Kiat Untuk Mengucapkan Bahasa Jerman Dengan Fasih

Bahasa Jerman Aug 21, 2018 No Comments

Kesulitan seseorang yang belajar bahasa asing bukan hanya terletak pada memahami kata, namun juga bagaimana cara pelafalannya. Sama seperti saat kamu belajar di tempat kursus bahasa inggris di Jakarta Barat atau daerah lainnya. Begitupula dengan Bahasa Jerman yang memang punya pelafalan berbeda. Namun begitu, kesulitan ini bisa diatasi. Bagaimana caranya?

Cara Melafalkan Kalimat Berbahasa Jerman Dengan Benar

Sebagai pemula, mempelajari bahasa asing tidaklah mudah. Namun tetap bisa diusahakan. Tentunya dengan hasil yang optimal. Ketekunan dan kesabaran adalah kunci utamanya. Sama seperti saat kamu les bahasa inggris di bekasi atau di kota manapun.

Bicara Bahasa Jerman, sebenarnya bahasa ini tidaklah terlalu sulit untuk dipahami. Kuncinya adalah memahami maksud dari yang dikatakan. Caranya adalah mengetahui banyak kosakata harian, sekaligus dengan pelafalannya.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Nah, untuk mengetahui pelafalannya, baik itu digunakan untuk mendengar maupun mengucapkan, maka diperlukan pemahaman akan perubahan bentuk kata yang diucapkan. Maksudnya, ada beberapa kata vocal yang dilafalkan secara berbeda. Lebih jelasnya bisa dilihat di bawah.

– Kata ei bisa dibaca menjadi ai dalam sebuah kata. Misalnya kata eins, pelafalannya akan menjadi ains. Artinya adalah satu. Ini juga berlaku pada kata-kata lainnya, tentunya tanpa mengesampingkan pengecualian.
– Kata ie dibaca I lebih panjang. Contohnya kata vier, pelafalannya menjadi viir.
– Kata eu dalam sebuah kata dibaca oi. Contohnya adalah freunde, pelafalannya menjadi Froinde.
– Huruf o dengan dua titik atas akan dibaca O panjang serasa mendekati U. Contohnya kata sehon, pelafalannya menjadi sehooun.
– Huruf H akan berubah-ubah sesuai dengan tempat kedudukannya di dalam sebuah kata. Bisa memanjangkan huruf vocal awal bila ditempatkan di belakang huruf vocal. Contohnya fahren, bacanya menjadi faahren.
– Huruf H diawal kata akan diucapkan dengan jelas. contohnya adalah hier, pelafalannya tetap dengan penegasan kata yang sama.
– Huruf H akan menjadi Y bila dalam kata H diapit dengan huruf vocal E. Contohnya adalah sehen. Pelafalannya menjadi Seyen.

Cara pelafalan kata ini perlu diperhatikan. Biasakan untuk menemukan katanya, kemudian melafalkan dengan cara di atas. Untuk memudahkannya, kamu bisa mencari kosakata beserta cara pelafalannya.

Kosakata Bahasa Jerman Dan Artinya

Selain mampu melafalkan kata demi kata, kamu juga perlu lebih berani untuk mengucapkannya dalam bentuk kalimat. Tujuannya adalah supaya kamu bisa menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Nah untuk membantu kamu belajar bahasa Jerman, kamu bisa mulai dengan menghapal kosakata berikut:

Bahasa JermanArtinya
Guten morgenSelamat pagi
Guten tagSelamat siang
Guten abendSelamat malam
Herzlich wilkommenSelamat datang
Wie geht es ihnenApa kabar
GrueziHalo
Moin moinHalo
DankeTerima kasih
Aunch gut, dankeBaik-baik saja, terima kasih
Auf wiedereahenSampai bertemu lagi
Auf wiederhorenSampai bertemu lagi (via telfon)
Guten flugSelamat jalan
CiaoDah
Mach's gutHati-hati ya
Bisa baldSampai nanti
Auf baldSampai nanti
EssenMakan
TrinkenMinum
LernenBelajar
LesenMembaca
SchreibenMenulis
SehenMelihat
HorenMendengar
SitzenDuduk
StehenBerdiri
GehenBerjalan kaki
LaufenBerlari
SchlafenTidur
ArbeitenBekerja
WeinenMenangis
LichnenTertawa
RedenBercakap-cakap
KaufenMembeli
VerkaufenMenjual
FindenMenemukan
SuchenMencari
AufmachenMembuka
ZumachenMenutup
FernsehenMenonton TV
Spazieren gehenJalan-jalan
SagenBerkata
SprechenBerbicara
VerstehenMengerti
WollenMenginginkan
TragenMembawa
KommenDatang
FragenBertanya
BestellenMemesan
BenotigenMembutuhkan
VorstellenMemperkenalkan

Kesimpulannya, pelafalan akan menjadi kunci utama untuk memahami sebuah bahasa. Jadi, pahami bagaimana cara melafalkan, kemudian terapkan dengan suara yang keras supaya kamu bisa berkomunikasi dengan Bahasa Jerman secara fasih.

Manfaatkan Momen Piala Dunia

Apa hubungannya antara belajar Bahasa Jerman dengan piala dunia? Tentu saja ada hubungannya. Jika kamu adalah pecinta sepakbola, sangat tepat ketika kamu mengikuti berita piala dunia yang segera akan digelar beberapa waktu mendatang. Namun, akan lebih baik jika kamu mengikuti berita perkembangan piala dunia dengan Bahasa Jerman. Buka portal berita bola Bahasa Jerman. Itu akan membantu memperkaya kosakata Bahasa Jerman kamu.

Akan tetapi, terkadang kamu tahu kosakatanya namun tidak mengerti bagaimana mengucapkannya. Untuk mengasah kemampuan berbicara Bahasa Jerman, kamu bisa coba melihat pertandingan bola di mana komentatornya menggunakan Bahasa Jerman. Pilih saja channel di Youtube. Banyak channel yang memposting video pertandingan bola dengan komentator orang Jerman dan menggunakan Bahasa Jerman. Dengan demikian, kamu belajar mengucapkan kosakata Bahasa Jerman. Pada saat yang sama, kamu juga mengasah kemampuan kamu dalam mendengarkan orang Jerman berbicara.

Semakin serius kamu belajar Bahasa Jerman, maka semakin mudah kamu mempelajarinya. Setelah belajar membaca, berbicara, dan juga mendengarkan Bahasa Jerman, ada baiknya kamu mulai juga untuk mencoba untuk menulis Bahasa Jerman.

Buat blog lalu tuliskan artikel pendek dengan menggunakan Bahasa Jerman. Ulas topik yang kamu suka. Tanpa sadar, kamu akan mahir sekali berbahasa Jerman, tidak hanya pasif tapi juga aktif.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *