Kiat Mempelajari Bahasa Jepang Secara Otodidak

Bahasa Jepang Aug 21, 2018 No Comments

Apakah bisa sukses belajar Bahasa Jepang sendiri di rumah? Jawabannya bisa banget. Asal kamu harus tahu tips and triknya. Sebetulnya, jika kamu ingin mencari tempat kursus bahasa Jepang pun mudah loh, sama seperti saat kamu ingin mencari tempat les bahasa inggris di Depok misalnya, ataupun di kota lain. Pasti di tiap kota ada yang membuka les bahasa Jepang.

Banyak alasan kenapa orang mau mempelajari Bahasa Jepang ini. Selain memiliki tujuan untuk bekerja, orang mempelajarinya sebagai alat komunikasi yang memudahkan saat berkunjung di Jepang. Contohnya adalah untuk berlibur.

Kelebihan Dan Kekurangan Belajar Bahasa Jepang Sendiri

Belajar bahasa memang bisa ditempuh dengan beberapa cara. Ada yang mengikuti les, ada juga yang berupaya sendiri. Misalnya belajar mandiri di rumah.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Bagaimana dengan hasilnya? Jika berbicara mengenai hasil, ini tidak bisa dilepaskan dari niat kamu sendiri. Niatan yang kuat, kemudian didukung dengan materi yang tepat akan memberikan hasil yang pasti juga baik.

Dengan kata lain, kamu bisa berbahasa Jepang dengan fasih. Baik itu belajar di tempat kursus maupun di rumah.

Nah, kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di sini, kamu hanya akan ditunjukkan kelebihan dan kekurangan belajar sendiri untuk kamu yang ingin belajar bahasa Jepang secara otodidak.

Kelebihan belajar Bahasa Jepang otodidak

Kelebihan belajar secara mandiri tentu saja tidak terikat oleh waktu. Kamu bisa belajar kapan saja, bahkan dimana saja. Selain itu, tidak ada tambahan biaya untuk mempelajari bahasa tersebut.

Kekurangan belajar Bahasa Jepang otodidak

Kekurangannya adalah merasa jenuh dan motivasi kamu berkurang. Hal ini sangat umum terjadi apalagi saat kamu belajar sendiri. Tidak ada partner yang bisa diajak komunikasi sesering mungkin.

Meskipun begitu, kamu bisa mengakalinya dengan masuk ke komunitas berbahasa Jepang. Toh, banyak komunitasnya di media sosial atau di internet.

Kiat Untuk Mempelajari Bahasa Jepang Di Rumah

Fasih berbahasa Jepang itu bukanlah hal yang mustahil. Meskipun kamu belajar sendiri di rumah. Tentunya, niatkan dengan benar dan ikuti tips berikut ini.

– Carilah materi Bahasa Jepang sehari-hari
– Hafalkan 10 kalimat/kata perhari
– Dapatkan bantuan aplikasi berbahasa Jepang
– Masuk ke komunitas tempat berkumpulnya orang berbahasa Jepang
– Praktekkan kata/kalimat yang sudah dipelajari

Bicara tentang materi, kamu perlu mencari materi seputar kosakata/kalimat yang biasa diucapkan sehari-hari. Kemudian, pastikan untuk menemukan audio tentang percakapannya.

Kamu juga dianjurkan untuk melakukan praktek langsung sesering mungkin. Praktek ini meliputi membaca, mendengarkan, berbicara sampai menulis. Supaya bisa lebih lancar, utamakan mendengarkan dan berbicara terlebih dahulu.

Kosakata Bahasa Jepang Harian

Untuk memulai belajar Bahasa Jepang, coba cari kosakata yang umum digunakan. Misalnya adalah ungkapan selamat, sapaan dan kosakata-kosakata umum. Kosakata ataupun kalimatnya bisa dilihat di bawah ini:

Bahasa JepangArtinya
Ohayou GozaimasuSelamat pagi
KonnichiwaSelamat siang/sore
KombanwaSelamat malam
Oyasumi nasaiSelamat malam/tidur
SayonaraSelamat tinggal
Mata aimashoSampai jumpa lagi
Arigato GozaimasuTerima kasih
SumimasenMaaf
ItadakimasuSelamat makan
SuwaruDuduk
TatsuBerdiri
HoshiiIngin
KiraiBenci
UreshiiSenang
HashiruBerlari
MiruMelihat
KanjiruMerasa
KiruMengenakan (pakaian)
NuguMelepaskan (pakaian)
AgeruMemberi
MorauMenerima
ShaberruMengobrol
OmouBerfikir
OmoidasuMengingat
UtauBernyanyi
OdoruMenari
AuBertemu
FureruMenyentuh
AisuruMencintai
AyamaruMeminta maaf, menyesal
ToruMengambil
HirouMemungut
KireiCantik
HansamuGanteng
NemuiMengantuk
YasashiiBaik hati
IsoguBergegas
OkureruTerlambat
Undou suruBerolahraga
KaesuMengembalikan
NoboruMemanjat, mendaki
TechouBuku catatan

Kosakata ini tidak akan pernah bisa secara langsung membuat kamu fasih berbahasa. Namun jika dilakukan pengulangan dan praktek, maka hasilnya akan sangat bagus.

Setidaknya, ini bisa mengawali pembelajaran sampai mahir berbahasa. Jadi, mari praktekkan sama-sama kosakata tersebut agar kamu bisa mahir menggunakan Bahasa Jepang. Selamat mencoba!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *