Ingin Cepat Bisa Speaking Bahasa Inggris? Ini Syarat Utamanya

Bahasa Inggris Feb 20, 2018 No Comments

Bagi para pemula, belajar speaking merupakan hal yang sangat mendebarkan terutama belajar bicara bahasa inggris
. Tetapi pengalaman seperti ini sebenarnya akan menjadi sangat menyenangkan jika ditunjang dengan tips yang tepat serta dipraktikkan dengan tepat pula.

Banyak yang jago dalam hal grammar. Namun nol besar dalam hal speaking. Mengapa ini bisa terjadi? Karena kebanyakan mereka hanya fokus pada grammar. Mereka sibuk mempelajari teori-teori grammar daripada mempraktikkannya. Padahal, speaking itu bukan teori, tapi kebiasaan.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

Maka dari itu, Anda tidak akan bisa cepat belajar speaking Bahasa Inggris jika masih fokus pada grammar. Syarat utama agar anda bisa cepat speaking Bahasa Inggris adalah melupakan grammar. Praktik, praktik, dan praktik.
Speaking merupakan salah satu keterempilan dalam bahasa Inggris yang paling diidam-idamkan. Pasalnya seseorang yang lancar berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris kebanyakan menjadi ukuran jika seseorang tersebut sudah menguasai bahasa asing yang satu ini.

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang sampai ikut kursus hanya supaya bisa meningkatkan kemampuan speaking-nya. Namun di sisi lain banyak yang masih saja merasa kesilitan untuk bisa lancar ngobrol menggunakan bahasa yang satu ini Bule ini. Lalu apa yang harus dilakukan?

5 Kunci Menguasai Speaking Dalam Waktu Sekejap

Sebenarnya, dari sekian banyaknya tips praktis, cepat, kilat, mudah, sekejap serta embel-embel lainnya, Anda hanya butuh 5 kunci saat belajar speaking supaya bisa semakin memperlancar speaking Anda. Apa itu? Berikut ini adalah kelima kuncinya:

Keluar dan praktek Bahasa Inggris

Semakin banyak Anda menghafal grammer, kebanyakan akan semakin bingung dan pusiang. Jadi kelar dan langsung praktek speaking saja. Jangan pernah menunggu sampai Anda fasih menguasai grammer dulu.
Banyak yang tidak percaya diri ngobrol dengan menggunakan bahasa Inggris lantaran hanya merasa penguasaan grammer-nya belum sempurna, belum mahir 16 tenses, atau belum hafal semua aturan dan pola kalimat dalam bahasa Inggris.

Jika ditunda-tunda terus seperti ini kapan bisanya. Siapa bilang untuk speaking harus hafal satu buku grammer terlebih dahulu. Ini merupakan konsep yang salah. Faktanya malah sebaliknya, semakin banyak yang dihafal justru semakin banyak yang lupa jika tidak langsung dipraktekkan.

Pahami frase kalimat sederhana ketimbang menghafal kata-kata

Baru saja belajar bahasa Inggris tetapi ingin cepat mahir dalam speaking, tidak masalah. Caranya adalah lebih mengutamakan memahami frase kalimat sederhana daripada Anda sibuk menghafal kata-kata.

Biasakan menggunakan beberapa frase terus menerus

Pada saat Anda sedang berlatih speaking dalam bahasa Inggris, supaya lebih cepat menguasainya, sebaiknya gunakan beberapa frase terus menerus dalam beberapa hari. Bahkan kepada orang-orang terdekat yang tidak paham bahasa Inggris sekalipun. Ingat untuk jangan pernah malu dan jangan pernah takut diejek.

Ciptakan lingkungan berbahasa Inggris

Untuk menciptakan hal seperti ini, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Jika ingin praktek speaking dengan penutur asli secara langsung, Anda bisa traveling ke tempat-tempat wisata di Indonesia yang banyak bulenya. Cari rekomendasi tempat wisata yang banyak terdapat bule yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Jadwal dan konsistensi

Jadwal dan konsistensi merupakan dua hal yang bisa menjadi kunci selanjutnya supaya bisa naik ke level yang lebih tinggi. Sudah pasti Anda tahu maksud dari keduanya. Jadwal diidentikkan dengan perencanaan, yakni pengaturan dan kegiatan.

Sedangkan untuk konsistensi diidentikkan dengan bagaimana cara Anda dalam mengeksekusi semua hal yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Sebab perencanaan matang jika tidak disertai dengan konsistensi maka hanya akan menjadi sebuah impian.

Kelima kunci yang sudah diulas di atas bisa menjadi kolaborasi yang pas dengan syarat Anda juga memiliki antusias yang kuat. Sederhananya, jika ingin cepat menguasai speaking dalam bahasa Inggris maka haruslah didukung dengan antusias yang tinggi. Jadi sudah seberapa besar antusiasmu dalam belajar speaking?

Hal Kecil Yang Bisa Anda Lakukan

Banyak yang beralasan karena tidak adanya lawan bicara maka mereka sulit untuk mengembangkan kemampuan speaking Bahasa Inggris. Memang komunitas sangat membantu. Ikut klub speaking Bahasa Inggris bisa membuat Anda semakin cepat lancar berbicara Bahasa Inggris. Akan tetapi, ini bukan satu-satunya cara.

Ada hal kecil lain yang layak untuk Anda coba. Salah satunya dengan membaca berita berbahasa Inggris. Setelah itu, ceritakan berita tersebut dengan versi Anda sendiri. Akan lebih baik jika Anda memilih topik berita yang Anda suka. Jika suka bola, buka portal berita Bahasa Inggris tentang bola. Baca lalu ceritakan seolah Anda sedang menceritakan berita bola terbaru kepada orang lain.

Hal kecil ini bisa Anda lakukan setiap hari. Luangkan waktu 15 menit saja setiap hari untuk melakukan hal tersebut. Setelah 1 bulan, Anda tidak sadar bahwa Anda sudah mulai lancar speaking Bahasa Inggris.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *