Kiat-Kiat Sukses Menguasai Bahasa Albania

Belajar Bahasa Aug 21, 2018 No Comments

Bahasa Albania disebut juga dengan Gjuha Shqipe (Syip). Ini merupakan bahasa resmi di Albania. Bahasa tersebut dituturkan kurang lebih 7,4 juta penutur. Penuturnya berada di Kosovo, Albania, Turki. Jika menemukan tempat les bahasa Inggris di Tangerang atau kota lainnya terhitung mudah, mungkin mencari tempat les bahasa Albania masih sulit ditemukan atau bahkan mungkin belum pernah ada.

Bahasa ini memiliki 4 buah dialek. Diantaranya adalah dialek Ghek, Tosk, Arvinitika dan Arbereshe. Dan dialek baku yang saat ini digunakan adalah dialek Tosk.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Bagaimana Cara Mempelajari Bahasa Albania?

bendera negara albania

Image Source: videoblocks[dot]com

Bahasa asing ini memiliki tingkat kesulitan sendiri. Dialeknya yang bervariasi, kemudian pelafalannya yang berbeda menambah kesulitannya. Meskipun begitu, kamu tidak perlu kecil hati karena kamu tetap bisa menguasainya.

Lantas, bagaimana cara termudah untuk menguasai Bahasa Albania ini? Jawaban paling utama tentu tinggal di negara aslinya. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mempelajarinya dengan mengikuti tips berikut ini.

Sediakan materi dasar

Materi dasar ini berupa percakapan dalam bentuk lisan (audio ataupun video) serta bentuk tulisan. Pilah-pilahlah percakapan tersebut. Untuk pemula, sediakan materi tentang bilangan, kata ganti kepemilikan, sampai kalimat yang sering diucapkan.

Contoh kalimat yang sering diucapkan adalah kata sapaan. Kalimat ini setidaknya bisa menjadi permulaan yang bagus. Bahkan bisa mengawali percakapan bila bertemu dengan penutur asli Albania.

Perlu diingat, temukan kalimat percakapan ini bersamaan dengan artinya. Ini bisa memberikan pemahaman langsung. Artinya, tidak hanya bisa mengucapkan, namun paham betul apa yang diucapkan.

Tetapkan waktu belajar, minimal 15 menit per hari

Menguasai bahasa asing memang membutuhkan kesebaran. Hasilnya tidak instan seperti yang diiming-imingkan oleh penyedia jasa kursus. Ini merupakan kenyataan.

Belajar bahasa ini pastinya bertahap. Mulai dari tahap yang termudah, kemudian ditingkatkan pada tahap yang lebih sulit/luas. Jadi, kamu akan membutuhkan waktu lebih banyak.

Meskipun begitu, kamu disarankan hanya memanfaatkan waktu sekitar 15 menit setiap kali belajar tiap harinya. Hmm kira-kira cukup gak ya?

Ternyata cukup dan lebih efektif loh. Karena, tingkat konsentrasi orang itu berbeda-beda, ada yang bisa sampai berjam-jam, ada juga yang tidak. Sehingga waktu 15 menit dianggap batasan minimal yang cukup untuk belajar.

Mulailah percaya diri untuk mendengarkan dan mengucapkannya

Cara yang ketiga adalah mendengarkan terlebih dahulu audio yang sudah didapatkan. Pahami bagaimana cara pelafalannya. Baru kemudian ikuti kalimat tersebut sebagai bahan praktek.

Selain mengikuti cara pelafalannya, kamu juga bisa memulai untuk menulisnya. Sederhananya, kamu bisa menuliskan kata atau kalimat yang kamu dengar dari file audio.

Kedua kemampuan ini bisa dilakukan secara terpisah. Paling bagus tentu saja melafalkannya terlebih dahulu. Jika sudah, matikan audio dan mulailah praktek beberapa kalimat yang diingat.

Untuk mempertahankan ingatan kamu, manfaatkan waktu luang kamu untuk terus mengulang dan belajar hingga menjadi kebiasaan. Hasilnya, dijamin kamu bisa menggunakan bahasa Albania dengan baik.

Kosakata Bahasa Albania Dan Artinya

wisata alam albania

Kosakata Bahasa Albania ini akan membantu dalam memperkaya kosakata. Yang pasti, ini akan membantu kegiatan belajar mendengar dan mengucapkan. Apa saja itu?

Bahasa AlbaniaArtinya
PershendetjeHai
MiramengjesSelamat pagi
MireditaSelamat siang
MirembremaSelamat sore
Naten e mireSelamat malam
TungMari
MirupafshimSampai jumpa
PoYa
JoTidak
FaleminderitTerimakasih
Te lutemTerimakasih kembali
Une, emerSaya
Me falniPermisi
Me vjen keqMaaf
Flisni...Bisakah anda bahasa...
Kete nuk e kuptojSaya tidak mengerti
Une quhemNama saya
Une vijSaya berasal

Kesimpulannya, buatlah waktu khusus untuk mempelajari bahasa asing tersebut. Kemudian targetkan untuk memahami beberapa kalimat atau kata saja di tiap kali belajar. Dan pastikan untuk terus mengulang. Hasilnya, kamu akan mahir menggunakan Bahasa Albania ini.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *