Di zaman millenial seperti sekarang ini, yang namanya kemampuan bahasa asing apalagi bahasa Inggris sangat diperlukan. Tetapi banyak yang merasa frustasi lantaran tidak kunjung-kunjung ada perkembangan kemampuan bahasa Inggrisnya, terutama yang belum memiliki akses mumpuni pada bahasa inggris. Karenanya, banyak
"/>

Kenapa Banyak Yang Tidak Menguasai Speaking Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris Aug 14, 2018 No Comments

Di zaman millenial seperti sekarang ini, yang namanya kemampuan bahasa asing apalagi bahasa Inggris sangat diperlukan. Tetapi banyak yang merasa frustasi lantaran tidak kunjung-kunjung ada perkembangan kemampuan bahasa Inggrisnya, terutama yang belum memiliki akses mumpuni pada bahasa inggris. Karenanya, banyak tempat belajar yang juga menjangkau daerah-daerah, seperti kursus bahasa inggris di Pare misalnya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Meskipun kebanyakan dari kamu sudah belajar bahasa Inggris semenjak duduk dibangku Sekolah Dasar, banyak yang masih gagap saat diajak bicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Pertanyaannya adalah kira-kira apa ya penyebabnya?

Padahal kebanyakan orang saat menilai kemampuan dari bahasa Inggris kamu adalah dari sefasih apa ketika kamu berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Bukan dari kemampuan kamu dalam hal reading maupun listening.

5 Alasan Kemampuan Speaking Kamu Tidak Kunjung Berkembang

Selama bertahun-tahun sudah belajar bahasa Inggris, idealnya kamu sudah lancar saat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Tetapi nyatanya banyak yang tidak seperti ini, memangnya apa yang sebenarnya terjadi? Di bawah ini mungkin saja alasannya:

Rumus Melulu, Tenses Selalu

Pada saat belajar bahasa Inggris, seringnya kamu disajikan dengan banyak rumus tentang bagaimana membuat sebuah kalimat berdasarkan perbedaan waktu terjadinya aktivitas. Pertanyaannya? Apakah dengan hanya memberikan rumus seperti ini proses belajar bahasa Inggris bisa mencapai tujuannya?

Kemungkinan besar tidak. Para ahli bahasa mengatakan jika Language is a behavioral habit. Oleh sebab itu, jika siswa hanya diajarkan menghafal tenses saja tanpa dikembangkan kemampuan speakingnya, sudah pasti siswa tersebut akan kesulitan jika disuruh berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Metode Belajar yang Kurang Tepat

Banyak yang merasa bosan dengan pembelajaran bahasa Inggris lantaran dituntut harus banyak menghafal. Sudah pusing menghafal kosakata, kamu sudah dituntut untuk menghafal tenses. Padahal sebenarnya menghafal seperti ini adalah bagian kecil dari proses berpikir seseorang.

Porsi Pembelajaran Basic Skills Timpang

Dalam belajar bahasa Inggris, Speaking, Listening, Reading, dan Writing bisa dibilang sebagai skill dasar. Untuk menguasai bahasa Inggris, kamu dituntut untuk dapat menguasai keempat skill tadi.

Tetapi kenyatannya, kebanyakan pembelajaran bahasa Inggir lebih menonjolkan skill reading dan writing semata. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang kesulitan jika disuruh speaking dan reading.

Asumsi yang Salah Kaprah

Banyak yang mengganggap kecapakan utama berbahasa hanyalah speaking. Jadi berhasil tidaknya seseorang dikatakan menguasai sebuah bahasa hanya diukur dari seberapa fasihnya dia bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tersebut.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Begitupun juga dengan bahasa Inggris. Kebanyakan seseorang hanya akan menanyakan ‘Can you speak English’ ketimbang menilai kemampuan reading dan writing kamu. inilah yang sebenarnya perlu diluruskan.

Tidak Perlu Mempedulikan Apa Kata Orang Lain

Terkadang ketika kamu ingin berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, ada perasaan malu lantaran dikira pamer atau apapaun itu. Kondisi seperti inilah yang justru akan membuat kemampuan speaking kamu tidak berkembang.

Lupakan semua itu, kejar target kamu. Ingat jika tujuan kamu belajar bahasa Inggris salah satunya adalah ingin berbicara lancar dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi ingat, kesampingkan saja apa kata orang lain.

Diakui ataupun tidak, kemampuan dalam speaking merupakan bukti nyata jika kamu bisa berbahasa Inggris. Walaupun hal ini sering menjadi tantangan, tapi jangan mudah menyerah dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi ya!

Cara Cepat Menguasai Speaking Skill

Sudah berapa lama kamu ikut kursus? Jika speaking skill kamu tidak kunjung semakin baik, tentu saja ada yang salah dengan strategi penguasaan berbicara dalam Bahasa Inggris yang diterapkan.

Tempat kursus speaking tahu persis apa yang harus dilakukan. Pada intinya adalah praktik, praktik, dan praktik. Untuk itu, setidaknya hal berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk mengasah terus menerus kemampuan speaking kamu.

Membaca

Dengan membaca, secara tidak sadar otak kamu menghafal banyak kosakata tanpa harus kamu menghafalkan kosakata tersebut. Jadi, baca teks Bahasa Inggris dan pahami isinya. Tidak perlu kamu mengartikan keseluruhan kosakata di artikel tersebut. Sesekali buka kamus untuk mengartikan beberapa kotakata saja. Lakukan hal ini sekitar 30 menit setiap hari.

Agar kamu bisa konsisten dalam melakukan aktivitas ini, pilih artikel dengan topik yang menarik menurut kamu. Baca berita terbaru mengenai bola jika kamu suka bola. Baca gosip selebritis Hollywood jika kamu suka dunia selebritas.

Terangkan Kembali

Setelah kamu membaca, coba kamu terangkan apa yang sudah kamu baca. Ingat, ini bukan membaca ulang. Tutup artikel dan terangkan apa yang kamu pahami dari artikel yang kamu baca. Ini menjadi stimulus untuk membiasakan otak kamu merangkai kata demi kata sehingga menjadi kalimat Bahasa Inggris yang benar dan bisa dipahami oleh orang lain.

Lakukan kegiatan tersebut setiap hari dan rasakan perkembangan kemampuan speaking Bahasa Inggris kamu dalam kurun waktu 3-4 minggu.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *